Giorgio Armani dengan model dan koleksi musim gugur/dingin terbarunya di Milan Fashion Week 2024. (Sumber foto: x.com/Armani)

Bottega Veneta sampai Fendi, Intip Koleksi Musim Gugur dari Milan Fashion Week 2024 

26 February 2024   |   11:35 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Milan Fashion Week 2024 baru saja menampilkan koleksi busana wanita musim gugur dan musim semi pada 20-26 Februari 2024. Sejumlah jenama mewah kelas dunia mulai dari Bottega Veneta, Dolce Gabbana, Fendi, sampai Gucci mempersembahkan desain haute couture sampai ready to wear terbarunya.

Pekan mode Milan juga menandai debut sejumlah direktur kreatif. Sebut saja jenama Tod's yang kini dipimpin oleh mantan desainer Bottega Veneta, Matteo Tamburini. Moschino juga akan menyambut direktur kreatif barunya, yakni Adrian Appiolaza yang sebelumnya bekerja di Loewe, di mana dia menjabat sebagai direktur desain ready to wear selama sepuluh tahun.

Baca juga: 7 Gaya Modis Seleb K-Pop di Milan Fashion Week 2024, Moon Ga Young sampai Joy Red Velvet

Selain itu, momen penting lainnya di pekan mode ini adalah kembalinya jenama Marni ke Milan setelah beebrapa musim terakhir ditampilkan di Paris, Tokyo, dan New York. Nah Gennhype, berikut ini adalah beberapa jenama mewah yang menampilkan koleksi busana wanita terbarunya di Milan Fashion Week 2024. 
 

1. Bottega Veneta


Matthieu Blazy, direktur kreatif Bottega Veneta, mempresentasikan koleksi busana terbarunya dalam ruangan berisi kaktus raksasa. Mengutip dari Elle, Blazy terinspirasi dari gagasan kelahiran kembali saat melihat kaktus yang bisa bertahan hidup di tanah paling keras sekalipun.

Potongannya terdiri dari gaun, coat, kemeja, blouse, mantel dan sweater rajut, celana lebar, rok midi, dan lainnya. Adapun untuk palet warnanya banyak menggunakan earth tone, mulai dari cokleat, kuning, hijau. Ada juga beberapa warna monokrom seperti hitam, putih, dan abu-abu. 

Meskipun fungsionalitas dan pragmatisme ada dalam pikirannya, Blazy tidak begitu saja menyajikan gaya athleisure di landasan. Koleksinya tidak banyak mempelihatkan dekorasi dan hiasan, tapi juga tidak sederhana. Dia memilih untuk memikat kehidupan sehari-hari dengan bentuk yang besar dan tekstur yang mewah. Ini adalah pakaian yang bisa dikenakan ke kantor, ke toko kelontong, di jalan, tapi tidak membosankan.
 

2. Dolce & Gabbana

 

Koleksi musim gugur/dingin Dolce Gabbana 2024. (Sumber foto: Dolce Gabbana

Koleksi musim gugur/dingin Dolce & Gabbana 2024. (Sumber foto: Dolce Gabbana

Domenico Dolce dan Stefano Gabbana memandang tuksedo sebagai simbol keanggunan busana yang abadi untuk koleksi terbaru mereka di Milan Fashion Week 2024. Deretan tuxedo cantik Dolce Gabbana dikenakan oleh supermodel kelas dunia Naomi Campbell, Amber Valletta, Mariacarla Boscono, dan Eva Herzigova.

Tuxedo nampak mewah dipadukan dengan atasan blouse atau bustier, sementara bawahannya celana lebar atau rok dengan belahan tinggi. Jenama ini hanya menggunakan warna hitam dan silver saja. Potongan lainnya juga dihadirkan seperti gaun berenda transparan, atasan jaring-jaring, gaun perak yang berkilau, mantel bulu, dan lainnya


3. Emporio Armani

 
 

Giorgio Armani mengembalikan Emporio Armani ke akarnya dengan penekanan kuat pada kain klasik dan penjahitan sempurna dalam koleksi Ready-toWear Fall/Winter 2024. Komitmen Armani yang tak tergoyahkan terhadap keanggunan abadi terpancar dalam tampilan jas dan jaket yang lembut dan menarik, mengingatkan pada estetika ikonik merek tersebut.

Koleksi ini merupakan penghormatan untuk hasil jahit terbaik, dengan pahatan bahu yang halus dan kain selembut mentega menjadi pusat perhatian. Kembalinya Armani ke karya klasik merupakan langkah strategis, menawarkan kepada pelanggan barang-barang mewah yang memancarkan kecanggihan dan gaya.

Presentasi mode Emporio Armani tampak megah di mana model-model melenggang di atas runway yang dihujani butiran salju halus. Mantel bulu abu-abu dan merah menjadi koleksi pertama yang ditampilkan. Selanjutanya ada blouse bermotif polkadot dengan baret menciptakan kesan romantis dan bohemian.

Tak ketinggalan rok tulle yang dipadukan dengan atasan payet mengacu pada fesyen klasik. Kombinasi warnanya tak jauh-jauh dari abu-abu dan merah, abu-abu dan navy, serta beberapa palet monokrom seperti abu-abu dan hitam yang elegan. 
 

4. Fendi

 

Fendi

Koleksi musim gugur/dingin Fendi 2024. (Sumber foto: Fendi)

Fendi menampilkan koleksi bergaya klasik dan minimalis untuk musim fall/winter 2024. Kim Jones selaku Artistic Director jenama tersebut mengambil inspirasi dari era 1980-an. Potongannya didominasi oleh setelan jas, outerwear, dan knitwear yang anggun.

"Saya membuka kembali arsip Fendi dari tahun 1984. Sketsanya mengingatkan saya dengan London pada periode itu. Blitz Kids, New Romantics, penerapan pakaian kerja, gaya aristokrat, gaya Jepang. Itu adalah titik ketika subkultur dan gaya Inggris menjadi global dan menyerap pengaruh global," ujarnya.

Dari inspirasi tersebut, Jones pun menambahkan elemen elegan dan keanggunan ala Inggris pada rancanganannya dengan santai. Item klasik seperti turtleneck dan sweater dihadirkan dengan twist yang hanya menutupi leher dan lengan saja. Palet warnanya menggunakan nuansa redup seperti abu-abu, hitam, hijau army, dan beige.

Fendi juga memperkaya koleksi aksesori mereka dengan versi baru tas Peekaboo, Baguette, dan By The Way dihadirkan dalam warna alami dan beberapa dalam siluet squished. Rumah mode ini juga memperkenalkan satchel Simply Fendi, Roll, shopper bag berbentuk bulat.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Lionsgate Bakal Garap Film Live-Action Naruto

BERIKUTNYA

3 Komik Hiperrealis Karya Alex Ross yang Meredefinisi Superhero

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: