Ilustrasi furnitur ruang tamu. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

8 Tren Desain Furnitur Tahun 2024: Garis Lembut hingga Unsur Emas

30 January 2024   |   17:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pergantian tahun biasanya menjadi momentum bagi sebagian orang untuk mengubah suasana rumah. Selain membuat tampilan rumah lebih segar dan nyaman, perubahan juga bisa menjadi simbol rasa semangat dan energi baru bagi penghuninya untuk menatap tahun baru dengan penuh optimisme.
 
Salah satu upaya untuk menghadirkan nuansa segar dalam penataan rumah adalah dari sisi furnitur, seperti membeli perabotan baru. Biasanya, orang-orang akan membeli furnitur baru untuk mengganti perabotan rusak atau mengganti konsep desain interior ruangan.
 
Furnitur memang berperan penting dalam hunian. Bukan sekadar benda mati, furnitur adalah unsur tata ruangan yang mencerminkan gaya, fungsi, dan kenyamanan. Jadi, penting untuk memilih furnitur yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran ruangan sehingga membuat hunian terlihat menarik dan nyaman untuk ditinggali. 

Baca juga: 10 Hal yang Bakal Jadi Tren Desain Interior Kamar Tidur 2024
 
Seiring waktu, furnitur hadir dengan desain, fungsi, gaya, dan material yang berbeda-beda mengikuti perkembangan tren dan kebutuhan zaman. Sebagian dari kalian mungkin bertanya-bertanya, apa saja tren desain furnitur yang akan populer pada 2024.

Melansir dari The Spruce, berikut adalah 8 tren furnitur tahun 2024 menurut para ahli desain interior.


1. Desain Garis Lembut

Furnitur dengan desain yang menekankan garis-garis tajam akan mulai ditinggalkan pada 2024. Sebaliknya, furnitur dengan lekukan dan garis-garis yang lebih lembut diprediksi akan mulai banyak dicari pada tahun ini. Caitie Smithe selaku desainer dan stylist di Walter E. Smithe Furniture and Design mengatakan, tren ini menunjukkan preferensi orang-orang terhadap gaya yang lebih organik dalam furnitur dan dekorasi rumah.
 
"Garis lurus pada dasarnya tidak organik, sedangkan garis melengkung lebih seperti yang terlihat di alam,” katanya.
 
Stephanie Bertha, salah satu pemilik Barstool Comforts sepakat akan hal tersebut. Dia melihat dalam tren furnitur, adanya pergeseran selera lebih ke arah desain lekukan halus dibandingkan garis tajam. Misalnya pada kursi bar. Furnitur dengan tampilan yang lebih halus dan lembut dapat mengundang siapapun untuk menikmatinya sejenak.


2. Tempat Duduk Mewah

Menciptakan kenyamanan di rumah adalah segalanya. Salah satunya dapat diwujudkan dengan tempat duduk atau sofa dengan desain yang mewah. Bertha mengatakan elemen-elemen seperti bantalan empuk, kursi berlapis kain atau sandaran kursi bar akan banyak diterapkan pada desain furnitur tempat duduk pada tahun ini. Utamanya digunakan di area dapur.
 
"Saat masyarakat mulai bekerja dari rumah, kenyamanan menjadi prioritas, terutama bagi mereka yang merangkap dapur sebagai kantor,” katanya.
 

Ilustrasi furnitur bernuansa lembut. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

Ilustrasi furnitur bernuansa lembut. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)


3. Furnitur Serbaguna

Furnitur biasanya didesain terbatas untuk satu fungsi dan kebutuhan tertentu. Namun, konsep seperti itu perlahan memudar dengan adanya furnitur serbaguna yang semakin populer. Kini sebuah perabotan tertentu dibuat dan bisa digunakan untuk beragam kebutuhan sesuai pemilik rumah.
 
"Mampu membuat furnitur dan lebih fleksibel dengan barang-barang tersebut sangatlah penting,” kata Darrell Gardner, Direktur Pengembangan Produk di CORT Furniture Rental.
Misalnya, jika kalian ingin mengubah tampilan ruangan tanpa menghabiskan banyak biaya, kalian dapat mempertimbangkan untuk memindahkan meja kecil dari ruang tamu ke kamar tidur, atau ruang tamu untuk tampilan baru.
 
"Bufet di ruang makan kini bisa disebut lemari karena bisa digunakan di ruang tamu sebagai media stand atau bahkan di kamar tidur sebagai lemari," kata Smithe.


4. Furnitur Sebagai Ekspresi

Sama seperti aksesori yang bisa melengkapi tampilan, furnitur juga bisa menjadi sebuah statement atau ungkapan ekspresi tertentu dari penghuninya. Smithe mengatakan elemen furnitur yang ekspresif akan banyak diterapkan di rumah pada 2024.
 
Salah satunya untuk menarik perhatian tamu yang datang ke rumah, di samping menjadi media untuk mengekspresikan karakter diri. "Bisa berupa apa saja, mulai dari kursi, bufet, hingga lemari, perabot apapun yang mengubah ruangan lebih dari sekadar tempat yang membosankan," katanya.
 

Furnitur serbaguna akan semakin diminati. (Sumber gambar: Atbo/Pexels)

Furnitur serbaguna akan semakin diminati. (Sumber gambar: Atbo/Pexels)


5. Unsur Emas

Furnitur dengan unsur emas yang bisa membuat tampilan perabotan tampak mewah dan elegan juga diprediksi akan makin diminati. Beberapa furnitur utama yang akan banyak dihiasi unsur emas seperti meja, kursi, dan perabotan dapur.
 
Baca juga: 7 Hal yang Bakal Jadi Tren Desain Interior Ruang Makan 2024

"Unsur emas benar-benar mencuri perhatian. Emas terlihat sangat mempesona khususnya di dapur berwarna putih. Penambahan kursi bar berbingkai emas, bisa langsung membuat dapur terlihat lebih mewah,” kata Bertha.
1
2


SEBELUMNYA

Fakta-fakta Student Loan di Negara Maju, Mahasiswa Wajib Tahu

BERIKUTNYA

Desainer Muda Juara IYFDC Bakal Tampilkan Koleksi Budaya Betawi di Indonesia Fashion Week 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: