Merah jadi salah satu warna yang identik dengan perayaan Imlek (Sumber foto: Freepik)

Warna Baju Imlek 2024 Menurut Shio, Buang Sial & Bisa Bawa Hoki

06 February 2024   |   09:35 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Imlek 2024 disebut sebagai tahun Naga Kayu yang dipercaya bisa membawa banyak keberuntungan. Menurut budaya Tiongkok, naga merupakan makhluk suci yang dikaitkan dengan kesuksesan, kecerdasan, dan kehormatan. Sementara kayu melambangkan vitalitas dan kreativitas.

Ada banyak hal yang dianggap bisa menarik energi positif tahun ini, misalnya warna. Dengan memilih warna yang baik diharapkan keberuntungan akan menghampiri hidup kita. Warna bisa dijadikan rujukan untuk memilih baju, aksesori, sampai interior rumah. 

Baca juga: Sejarah & Makna Angpao saat Tahun Baru Imlek

Mengutip dari The Chinese Zodiac, warna yang memiliki fengsui baik tahun ini adalah hijau zamrud atau emerald green. Hijau yang menyegarkan disimbolkan sebagai pertumbuhan, keseimbangan, harmoni, dan pembaruan dalam hidup.

Emerald green juga merupakan warna cakra jantung yang dikaitkan dengan kasih sayang, cinta, dan penyembuhan. Orang-orang yang mengenakan warna ini diharapkan bisa lebih menyelaraskan diri dengan siklus kehidupan alam, serta dapat menjalin hubungan dengan cara yang lebih bermakna. 

Namun, tidak semua shio bisa cocok dengan warna tersebut. Masing-masing shio memiliki warna keberuntungannya sendiri, juga warna yang harus dihindari karena dipercaya bisa membawa sial. Nah Genhype, yuk simak warna yang dianggap hoki untuk masing-masing shio.
 

1. Shio Tikus

Shio Tikus tahun ini disarankan untuk memilih biru, merah, dan hijau, karena merupakan warna keberuntungan mereka. Warna-warna tersebut sebaiknya tidak dipakai bersamaan karena bisa bertabrakan dan terkesan norak. Sementara itu, warna yang harus mereka hindari adalah kuning dan coklat.
 

2. Shio Kerbau

Shio Kerbau sebaiknya mengenakan warna-warna putih dan emas supaya bisa menarik banyak hoki. Pakaian bernuansa putih dan emas, selain cantik juga bisa membuat terlihat elegan. Pilihlah kemeja atau gaun dengan warna dasar putih dengan sentuhan emas sebagai elemen dekorasinya. Sementara warna yang harus dihindari oleh shio kerbau adalah biru dan hijau.
 

3. Shio Macan

Warna yang dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi shio Macan tahun ini adalah biru, oranye, dan abu-abu. Tak perlu khawatir apabila warna-warna tersebut kurang cocok saat dikenakan, kamu bisa menyelaraskannya sesuai kepribadian. Biru untuk kamu yang tenang, oranye yang ceria dan bersemangat, serta abu-abu yang simpel dan misterius. Adapun, warna yang harus dihindari adalah merah muda (pink) dan ungu.
 

4. Shio Kelinci

Orang-orang yang memiliki shio Kelinci sebaiknya memilih warna pink, ungu, atau merah pada tahun ini supaya mendapatkan keberuntungan. Pink, ungu, dan merah merupakan warna-warna bold yang akan membuat penampilanmu terlihat lebih stand out dari biasanya. Sebaliknya, hindarilah warna-warna gelap seperti hitam, abu-abu, dan sejenisnya.
 

5. Shio Naga

Shio Naga memiliki warna keberuntungan emas, silver, dan ungu yang mewah. Outfit dengan warna-warna ini akan makin memperlihatkan aura mereka yang mewah dan kharismatik setiap waktu. Namun, tahun ini sepertinya mereka harus menghindari putih dan warna-warna pucat lainnya.
 

6. Shio Ular

Warna keberuntungan shio Ular tahun ini adalah hitam. Pakaian bernuansa hitam akan membuatmu terlihat elegan untuk wanita, di sisi lain tampak gagah dan karismatik untuk para pria. Adapun, warna yang harus mereka hindari yakni merah dan warna-warna cerah lainnya. 

Baca juga: Arti Tradisi Berbagi Jeruk Pada Perayaan Tahun Baru Imlek
 

7. Shio Kuda

Warna yang akan membawa hoki untuk shio Kuda tahun ini adalah merah, hijau, dan biru, sama seperti shio Tikus. Apabila ingin memadu padankan warna tersebut, hati-hati supaya hasil akhirnya tidak terlalu ramai. Jangan masukkan tiga warna sekaligus. Pilihlah merah dan hijau, hijau dan biru, atau biru dan merah. Sementara itu, hindari palet monokrom seperti hitam dan abu-abu.


8. Shio Kambing

Warna keberuntungan para pemilik shio Kambing tahun ini adalah cokelat, merah, dan putih. Cokelat termasuk warna-warna earth tone yang menenangkan, merah terkesan bold dan berani, sementara putih bagian dari warna monokrom yang simpel tapi tetap tampak mewah. Adapun, warna yang harus dihindari orang dengan shio Kambing adalah emas dan silver.
 

9. Shio Monyet

Shio Monyet sebaiknya memilih abu-abu, biru, dan hitam, karena menjadi warna keberuntungan mereka tahun ini. Perpaduan warna tersebut cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian tenang, serta sangat suka dengan gaya chic. Namun, warna-warna yang harus mereka hindari adalah oranye dan coklat.
 

10. Shio Ayam

Shio Ayam dipercaya akan mendapatkan keberuntungan dengan memilih warna-warna cokelat dan emas. Ini saatnya untuk tampil lebih tenang dan nyaman dengan outfit bernuansa cokelat atau lebih berani dengan warna-warna emas. Sementara itu, warna hijau dan ungu sebaiknya dihindari.
 

11. Shio Anjing

Warna yang dipercaya bisa mendatangkan banyak hoki bagi shio Anjing adalah hijau dan pink. Perpaduan dua warna tersebut akan membuatmu terlihat lebih segar dan feminin. Adapun warna-warna yang harus dihindari adalah merah dan kuning.
 

12. Shio Babi

Shio Babi memiliki warna keberuntungan oranye, abu-abu dan cokelat. Pilihlah pakaian dan aksesori dengan warna-warna tersebut. Inilah saatnya untuk tampil beda dan lebih berani dari gayamu yang biasanya. Sementara itu, warna yang harus mereka hindari adalah hitam dan putih. 

Baca juga: Rekomendasi 6 Wisata Pecinan yang Layak Dikunjungi saat Imlek Tiba

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

TWICE Kolaborasi dengan Lauv di Lagu I Got You (Voyage ver.) & Rencana Rilis Album ke-13

BERIKUTNYA

Eksklusif Yori Antar: Menjaga & Melestarikan Rumah Adat Demi Keberlangsungan Arsitektur Nusantara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: