Konsol gim Xbox (Sumber gambar: Pexels/Anthony)

Strategi Baru Xbox, Game Eksklusif Multiplatform & Konsol Next-Gen Mutakhir

16 February 2024   |   14:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Microsoft akhirnya meluruskan kabar burung yang beredar dalam beberapa waktu terakhir, soal distribusi gim eksklusif ke platform saingan dan kemungkinan adanya konsol terbaru. Raksasa teknologi itu merilis siniar video bertajuk Updates on the Xbox Business berdurasi 22 menit lebih. 

Dalam unggahan anyarnya itu, CEO Microsoft Gaming Phil Spencer, Head of Xbox Game Studio Matt Booty, dan President Xbox Sarah Bond berbincang dan berbagi informasi soal strategi baru bisnis Xbox pada masa yang akan datang. 

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa informasi penting dari siniar video itu, termasuk update soal rumor yang beredar belakangan. Seperti apa? Yuk simak. 

Baca juga: 5 Game Terbaik Rilis Februari 2024, Ada Gim Adaptasi Anime Jujutsu Kaisen 
 

1. Diablo IV masuk layanan Xbox Game Pass 

Setelah jalan panjang salah satu proses akuisisi terbesar di industri gim, yang dilakukan Microsoft terhadap Activision Blizzard, Xbox akhirnya mulai kedatangan judul-judul permainan dari developer gim kenamaan tersebut. 

Sejak proyek akuisisi itu diumumkan, para analis dan penggemar telah berspekulasi soal gim-gim Activision yang akan datang ke konsol dan layanan Xbox, dan hari itu akhirnya tiba. Dalam video business update terbarunya, dipastikan bahwa Diablo IV akan jadi gim Activision pertama yang meluncur ke layanan Xbox Game Pass, dijadwalkan sudah bisa dimainkan penggemar pada 28 Maret 2024. 

Tentunya, tidak hanya Diablo IV yang akan meramaikan perpustakaan Xbox Game Pass, Spencer menyatakan bahwa mereka akan menghadirkan lebih banyak gim Activision Blizzard pada masa mendatang ke layanan andalannya Itu. 
 

2. Game eksklusif Xbox akan hadir di PS5 & Nintendo Switch 

Rumor yang beredar akhirnya terjawab sudah. Phil Spencer resmi mengumumkan bahwa Microsoft akan menghadirkan beberapa gim eksklusif miliknya ke konsol saingan mereka yakni PlayStation 5 (PS5) dan Nintendo Switch. 

Hal ini merupakan bagian dari perubahan strategi bisnis perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengembangkan gim lebih luas, tak sekadar untuk konsol Xbox milik perusahaan. “Kami telah mengambil keputusan bahwa perusahaan membawa empat gim ke konsol lain,” katanya. 

Dalam video tersebut, Spencer tidak mengumumkan judul gim yang akan menjadi multiplatform. Dia hanya menyebut clue bahwa dua gim berbasis komunitas dan dua lainnya adalah judul yang lebih kecil. Namun, sumber The Verge menyatakan bahwa keempat gim itu adalah Hi-Fi Rush, Pentiment, Sea of Thieves, dan Grounded.
 

3. Perangkat keras next-gen mutakhir 

Memang, saat ini sudah muncul sejumlah rumor yang beredar mengenai perangkat keras atau konsol next generation terbaru dari Xbox. Hal itu akhirnya dikonfirmasi oleh President Xbox Sarah Bond yang menyebutkan bahwa Microsoft akan memberikan lompatan teknis yang besar dengan Xbox generasi berikutnya. 

Dia menyebut bakal ada beberapa hal menarik yang dihadirkan dari sisi perangkat keras, yang informasinya akan lebih banyak diungkap pada musim liburan mendatang. Selain itu, dia juga memastikan bahwa perusahaan akan berinvestasi pada peta jalan masa depan. 

“Apa yang benar-benar kami fokuskan adalah memberikan lompatan teknis terbesar yang pernah kalian lihat dalam generasi perangkat keras, yang menjadikannya lebih baik bagi para pemain dan lebih baik bagi para pembuat konten dan visi yang mereka bangun,” katanya. 

Tidak disebutkan jenis perangkat keras seperti apa yang akan dikembangkan Xbox pada masa mendatang. Bukan tidak mungkin, perusahaan bakal menghadirkan konsol gim genggam (handheld), mengingat kategori ini makin populer dalam beberapa waktu terakhir. Selain itu, rumor juga beredar soal desain Xbox Series X baru tanpa cakram yang tengah dikembangkan Microsoft. 

Baca juga: Industri Game Terguncang, Developer dari Microsoft Hingga Riot Games Kompak PHK Massal

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Song Hye-kyo, Jeon Yeo-been & Lee Jin-wook Jadi Pemeran Utama Spin-off The Priests

BERIKUTNYA

Profil Alfiansyah Komeng, Pelawak Spontan Uhuy yang Jadi Caleg Viral

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: