Poster film Kemah Terlarang Kesurupan Massal. (Sumber gambar: Rapi Films)

Sinopsis Kemah Terlarang Kesurupan Massal, Film Horor dari Kisah Nyata di Yogyakarta

07 September 2024   |   18:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah rumah produksi terus berlomba-lomba memproduksi film horor dengan beragam cerita. Terbaru, ada Rapi Films mengumumkan proyek film horor terbarunya berjudul Kemah Terlarang Kesurupan Massal. Film yang disutradari oleh Ginanti Rona ini dijadwalkan tayang di bioskop pada 10 Oktober 2024.
 
Kisah film Kemah Terlarang Kesurupan Massal diangkat berdasarkan kisah nyata dari kejadian kesurupan massal yang dialami oleh belasan siswa SMK di Yogyakarta pada 2016. Belasan siswa SMK Kesehatan Giri Handayani Gunungkidul mengalami kesurupan massal saat mengikuti kegiatan Persami, hingga melakukan hal-hal di luar nalar seperti menyakiti hingga mencakar diri sendiri.
Seperti kisah nyatanya, film Kemah Terlarang Kesurupan Massal mengambil latar waktu cerita di Jogja tahun 2016. Kisahnya berawal dari Rini (diperankan Callista Arum), siswi kelas 1 SMA Pandega, mengikuti perkemahan di hutan Wana Alus untuk membuktikan dirinya bisa menaklukkan ketakutannya. Plus, dia juga ingin mendekati Miko (Fatih Unru), ketua panitia yang diam-diam dia sukai.
 
Meski awalnya dilarang oleh kuncen desa, Mbah Sonto (Landung Simatupang), izin akhirnya diberikan dengan syarat tidak mengusik tempat sajen. Namun, selama tiga hari perkemahan, kejadian di luar nalar terjadi.
 
Pada malam puncak pementasan drama, Rini yang memerankan tokoh Roro Putri tiba-tiba kesurupan arwah asli Roro Putri (Nihna Fitria) dan memantik kesurupan massal di kalangan peserta kemah lainnya.
 
Keadaan menjadi kacau, banyak korban terluka hingga ada yang terancam nyawa. Miko (Fatih Unru), dewan ambalan, dan Mbah Sonto pun berjuang keras untuk menyelamatkan para siswa. Mereka berusaha untuk mengatasi teror gaib dan membawa semua peserta pulang dengan selamat.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by RAPI FILMS (@rapifilm)



Trailer film Kemah Terlarang Kesurupan Massal yang dirilis memperlihatkan cuplikan adegan seorang siswi (Nayla Purnama) yang kesurupan dan ditolong oleh teman-temannya. Adegan berlanjut dengan rombongan peserta perkemahan yang berjalan menuju areal perkemahan keramat.
 
Mereka mendapat izin berkemah dari Mbah Santo dengan syarat sajen yang sudah dipendam jangan sampai terbongkar. Para peserta juga berdoa untuk keselamatan masing-masing, meskipun ini ternyata menjadi awal gangguan-gangguan yang mengancam jiwa mereka.
 
Bukannya berhenti, mereka tetap melajutkan acara. Keadaan semakin kacau, para peserta perkemahan banyak yang kesurupan. Berbagai upaya pun dilakukan menghentikan semua terror yang terjadi. Trailer berdurasi kurang lebih dua menit yang penuh ketegangan ini ditutup dengan adegan seluruh peserta perkemahan yang pingsan setelah kesurupan massal.
 
Film Kemah Terlarang Kesurupan Massal digarap oleh Ginanti Rona yang dikenal sering menyutradarai film horor. Beberapa judul horor yang pernah digarapnya antara lain Susuk: Kutuk Kecantikan (2023), Qorin (2022), Kalian Pantas Mati (2022), dan Lukisan Ratu Kidul (2019).
 
Sementara skenarionya ditulis oleh Lele Leila, yang juga dikenal telah menulis banyak naskah film horor terkenal dan box office, diantaranya Qorin, film series Danur, Ivanna, dan KKN di Desa Penari yang menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa.
 
Ginanti Rona mengatakan berbeda dari film-film horor yang digarap sebelumnya, Kemah Terlarang Kesurupan Massal memiliki premis cerita yang sangat menarik. Selain itu, katanya, konsep film ini juga berbeda dari film horor Indonesia lainnya, yakni tipe horor folklore dengan set perkemahan di hutan, sehingga membuat film ini punya keunikan sendiri.
 
"Semoga film ini bisa disukai dan ditonton oleh sebanyak-banyaknya penonton film, baik yang menyukai film horor ataupun tidak, dan film ini juga bisa menimbulkan ruang-ruang diskusi mengenai kejadian atau pengalaman seru yang menyeramkan," katanya.

Baca juga: Cek Sinopsis Film Horor Thaghut tentang Ilmu Sesat Menakutkan
 
Sunil G. Samtani selaku produser eksekutif menuturkan film Kemah Terlarang Kesurupan Massal merupakan kolaborasi pertama Rapi Films dengan Ginanti Rona. Dia berharap kolaborasi ini bisa memberikan sajian film horor yang seru, memacu adrenalin, dan bisa diterima sekaligus dinikmati para pencinta film horor Indonesia.
 
Adapun, film Kemah Terlarang Kesurupan Massal dibintangi sederet aktor muda berbakat antara lain Callista Arum, Nayla Purnama, Fatih Unru, Iqbal Sulaiman, Derby Romero, Zenia Zein, Azela Putri, Callista Mercy, Nihna Fitria, Dimas Juju, dan aktor senior Landung Simatupang.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Mengungkai Fenomena Otomatisasi di Era Digital dalam Karya CAPTCHA Azizi Al Majid

BERIKUTNYA

Festival Gig On The Green 2024 Jadi Ajang Kumpul Seru Lulusan Australia di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: