Ilustrasi ceramic coating mobil (Sumber gambar: Hendra Yuwana/Unsplash)

Jasa Coating Terus Diburu di Tengah Menjamurnya Bisnis Spa Mobil

26 February 2024   |   20:29 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Laju kebut mobil yang mengaspal di jalanan Indonesia seakan tak pernah berhenti. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan ada 17,2 juta mobil penumpang tercatat mengaspal di Indonesia sepanjang 2022. Kondisi ini pun dimanfaatkan pelaku usaha dengan memberikan layanan memoles mobil agar tampil lebih keren.
 
Hadirnya jasa spa mobil atau salon mobil memuaskan para pelanggan yang rela menggelontorkan sejumlah uang demi kendaraannya terlihat ciamik. Boleh dibilang, jasa bengkel otomotif masih menjadi pilihan bisnis yang menggiurkan di tengah tren bisnis lain yang tampak pasang surut.

Baca juga: Ini Model Desain & Fitur Mobil yang Akan Diminati Masyarakat Sepanjang 2024

Banyaknya jenis perawatan atau spa mobil juga membuat variasi jasa yang ditawarkan oleh pemilik usaha spa mobil dan auto detailing makin diburu.
 
Pengelola Clean n Tidy Kefas Armando mengatakan, jasa perawatan coating pada mobil mencatat permintaan yang signifikan jika dibandingkan dengan jasa perawatan spa mobil lainnya. Coating merupakan jenis perawatan untuk melindungi bodi mobil dari paparan kimia dan oksidasi.

Tidak hanya membuat mobil tampak indah dan mulus, coating yang dipasang dengan bahan nano atau ceramic ini perlu perhatian khusus.

Maintenance after coating juga cukup banyak datang ke kita. Kalau coating yang ramai itu tipe 3 layer yang punya ketahanan buat 4 tahun ke atas,” kata Kefas.
 

Ilustrasi ceramic coating mobil (Sumber gambar: Hendra Yuwana/Unsplash)

Ilustrasi ceramic coating mobil (Sumber gambar: Deniz Demirci/Unsplash)

Kefas menyebut, belakangan ini jasanya banyak menerima permintaan coating untuk jenis-jenis mobil keluaran terbaru. Sehingga tipe coating dengan layar berlapis dipilih untuk memastikan bodi mobil bisa lebih aman dalam waktu yang cukup panjang. Biasanya, pelanggan yang memburu perawatan ini ingin mencari ketahanan ekstra untuk mobilnya dengan rata-rata pemakaian 4-5 tahun.

“Biasanya harga mobil yang di atas Rp500 juta pilih coating dengan harga Rp8-Rp13 juta, harga mobil di bawah itu lebih pilih yang kisaran harga Rp6-Rp7,5 juta,” katanya.
 
Ada harga, ada hasil. Perbedaan harga layanan mempermulus bodi mobil ini terletak pada layer coating untuk memberi proteksi lebih pada mobil dari paparan kimia yang mencemar di jalan. Meski coating menjadi perawatan yang paling ramai diterima Clean n Tidy saat ini, perawatan mobil sederhana seperti carwash serta wax dan poles wax tetap menjadi jenis perawatan paling laris selama hampir 5 tahun menjalani bisnis ini.
 
Dengan harga perawatan yang cukup menguras kantong, Clean n Tidy memastikan untuk mampu menempatkan pengerjaan mereka sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Kefas menyebut, pihaknya melakukan quality check berlapis untuk tiap pengerjaan spa mobil untuk memastikan mobil sampai ke konsumen sesuai dengan permintaan dan hasil yang maksimal.

Selain itu, Kefas mengatakan spa mobilnya rutin melakukan inovasi mulai dari pembaharuan bahan, hingga update mengenai cara pembersihan yang efektif dengan alat-alat terbaru.
 

Persaingan Kompetitor Bisnis Poles Mobil

 

Ilustrasi perawatan mobil (Sumber gambar: Julian Hochgesang/Unsplash)

Ilustrasi perawatan mobil (Sumber gambar: Julian Hochgesang/Unsplash)


Dari sisi sumber daya manusia, Kefas juga rutin melakukan training ulang untuk pegawai-pegawai untuk menambah kemampuan dan ilmu otomotif dengan tujuan pengerjaan yang lebih efektif. Namun dari perspektif pelaku usaha, Kefas tak menampik jika bisnis yang tampak menggiurkan ini memang memiliki daya saing yang cukup ketat.

Sikut-sikutan soal harga misalnya, di mana banyak pelaku usaha yang banting harga tanpa mengetahui kualitas bahan yang jelas. “Peran edukasi terhadap standar pengerjaan, dan pengetahuan soal bahan yang digunakan sangat perlu. Karena tentu konsumen mau saja bayar mahal, asal kualitas sepadan dan materialnya jelas,” katanya.

Meski dihadapkan dengan sejumlah tantangan, Kefas meyakini jika proyeksi bisnis ini akan tetap besar dan akan terus meroket. Apalagi dengan tren mobil listrik yang mau tak mau juga mendorong inovasi dan kreasi pelaku usaha spa mobil untuk menemukan cara perawatan yang tepat dan efektif untuk jenis-jenis mobil berbasis listrik ini.

“Teknologi proteksi yang ada di spa mobil juga kian berkembang seiring dengan bisnis dunia otomotif lain seperti modifikasi bodi audio, atau body repair,” kata Kefas. 

Menurutnya, bisnis-bisnis dalam dunia otomotif ini tak bisa lepas satu dengan yang lain dan akan terus bersinergi kedepannya. Kefas memproyeksi, ke depannya juga akan banyak konsumen yang ingin mendapatkan layanan ringkas dalam satu tempat atau one stop shop untuk semua keperluan mobilnya. Proyeksi ini dipandang Kefas sebagai ceruk baru yang akan dilirik oleh pelaku usaha otomotif. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Indonesia Fashion Week 2024 Angkat Tema Langgam Jakarta Teranyam

BERIKUTNYA

HMD Bersiap Rilis HP Lipat Edisi Barbie, Bocorannya Muncul di MWC 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: