Konsol game Xbox (Sumber gambar: Unsplash/Sam Pak)

Game-game Xbox Bakal Hadir di PlayStation 5? Begini Kata Phil Spencer 

06 February 2024   |   21:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Eksklusivitas selama ini menjadi daya tarik, sekaligus strategi yang diterapkan perusahaan pengembang konsol gim untuk menggaet hati gamer. Microsoft dengan Xbox, Sony dengan PlayStation, atau Nintendo dengan Switch, biasanya berlomba-lomba menghadirkan gim khusus untuk konsol mereka sendiri. 

Namun, hal tersebut tampaknya bakal berubah dalam waktu dekat. Bukan tanpa sebab. Xbox dilaporkan tengah menyiapkan plan bisnis baru, yang disebut bakal memasukkan gim-gim eksklusifnya ke konsol lain, dalam hal ini adalah PlayStation 5 (PS5). 

Kabar tersebut pertama kali diwartakan oleh The Verge pada Senin (5/1/2024). Sumber mereka mengatakan bahwa Bethesda, pengembang gim Indiana Jones and the Great Circle yang rencananya akan dirilis eksklusif untuk Xbox, mempertimbangkan gimnya masuk ke jajaran perpustakaan konsol PS5. 

Hal ini berkenaan dengan pendekatan multiplatform baru untuk gim Xbox yang sedang dipersiapkan oleh Microsoft. Menurut sumber tersebut, saat ini raksasa teknologi itu tengah mempertimbangkan judul-judul mana saja yang akan tetap eksklusif untuk konsol mereka, dan gim apa saja yang akan didistribusikan ke PS5 maupun Switch pada masa mendatang. 

Baca juga: 5 Game Terbaik Rilis Februari 2024, Ada Gim Adaptasi Anime Jujutsu Kaisen 

The Verge juga menyebut bahwa Bethesda bakal meluncurkan Indiana Jones and the Great Circle terlebih dahulu di konsol Xbox. Namun, hal itu tidak akan bertahan selamanya, dengan jadwal perilisan di konsol lain yang diberi jeda beberapa bulan kemudian. 

Dalam konteks gim tersebut, yang dijadwalkan rilis pada Desember 2024 untuk versi Xbox dan PC, besar kemungkinan permainan yang sama akan bisa dinikmati di konsol PlayStation 5 pada kuartal pertama 2025. 

Model eksklusif dalam periode terbatas sejatinya telah dilakukan oleh Sony. Gim-gim yang awalnya dibuat khusus untuk PlayStation 5 pada akhirnya rilis di layanan digital komputer (PC) seperti Steam selang beberapa waktu. 

Namun jedanya memang terbilang lama, bisa berselang 1 tahun atau lebih. Selain itu, model yang dilakukan Sony hanya mendistribusikan gim-gim eksklusif PlayStation ke platform komputer, bukan konsol lain, yang notabene merupakan saingan perusahaan. Kendati begitu, model yang akan dilakukan Microsoft bakal melibatkan distribusi lintas platform sesama konsol permainan. 

Selain Indiana Jones and the Great Circle, Microsoft juga disebut tengah mempertimbangkan gim Hi-Fi Rush, Sea of Thieves, sampai Starfield akan rilis di PS5 pada masa mendatang. 
 

Kabar beredar yang kian kencang tampaknya menggubris CEO Microsoft Gaming, Phil Spencer, yang juga mengepalai brand Xbox. Dia akhirnya memecah keheningan soal informasi tersebut. 

Melalui cuitan di akun resmi X miliknya, Spencer menggoda para pemilik Xbox dan gamer secara keseluruhan. Dia menyebut bahwa perusahaan berencana untuk membagikan kabar terbaru pada sebuah acara yang akan dihelat pekan depan. Kata kunci penting yang ada di cuitan tersebut adalah soal visi masa depan konsol perusahaan. 

“Kami mendengarkan kalian. Kami telah merencanakan acara pembaruan bisnis minggu depan, di mana kami akan berbagi lebih banyak detail tentang visi kami untuk masa depan Xbox. Pantau terus,” demikian isi cuitannya, yang telah menjangkau 10 juta views. 

IGN menyebut lewat cuitannya itu, Spencer tidak diragukan lagi menanggapi sebagian besar perbincangan yang kian santer selama beberapa waktu terakhir, yakni soal rencana perilisan gim-gim eksklusif Xbox ke konsol lain. 

Bagaimanapun, kabar ini mungkin jadi hal yang positif bagi pengguna PlayStation 5 dan Nintendo Switch, karena mereka bakal bisa merasakan gim-gim yang selama ini hanya bisa diakses di Xbox. Namun, hal ini tidak berlaku sebaliknya. 

Secara umum, komunitas pengguna Xbox merasa gelisah. Banyak dari mereka bertanya-tanya tentang keputusan yang dibuat karena hanya akan mengurangi nilai eksklusivitas yang dimiliki. Pasalnya, masih belum ada informasi apa pun soal ‘timbal balik’ dari langkah yang diambil oleh perusahaan. 

Sebagaimana disebutkan di atas, sejauh ini, PlayStation hanya mendistribusikan gim-gim yang diterbitkannya di platform PC, tidak untuk Xbox. Terlebih Nintendo Switch yang masih sangat strict dalam menjaga judul dan waralaba gim miliknya cuma bisa dinikmati di konsol mereka sendiri. 

Baca juga: Industri Game Terguncang, Developer dari Microsoft Hingga Riot Games Kompak PHK Massal

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ini Tiga Alasan UMKM Manfaatkan Social Commerce Untuk Penjualan

BERIKUTNYA

Rekomendasi Penginapan Bertema Oriental Untuk Rayakan Imlek di Asia Tenggara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: