Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 (Sumber Foto: Instagram/@indonesiafashionweek)

Indonesia Fashion Week 2024 Angkat Tema Langgam Jakarta Teranyam

26 February 2024   |   18:24 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia Fashion Week (IFW) bakal kembali dihelat pada 27-31 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JJC), Senayan, Jakarta Pusat. Dalam gelarannya yang ke-13, IFW mengusung judul besar Langgam Jakarta Teranyam yang menyoroti penggunaan wastra batik Betawi. 

Setidaknya terdapat 250 desainer dan rumah mode lokal yang siap menampilkan koleksi busana terbarunya dalam 20 slot fashion show. Tidak ketinggalan, sekitar 500 booth exhibitor juga akan melengkapi agenda pekan mode terbesar tanah air tersebut. 

Baca juga: Bottega Veneta sampai Fendi, Intip Koleksi Musim Gugur dari Milan Fashion Week 2024 

IFW 2024 ingin mengajak publik kembali menengok sejarah Jakarta sebagai sebagai titik lebur yang mempertemukan budaya Betawi dengan tradisi Melayu, China, Arab, dan Eropa. Ajang mode ini akan mempersembahkan perjalanan visual yang melampaui batas-batas budaya dan merangkul keindahan multikulturalisme. 

Busana yang ditampilkan terinspirasi dari motif wastra batik Betawi, batik Melayu, sulaman sutra China, pola geometris Arab, serta siluet modern kota metropolitan Eropa. Simbol-simbol yang berkaitan dengan Jakarta juga turut dituangkan dalam desainnya, seperti monas, ondel-ondel, sampai kerak telor.
 
 

Deretan desainer senior sampai pendatang baru siap menampilkan koleksi terbarunya di runway IFW 2024. Mereka di antaranya adalah Poppy Dharsono, Naniek Rachmat, Misan Kopapka, Defrico Audy, Dana Duryatana, Yuni Pohan, Susan Zhuang, Malik Moestaram, Julie Kaimuddin, Yogiswari, Melookmel, Koyko, Tethuna, Agatha Nindya, Toni Lestari, House of Radiningrat, dan Roemah Kebaya.

Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) sejak jauh-jauh hari juga telah mengadakan Indonesia Young Fashion Designer Competition (IYFDC) 2024. Ajang ini menjadi wadah bagi desainer muda seluruh Indonesia untuk ikut andil melestarikan dan mengembangkan budaya lewat karya-karyanya.

Penjurian dilakukan oleh lima tokoh industri mode, empat di antaranya merupakan desainer senior dan satu desainer muda, yakni Poppy Dharsono, Naniek Rachmat, Misan Kopaka, Koyko, dan Susan Zhuang. Tak ketinggalan ada juga juri dari perwakilan Pemprov DKI Jakarta. 

Mengutip dari laman Instagram resminya, telah terpilih 18 peserta IYFDC yang akan melaju ke babak final di panggung IFW 2024, di antaranya ada Najwa Amira Meliandi (21 th, Bandung). Nurul Septi Dina (21 th, Riau), Risdani Rahmawati (23 th, Kebumen), Sherlita Wahjono (26 th, Samarinda), Sonia Trias (25 th, Boyolali), Suci Hayati Permata Firdaus (22 th,Tangerang).

Selain itu juga ada I Gusti Ngurah Krisna Aji (26 th, Bali), I Kadek Dode Monko (25 th, Bali), I Kadek Krisna Dwipayna (21 th, Bali), Karina Muhammad (33 th, Bekasi), Kiffa Cecilia (22 th, Bandung), MHD Rizky Jupra Yengky (26 th, Pematang Siantar).

Terakhir ada Anggi Putra Harsa (26 th, Magetan), Arlisa Istifa'ul Azizah (22 th, Trenggalek), Cut Junischa Sumber Foto (26 th, Aceh), Caca Handika (24 th, Jakarta), EF Fadli (30 th, Gresik), Ghani Abdul (28 th, Jakarta). Adapun IYFDC akan digelar pada hari pertama dan kedua Indonesia Fashion Week 2024. 

Baca juga: Indonesia Now Ajak Desainer Lokal Melenggang di New York Fashion Week 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Franchise Ice Cream Viral Saingan Mixue: dari WeDrink hingga Ai-Cha

BERIKUTNYA

Jasa Coating Terus Diburu di Tengah Menjamurnya Bisnis Spa Mobil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: