TPS Pemilu 2024 (Sumber gambar: JIBI/BISNIS)

Menengok Outfit Capres & Cawapres Saat ke TPS Pemilu 2024

14 February 2024   |   12:47 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain komunikasi secara verbal, para pasangan calon presiden dan calon wakil presiden juga berkomunikasi melalui non verbal. Salah satunya adalah dengan pakaian yang digunakan saat tampil di depan umum. Warna pakaian atau outfit kerap dihubungkan dengan maksud tertentu. 

Dikutip dari halaman Messiah University, Jennifer Baumgarter, penulis You Are What You Wear: What Your Clothes Reveal About You, menjelaskan bahwa setiap perilaku yang dilakukan dimulai dari sesuatu yang lebih dalam daripada apa yang kita lihat di permukaan.

Baumgarter menggunakan ungkapan kognisi terselubung untuk menggambarkan apa yang dikatakan pakaian kepada Individu. Konsep ini memberikan bukti ilmiah bahwa individu harus berpakaian sesuai keinginan, bukan apa yang sebenarnya dirasakan. Seseorang mengirimkan pesan kepada diri sendiri dan juga dunia yang ada di sekitarnya saat menggunakan pakaian tertentu. 

Baca juga: Film & Serial Tentang Pemilihan Umum yang Bisa Jadi Tontonan Libur Pemilu 2024

Sementara itu, dalam laman personal stylist Roxanne Carne, pakaian yang digunakan oleh seseorang mewakili banyak hal dan mengkomunikasikan hal-hal penting secara sosial kepada orang lain yang berada di sekitarnya.

Sebagai contoh, orang lain akan berasumsi Genhype akan berangkat atau pulang berolahraga atau mungkin enggan repot menggunakan pakaian lain ketika Genhype menggunakan celana yoga dan kaos oblong.

Sementara itu, orang lain akan menganggap Genhype seorang profesional dan bekerja di lingkungan perusahaan jika memakai blus, rok berstrukutr, dan sepatu hak tinggi.

Nah, saat ini, salah satu yang menarik dalam pemilihan umum adalah pakaian yang digunakan oleh setiap calon presiden dan wakil presiden saat menggunakan hak suaranya pada hajatan Pemilu 2024. Seperti apa outfit para calon pemimpin negara itu? Yuk lihat. 


1. Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar

(Sumber foto: JIBI/Bisnis)

(Sumber foto: JIBI/Bisnis)

Calon presiden Anies Baswedan dan wakil presiden Muhaimin Iskandar menggunakan pakain kemeja berwarna putih dengan celana berwarna hitam. Tidak hanya itu, keduanya juga tampil rapih dengan kemeja yang dimasukkan ke dalam celana.

Dikutip dari laman Bright Side, warna putih dianggap sebagai warna kesempurnaan. Warna ini terkait dengan cahaya, kesegaran, kebersihan, ketenangan, kemurnian, kebaikan, dan kepolosan. Putih juga memiliki konotasi positif. 
 

2. Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka

 

(Sumber gambar: JIBI/Bisnis)

(Sumber gambar: JIBI/Bisnis)

Calon presiden Prabowo Subianto datang ke Tempat Pemungutan Suara dengan kemeja berwarna biru. Pakaian kemeja yang digunakan oleh Prabowo tidak dimasukkan ke dalam celana, sehingga menimbulkan kesan yang santai.

Warna briu dinilai memberikan efek menenangkan. Konsultan fesyen disebut menganjurkan seseorang menggunakan warna biru ketika wawancara kerja karena melambangkan kesetiaan.

Sementara calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka menggunakan pakaian dengan warna abu-abu dengan motif polkadot. Warna abu-abu dalam banyak konsensus melambangkan netralitas dan kecanggihan. 
 

3. Ganjar Pranowo & Mahfud MD

 

(Sumber gambar: Instagram/Ganjar Pranowo & Mahfud MD)

(Sumber gambar: Instagram/Ganjar Pranowo & Mahfud MD)

Pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan wakil presiden Mahfud MD menggunakan outfit yang berbeda saat pergi ke tempat pemungutan suara. Ganjar terlihat menggunakan pakaian berwarna putih sementara Mahfud MD memakai pakaian batik berwarna hijau.

Pakaian putih yang dikenakan oleh Ganjar memiliki kerah tegak atau band colar. Penggunaan kemeja dengan kerah ini biasanya untuk aktivitas yang santai dan kasual. Penampilan santai dan kasual itu juga terlihat dari pakaian yang tidak dimasukkan ke dalam celana.

Sementara itu, dikutip dari laman Bright Side, warna hijau merupakan warna yang mudah diasosiasikan dengan alam dan juga dianggap sebagai warna yang menenangkan secara emosional. Ini menanamkan perasaan kesegaran, harmoni, dan keseimbangan.

Baca juga: 7 Promo Destinasi Wisata Lokal Spesial Pemilu 2024, dari Ancol sampai Borobudur Land

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi 7 Film Indonesia untuk Merayakan Hari Valentine 2024

BERIKUTNYA

Perbedaan Valentine, White Day & Black Day: Jomblo Harus Tahu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: