Peserta melakukan transaksi pembelian kupon bazaar murah dengan memindai QRIS (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Rachman)

Begini Cara Transaksi QR Code di Luar Negeri Setelah Integrasi Pembayaran Jepang & Negara Asean

18 March 2024   |   15:36 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Belanja di luar negeri nantinya bakal lebih mudah, dan enggak lagi repot harus menukarkan mata uang lokal. Saat ini, Jepang dan beberapa negara ASEAN, termasuk Indonesia sedang merencanakan sistem pembayaran yang lebih terintegrasi dengan QR Code khusus.

Melansir Fintech News Singapura, proses integrasi sistem pembayaran QR Code bersama rencananya dimulai pada 2025. Negosiasi antara Jepang dan negara-negara ASEAN sedang berlangsung dan para pihak tertarik untuk segera menerapkan sistem pembayaran kode QR tersebut. 

Baca juga: QRIS Berlaku di Singapura, Cek Cara Belanja Antarnegara

Lima negara ASEAN, yakni Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman pada 2022 yang meletakkan dasar bagi integrasi pembayaran tersebut.

Inisiatif ini, sebagaimana ditegaskan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI, bertujuan untuk memfasilitasi transaksi supaya lebih lancar. Selain itu, cara ini bisa mengurangi kebutuhan pertukaran mata uang.

Kendati direncanakan pada 2025, ada kemungkinan operasional QR Code bersama dapat berlangsung lebih cepat. Sebab, proyek ini sedang dipercepat oleh Cashless Promotion Council untuk menciptakan mekanisme pembayaran terpadu yang menjembatani QR Code domestik dan internasional.
 

Warga melakukan pembayaran melalui pemindaian Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P)

Warga melakukan pembayaran melalui pemindaian Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P)


Senada, Bank Indonesia saat ini juga terus melakukan uji coba QR Cross-border dengan sejumlah negara ASEAN. Dengan QR Cross-border, konsumen dan pedagang di setiap negara dapat melakukan dan menerima pembayaran melalui QR Code bersama tersebut.

"QR Cross-border memiliki peran penting untuk meningkatkan efisiensi transaksi, mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi, dan menjaga stabilitas makro-ekonomi dengan memperluas penggunaan penyelesaian transaksi menggunakan mata uang lokal (LCS)," tulis Bank Indonesia dalam pengumuman resmi dikutip Hypeabis.id, Senin (18/3/2024).

Menurut BI, QR Cross-border tidak hanya akan membuat transaksi jadi lebih mudah, tetapi integrasi hal lain yang lebih jauh. QR Cross-border disinyalir dapat meningkatkan transaksi UMKM, karena memudahkan konsumen mancanegara untuk bertransaksi saat membeli produk lokal.

Melansir dari ATM Bersama saat ini QR Cross-border sudah bisa digunakan di Malaysia, Thailand, dan Singapura. Setelahnya, layanan transaksi QRIS antarnegara nantinya juga akan dikembangkan ke negara ASEAN lainnya yaitu, Filipina. Kerja sama ini merupakan hasil kesepakatan bersama 5 negara ASEAN yaitu, Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Pemerintah Indonesia nantinya juga berencana melakukan kerja sama serupa di beberapa negara-negara Asia Timur. Selain Jepang, ada juga China dan Korea Selatan akan diajak kerja sama untuk mewujudkan sistem transaksi dengan QRIS Cross Border.

Adapun cara menggunakan QR Cross-border cukup mudah. Pengguna hanya perlu memastikan terlebih dahulu bahwa alat bayarnya telah mengakomodir QR Cross-border. 

Baca juga: QRIS Bisa Dipakai di Singapura, Keuntungan buat UMKM dan Pariwisata

Berikut tata cara menggunakan QR Cross-border di luar negeri:
1. Unduh terlebih dahulu aplikasi alat bayar yang telah mengakomodir fitur QRIS lintas negara di ponsel.
2. Buka aplikasi pembayaran tersebut.
3. Scan QR merchant sesuai dengan negara yang dikunjungi.
4. Masukan nominal pembayaran dalam satuan mata uang negara yang dikunjungi.
5. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam rupiah.
6. Masukkan PIN.
7. Transaksi berhasil. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Genhype Wajib Tahu, Ini Perbedaan Kartu Kredit, Paylater, dan Pinjol

BERIKUTNYA

4 Serial Horor Analog yang Populer di YouTube: Ada Local58 dan The Walten Files

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: