Desainer Hengki Kawilarang dan busana rancangannya (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Indonesia Now Ajak Desainer Lokal Melenggang di New York Fashion Week 2024

02 February 2024   |   07:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Pekan mode New York Fashion Week (NYFW) Fall/Winter 2024-2025 akan digelar 9-14 Februari 2024. Setidaknya ada lima desainer kenamaan yang turut berpartisipasi dalam ajang fesyen prestisius tersebut. Mereka akan melakukan grup show dengan menampilkan akrya busana terbaiknya di bawah nama Indonesia Now. 

Indonesia Now sendiri merupakan komunitas yang didirikan oleh Dina Fatimah atau Eski, seorang fashion stylist dan desainer untuk menampilkan karya-karya desainer papan atas Indonesia di kancah global yang menonjolkan keindahan dan kekayaan tanah air. 

Baca juga: Jadi Desainer Termuda, Kimberly Tandra Siap Bawakan Keindahan Flora & Fauna Indonesia di NYFW 2023/2024

"Desainer yang tampil di NYFW 2024-2024 ini telah melewati proses kurasi dari Indonesia Now. Kita lihat nama-nama yang potensial, lalu kita cek juga social media appearance-nya," kata Eski melalui acara konferensi pers Indonesia Now, Kamis (1/2/2024)

Lebih lanjut, setelah memilih desainer, akan ditanya mengenai kesiapan mereka dari segi finansial untuk melakukan show di luar negeri. Meski begitu, menurut Eski, partisipasi para desainer lokal bersama Indonesia Now akan membuka peluang besar untuk memperluas jangkauan pasarnya di kancah Internasional.
 

Koleksi Busana Alleira Batik (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Koleksi Busana Alleira Batik (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)



"New York Fashion Week memberikan tren fesyen untuk Fall/Winter 2024/2015 yang bisa diadopsi oleh para desainer dan diwujudkan sesuai gaya dan kreativitasnya masing-masing," ujar Eski.

Adapun kelima desainer tersebut di antaranya adalah Alleira Batik X Musume by Tuty Julfa X ENDE, Catherine Njoo, Hendy Huang, Hengki Kawilarang, dan Jeny Tjahyawati. Masing-masing dari mereka akan menampilkan koleksinya sekitar 10-12 tampilan (look).

Bagi Alleira Batik, ini menjadi ketiga kalinya mereka tampil di New York Fashion Week. Jenama yang berdiri sejak 2005 tersebut akan menampilkan keindahan tenun minahasa serta wastra nusantara lainnya. Siluetnya busana office wear, seperti outer long coat yang cocok untuk musim gugur dan musim dingin.

"NYFW ini menjadi pintu untuk Alleira untuk merambah ke pasar internasional, impact-nya besar sekali, penonton yang suka dengan koleksi kami langsung beli ke fashion gallery khusus busana rancangan desainer Indonesia di Manhattan," ujar Zakaria Hamzah, Chief Operating Officer Alleira Batik.

Alleira Batik akan menggandeng Musume by Tuty Julfa sebagai local brand footwear yang akan mempercantik koleksi busana mereka. Mengusung konsep modern edgy yang menyasar millenial, misalnya seperti heels yang bisa disesuaikan, pilihan ukurannya banyak mulai dari 35-43, dan warna yang lebih variatif menyesuaikan dengan berbagai warna kulit.
 

Koleksi Busana Hengki Kawilarang (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Koleksi Busana Couture Hengki Kawilarang (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Adapun untuk tas sebagai aksesorinya, bekerja sama dengan jenama Ende yang telah berdiri sejak 10 tahun lalu di industri mode Indonesia. Tas rancangan Ende terbuat dari premium leather yang dikombinasikan dengan wastra seperti songket dan batik.

Selain Alleira Batik, ada juga Hengki Kawilarang yang akan menampilkan koleksinya busana rancangannya dengan konsep couture dan ready to wear edgy. Menurutnya, penting sekali menyesuaikan desainnya dengan selera dan pasar orang-orang New York.

"Mereka lebih menyukai desain-desain simpel yang tidak terlalu tradisional, tapi yang kekinian dan cocok dipakai nine to five untuk kerja," ujarnya.

Saat preview show, Hengki Kawilarang menampilkan dua set busana couture. Gaun pertama memiliki detail bunga-bunga warna hitam dan rok yang mengembang, sementara yang kedua bertabur permata dengan kerah model halter neck dan aksesori penutup kepala yang membuatnya terlihat mewah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Samsung Galaxy S24 Series Resmi Meluncur ke Indonesia, Cek Fitur Favorit Lyodra & Dian Sastro

BERIKUTNYA

Yuk Simak! Begini Pandangan Analis Tentang Saham UMKM

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: