Ilustrasi pasangan menonton film (Sumber gambar: Pexels/Cottonbro Studio)

Rekomendasi 7 Film Indonesia untuk Merayakan Hari Valentine 2024

14 February 2024   |   13:11 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Hari kasih sayang atau yang kerap disebut dengan hari Valentine diperingati setiap tahunnya pada tanggal 14 Februari. Momen ini bisa menjadi kesempatan untuk mengekspresikan rasa kasih sayang kepada orang-orang terdekat, mulai dari pasangan, orang tua, ataupun sahabat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan hari Valentine, misal dengan memberi hadiah dan menonton film bergenre romantis. Menonton film bisa menjadi salah kegiatan yang dilakukan untuk merayakan momen Valentine, sembari menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang. 

Tidak perlu bingung soal film apa yang harus ditonton, berikut rekomendasi film Indonesia yang cocok Genhype saksikan dalam rangka merayakan hari Valentine

Baca juga: 40 Kata-Kata Manis nan Romantis Hari Valentine 2024 untuk Pasangan
 

1. Ada Apa Dengan Cinta? (2002)


Film Ada Apa Dengan Cinta? menceritakan kisah romansa antara Cinta (Dian Sastrowardoyo) dengan Rangga (Nicholas Saputra) di bangku SMA. Cinta adalah seorang siswa SMA yang cantik, berprestasi, dan dikelilingi oleh teman-teman yang setia di sekitarnya, Alya (Ladya Cheryl), Carmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan Milly (Sissy Priscillia).

Pada suatu hari, sekolah Cinta mengadakan lomba puisi. Seluruh siswa yakin Cinta yang akan menjadi juara, tapi justru pemenangnya adalah Rangga. Karena Cinta dan teman-temannya adalah pengurus mading sekolah, dia harus mewawancarai Rangga. Namun, Rangga adalah tipe laki-laki pendiam, penyendiri, dan dingin.

Perlombaan puisi tersebut menjadi awal mula hubungan antara Cinta dan Rangga. Mereka juga kerap mengalami pertengkaran karena karakternya yang berbeda 180 derajat. Tak disangka, seiring berjalannya waktu, hubungan mereka semakin dekat dan mereka sering menghabiskan waktu bersama untuk pergi ke toko buku.
 
Film Ada Apa Dengan Cinta? digarap oleh sutradara Rudi Soedjarwo. Film tersebut dibintangi oleh aktor dan aktris top Indonesia seperti Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Ladya Cheryl, Adinia Wirasti, Titi Kamal, Sissy Priscillia, Dennis Adhiswara dan masih banyak lagi. 
 

2. Janji Joni (2005)


Film Janji Joni menceritakan kisah romansa antara antara Joni (Nicholas Saputra) dan Jelita (Mariana Renata). Joni merupakan seorang pengantar rol film. Joni yang telah bekerja sebagai pengantar secara turun-temurun ini bertekad untuk tepat waktu dan dapat diandalkan.

Suatu hari saat dia bertemu dengan seorang wanita bernama Jelita (Mariana Renata), yang pada awalnya enggan memberi tahu namanya. Perempuan itu hanya akan memberitahu kalau Joni dapat mengantarkan rol-rol film tepat waktu hingga film yang ditonton tidak putus di tengah jalan.

Berbagai halangan harus dia lewati saat mengantar rol film, mulai dari motornya dicuri sampai membantu persalinan istri sopir taksi. Joni harus berpacu dengan waktu. Sebab, seandainya gagal mengantarkan roll tersebut tepat waktu, dia tidak akan pernah bertemu dengan wanita itu lagi dan film di bioskop tidak akan habis.

Film Janji Joni digarap oleh sutradara Joko Anwar. Film tersebut dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris seperti Nicholas Saputra, Elias Iskandar, Mariana Renata, Rachel Maryam Sayidina, Fedi Nuril, Barry Prima, Sujiwo Tejo, Tora Sudiro dan lain sebagainya.
 

3. Habibie dan Ainun (2012)


Film Habibie dan Ainun menceritakan kisah cinta sehidup semati antara Habibie (Reza Rahardian) dan Ainun (Bunga Citra Lestari). Cerita bermula ketika Habibie dan Ainun menjadi teman satu sekolah saat SMA. Namun saat itu, Habibie belum menyukai Ainun dan menyebutnya hitam seperti gula jawa.

Keduanya kemudian melanjutkan mimpi masing-masing. Habibie bersekolah ke Jerman sementara Ainun menjadi dokter. Setelah dewasa, keduanya kembali bertemu. Habibie jatuh cinta pada Ainun yang menurutnya kini sudah cantik seperti gula pasir.

Setelah keduanya makin dekat, Habibie dan Ainun pun memutuskan untuk menikah. Habibie membawa Ainun ke Jerman untuk menemaninya bekerja hingga meraih gelar doktor. Keduanya pun menjalani kehidupan yang sederhana dan serba prihatin bersama anak-anaknya.

Film Habibie dan Ainun digarap oleh sutradara Faozan Rizal berdasarkan kisah nyata Presiden Indonesia ke 3, BJ Habibie dengan sang istri Hasri Ainun Habibie. Film tersebut turut diperankan oleh Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Ratna Riantiarno, Mike Muliadro dan lain sebagainya. 

Baca juga: 5 Ide Seru Rayakan Valentine Bersama Pasangan, Cafe Hopping dengan Promo Pemilu
 

4. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)


Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck mengikuti kisah Zainuddin (Herjunot Ali), yang berlayar menuju kampung halaman ayahnya di Batipuh, Padang Panjang. Di sana, dia bertemu dengan Hayati (Pevita Pearce), seorang gadis cantik jelita yang menjadi kembang desa.

Keduanya mulai jatuh cinta. Namun, hukum budaya dan adat istiadat yang kuat meruntuhkan cinta mereka berdua. Zainuddin pun melamar Hayati, tetapi sayangnya niat baik tersebut ditolak oleh keluarganya. Hayati dipaksa menikah dengan pria lain bernama Aziz (Reza Rahardian), laki-laki kaya terpandang di wilayah tersebut.

Lantaran kecewa, Zainudin  memutuskan untuk berjuang dengan merantau ke tanah Jawa demi bangkit melawan keterpurukan cintanya. Zainuddin kemudian melakukan kerja keras dan memulai lembaran hidup baru. Tanpa disangka, dia berhasil menjadi penulis terkenal.

Di tengah kesuksesannya, Zainuddin dipertemukan kembali dengan Hayati. Namun, kali ini Hayati bersama sang suami. Kisah cinta Zainuddin dan Hayati menemukan ujian yang berat. Hayati pulang ke kampung halamannya dengan menggunakan kapal Van Der Wijck. Di tengah-tengah perjalanan, kapal yang dinaiki Hayati tenggelam.

Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck digarap oleh sutradara Sunil Soraya berdasarkan novel berjudul sama karya Buya Hamka. Film tersebut juga diperankan oleh beberapa aktor dan aktris seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, Reza Rahardian, Randy Danistha, Arzetti Bilbina dan lain sebagainya.
 

5. Dear Nathan (2017)


Film Dear Nathan menceritakan kisah romansa antara Nathan (Jefri Nichol) dan Salma (Amanda Rawles). Cerita mereka berawal dari Salma, seorang siswi pindahan dari SMA Garuda yang terlambat masuk pada hari pertama di sekolah barunya.

Keterlambatannya itu membawa Salma bertemu dengan Nathan, siswa berandalan yang kerap terlibat tawuran. Pagi itu, Nathan menyelamatkan Salma dari hukuman karena terlambat mengikuti upacara bendera. Namun, Salma yang ingin selektif dalam memilih teman memutuskan untuk menjauhi Nathan usai peristiwa tersebut.

Sebaliknya, Nathan yang merasa tertarik dengan Salma justru terang-terangan mengejar gadis tersebut. Nathan secara gamblang menunjukkan perhatiannya dan berharap bisa mendapatkan hati Salma. Salma yang awalnya bersikap cuek, lama-kelamaan luluh melihat segala upaya yang dilakukan Nathan untuk mendekatinya.

Seiring berjalannya waktu, Salma pun mulai jatuh hati pada si preman sekolahan. Salma berusaha untuk menjadikan Nathan sosok yang lebih baik. Nathan pun bertekad untuk memperbaiki perilakunya.

Film Dear Nathan digarap oleh sutradara Indra Gunawan berdasarkan novel berjudul sama yang ditulis oleh Erisca Febriani. Film ini melibatkan aktor dan aktris Jefri Nichol, Amanda Rawles, Rayn Wijaya, Diandra Agatha, Beby Tsabina, Chicco Kurniawan, dan Faiz Fadhil.


6.Teman Tapi Menikah (2018)


Film Teman Tapi Menikah mengisahkan tentang hubungan Ayu (Vanesha Prescilla) dan Ditto (Adipati Dolken). Mereka pertama kali bertemu saat masih SMP. Berawal dari teman sebangku, hubungan keduanya semakin dekat hingga menjadi sahabat. Tak terasa, Ayu dan Ditto sudah bersahabat selama 11 tahun.

Selama itu juga, Ditto ternyata menyukai Ayu lebih dari seorang teman. Ketika terjebak friendzone, Ditto secara tak langsung melakukan berbagai cara untuk menarik hatinya. Namun, pada akhirnya, statusnya tak berubah dari sebatas sahabat untuk curhat. Tak jarang, Ditto harus rela melihat Ayu berpacaran dengan orang lain.

Di sisi lain, persahabatannya dengan Ayu tetap erat. Sebab, Ditto akan menjadi sandaran Ayu ketika hubungannya dengan sang pacar sedang bermasalah. Sampai suatu hari, Ayu bercerita bahwa dia akan menikah dengan pacarnya. Ditto harus memilih, antara menyatakan perasaannya atau merelakan cinta pertamanya jadi sahabat seumur hidup.

Film Teman Tapi Menikah digarap oleh sutradara Rako Prijanto berdasarkan novel berjudul sama karya Ayudia Bing Slamet. Film melibatkan sejumlah pemeran Tanah Air seperti Adipati Dolken, Vanesha Prescilla, Refal Hady, Denira Wiraguna, Shara Virrisya, Sari Nila dan lain sebagainya.


7. Dilan 1990 (2018)


Berbicara mengenai film romantis dalam negeri, tidak lengkap rasanya kalau tak menyertakan film satu ini. Dilan 1990 menceritakan tentang romansa remaja SMA antara Dilan (Iqbal Ramadhan) dengan Milea (Vanesha Prescilla). Cerita bermula ketika Dilan dan Milea bertemu di salah satu SMA di Bandung pada 1990. Saat itu Milea merupakan anak pindahan dari Jakarta.

Ketika Milea hendak pergi ke sekolah, dia bertemu dengan teman satu sekolahnya. Teman laki-laki itu mengatakan jika nanti Milea dengan dirinya akan ketemu di kantin sekolah. Milea pun acuh dan tidak terlalu menggubrisnya. Justru Milea merasa terganggu karena selalu menghampirinya setiap hari. Ternyata laki-laki itu bernama Dilan.

Dilan mendekati Milea dengan cara yang unik dan berbeda dengan laki-laki lainnya. Bahkan dengan Beni (Brandon Salim), pacar Milea di Jakarta. Hal itu membuat Milea terus memikirkannya. Setelah berkenalan, Milea mulai mengenal keunikan Dilan, pintar, baik hati, dan romantis.

Berbagai kisah unik pun dialami mereka berdua. Hingga pada Akhirnya, Dilan dan Milea resmi menjalani suatu hubungan. Bahkan Dilan membuat surat resmi yang dilengkapi materai yang isinya seperti teks proklamasi.

Film Dilan 1990 digarap oleh sutradara Fajar Bustomi berdasarkan novel karya Pidi Baiq. Film tersebut turut diperankan oleh beberapa aktor dan aktris, seperti Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Debo Andryos, Giulio Parengkuan, Omara Esteghlal, Yoriko Angeline, Zulfa Maharani, Brandon Salim dan lain sebagainya. 

Baca juga: 8 Promo Makanan dan Minuman Spesial Valentine, Chatime sampai Silverqueen

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Lagu Romantis Untuk Hari Valentine. Kasih Putih hingga Komang

BERIKUTNYA

Menengok Outfit Capres & Cawapres Saat ke TPS Pemilu 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: