Pelawak Alfiansyah Komeng. (Sumber gambar: Kemenpora RI)

Profil Alfiansyah Komeng, Pelawak Spontan Uhuy yang Jadi Caleg Viral

16 February 2024   |   13:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Nama Pelawak Alfiansyah Komeng alias Komeng menjadi perbincangan publik di media sosial. Komedian yang terkenal dengan jargon 'Uhuy' itu menyedot perhatian setelah dirinya mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI 2024. Komeng viral di media sosial berkat aksi nyentriknya sebagai calon wakil rakyat.

Komeng diketahui mencalonkan diri sebagai anggota DPD daerah pemilihan provinsi Jawa Barat. Namanya mulai menjadi perbincangan saat hari pencoblosan Pemilu 2024, lantaran pose nyelenehnya pada foto di kertas surat suara. Berbeda dengan pose para caleg lainnya yang cenderung formal, Komeng justru memasang wajah seperti sedang meledek dengan kedua mata melotot. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Penyelenggaraan Pemilu di Berbagai Negara

Selain itu, nama komedian itu juga viral karena sejumlah saksi dan masyarakat berteriak 'Uhuy' di TPS ketika menghitung suara yang diberikan untuk Komeng. Dalam beberapa video yang tersebar di media sosial, tampak sejumlah petugas TPS berteriak 'Uhuy' sambil tertawa saat menyebut suara untuk Komeng.

Tak sampai disitu, tingkah lucu Komeng juga kembali menjadi perbincangan netizen ketika dirinya diwawancarai oleh salah satu media swasta nasional. Dengan gaya nyelenehnya, Komeng memberikan jawaban disertai dengan lawakan, ketika disodorkan beberapa pertanyaan.
 

Meski pembawaannya terkesan bercanda, Komeng sejatinya memiliki misi yang kuat ketika mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Dalam wawancara tersebut, dia menyatakan salah satu visi utamanya ialah ingin memajukan seni budaya Indonesia sebagai pemasukan besar negara, seperti yang dilakukan oleh Korea Selatan.

Sejumlah tingkah nyeleneh Komeng itu rupanya berhasil memikat publik. Dalam hasil real count KPU per 15 Februari 2024 pukul 17.00 WIB, terlihat bahwa calon DPD Jawa Barat nomor urut 10 Alfiansyah Komeng memperoleh sebanyak 8,51% atau senilai 315.031 suara sementara. 

Perolehan suara Komeng terpaut jauh dengan peringkat keduanya yaitu Aanya Rina Casmayanti, calon nomor urut 2 dengan perolehan 3,79% suara sementara. Aanya Rina Casmayanti merupakan seorang pengusaha asal Bandung, Jawa Barat. Selisih antara dua orang ini mencapai 4,72%, membuatnya cukup sulit untuk disusul. 

Selain Komeng, pesohor lainnya yang juga masuk jajaran atas perolehan suara DPD Jawa barat yakni Jihan Fahira, Jihan berada di posisi ketiga perolehan suara tertinggi sementara. Pemeran dan model Indonesia keturunan Sunda ini memperoleh suara sebanyak 3,65%. Meski perolehan ini merupakan data sementara, publik meyakini bahwa Komeng akan tetap berada di posisi teratas di hasil finalnya. 
 
 

Profil Komeng 

Komeng adalah pelawak, aktor, presenter, sekaligus penyiar radio kelahiran Jakarta 25 Agustus 1970. Komedian pemilik nama asli Alfiansyah Bustami Komeng ini terkenal berkat acara komedi populer era 1990-an bertajuk Spontan. Di acara itu, Komeng terkenal dengan jargon Spontan... Uhuuuyy!!. Berkat acara itu, dia bahkan menggondol piala Panasonic Awards 2004 sebagai Pelawak Terfavorit.

Spontan merupakan acara ala Candid Camera asal AS dan menjadi sitkom Indonesia yang tayang sejak 1996-2003. Spontan menjadi satu dari puluhan judul acara komedi yang Komeng pandu bersama aktris dan komedian lainnya.

Sederet acara hit yang pernah dibawakan Komeng di antaranya Show Time, Opera Van Java, Komeng Acak Adul, Kolak Candil, dan masih banyak lagi. Dia juga membintangi Dagelan Oke, Komik Jadoel, Ngobrol Asal, Xtra Show, hingga Arisan bersama Jarwo Kwat.

Pria berusia 53 tahun itu mengawali kariernya saat bergabung dengan grup lawak Diamor bersama Mamo, Jarwo Kwat, dan Rudi Sipit. Pelawak yang dikenal memiliki suara sengau ini tampil pertama kali bersama Diamor melalui serial televisi Kompor Diamor yang disiarkan di TPI pada 1991.

Setelah itu, Komeng juga membintangi beberapa serial komedi lain seperti Akal-Akalan (1996), Otak-Otak Kuda (1996), Malioboro (1996), Putri Duyung (2001—2002), serta Lola & Liliput (2002—2003). Di samping sebagai pelawak, Komeng juga aktif menjadi penyiar Radio SK Jakarta sejak 1993 hingga 1996 dan Bens Radio Jakarta pada 1996.

Pada pertengahan 2009, Komeng berakting di salah satu komedi situasi atau sitkom populer berjudul Kungfu Komeng. Di acara tersebut, Komeng beradu akting dengan aktris Tessa Kaunang. Setelah itu, dia juga membintangi sinetron Mat Calo (2011), Pengen Jadi Orang Bener (2012), dan Kecil-Kecil Mikir Jadi Manten (2017). 

Pada 2022, Komeng didapuk menjadi Duta Olahraga Tradisional oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Sebagai Duta Olahraga Tradisional, Komeng diharapkan bisa membantu untuk membangkitkan kembali olahraga tradisional di kalangan masyarakat.

Setelah aktif beraktivitas di dunia hiburan, Komeng pun mulai mencoba ke dunia legislatif. Pada Mei 2023, dia mencalonkan diri sebagai anggota DPD untuk daerah pemilihan Jawa Barat dalam Pemilu 2024. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Film Bertema Politik yang Cocok Ditonton saat Momen Pemilu

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Strategi Baru Xbox, Game Eksklusif Multiplatform & Konsol Next-Gen Mutakhir

BERIKUTNYA

Review Film Ali Topan, Romansa yang Menggugat Kemapanan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: