Ilustrasi kamar tidur. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

10 Hal yang Bakal Jadi Tren Desain Interior Kamar Tidur 2024

17 January 2024   |   16:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dalam rumah, kamar tidur harus menjadi ruang yang paling nyaman. Setelah seharian beraktivitas, setiap orang akan mencari kenyamanan di kamar tidur untuk beristirahat dan relaksasi. Oleh karena itu, kamar tidur perlu ditata dan didesain dengan tepat, agar menciptakan suasana ruang yang nyaman, tenang, dan privat.

Pada awal tahun baru ini, mungkin kalian berencana untuk mendesain dan menata ulang interior kamar tidur di rumah. Tampilan yang baru tentunya membuat suasana kamar tidur lebih segar dan nyaman. Beberapa desainer interior pun telah menyebutkan sejumlah hal yang bakal menjadi tren utama penataan kamar tidur pada 2024.

Baca juga: 7 Hal yang Bakal Jadi Tren Desain Interior Ruang Makan 2024

Sejumlah tren ini tentunya bisa menjadi referensi kalian dalam menata kamar tidur dengan lebih kekinian namun tetap menyesuaikan dengan preferensi masing-masing. Melansir dari The Spruce, berikut adalah 10 hal utama yang akan menjadi tren desain interior kamar tidur sepanjang 2024.


1. Suasana mewah yang tenang

Unsur kemewahan dengan tampilan yang tenang telah menjadi tren dalam dunia dekorasi rumah ataupun mode selama setahun terakhir. Pendiri Saga Interiors Mahsa Afsharpour mengatakan kemewahan yang tenang mewujudkan gagasan bahwa kemewahan dan kecanggihan tidak harus mencolok. Sebaliknya, berfokus pada penciptaan ruang yang tenang dan harmonis yang memancarkan suasana anggun dan bersahaja.

Afsharpour mengatakan kemewahan yang tenang akan terus diaplikasikan pada desain kamar tidur pada tahun 2024, dengan menonjolkan beberapa hal utama. Misalnya, penggunaan linen berkualitas tinggi, perabot yang tahan lama dan klasik, motif garis-garis yang bersih, bahan alami dan ramah lingkungan, serta pola yang halus.


2. Teknologi tersembunyi

Desain kamar tidur pada tahun 2024 juga diprediksi akan lebih banyak menerapkan perlengkapan teknologi dengan penataan yang lebih tersembunyi dan rapi. Afsharpour mengatakan menjadi bagian dari menciptakan suasana mewah yang tenang, orang-orang akan lebih banyak menghadirkan alat-alat dan perabotan canggih di dalam kamar.

"Pertimbangkan untuk menyembunyikan teknologi secara mulus di kamar tidur untuk menjaga tampilan tetap bersih dan rapi. Stasiun pengisian daya internal, pencahayaan cerdas, dan sistem hiburan tersembunyi adalah pilihan yang sangat baik," katanya.
 

Ilustrasi kamar tidur. (Sumber gambar: Sidekix Media/Unsplash)

Ilustrasi kamar tidur. (Sumber gambar: Sidekix Media/Unsplash)


3. Perpaduan desain lama dan baru

Perpaduan desain lama dan baru seperti vintage dan kontemporer juga diprediksi akan banyak hadir dalam penataan kamar tidur pada tahun ini. Pendiri Hearth and Honey Margie Kaercher mengatakan memadukan barang-barang modern dan vintage seringkali dapat membuat ruangan terasa terkurasi dan lengkap.

“Saya sangat percaya bahwa setiap ruangan harus menceritakan sebuah kisah, dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah menggabungkan benda-benda yang memiliki sejarah, makna, dan karakter. Kunjungi toko barang bekas atau pasar loak untuk mencari barang unik yang penuh unik," katanya.


4. Langit-langit gelap & berlapis kertas dinding

Banyak orang diprediksi juga akan mulai mendesain langit-langit kamar tidur dengan nuansa gelap dan murung. Taylor Fusco, Pendiri Tay Fusco Design mengatakan menata langit-langit kamar adalah salah satu cara untuk membuat ruangan terasa lebih nyaman.

Menurutnya, banyak orang kini menggunakan wallpaper atau aksen gelap pada bagian langit kamar tidur yang bisa menambahkan dimensi pada ruangan. "Daripada empat dinding memiliki wallpaper atau aksen gelap, yang ada hanyalah satu [namun] menarik perhatian dan menambahkan lebih banyak dimensi pada ruangan mereka," katanya.


5. Perpaduan warna 

Nicole Arruda, Pendiri Nicole Alexandra Design Studio mengatakan ruangan dengan sedikit warna kini sudah mulai ditinggalkan dalam penataan interior kamar tidur. Meski ruang tidur harus tetap menjadi ruangan yang menenangkan, jangan segan untuk memadukan warna-warna seperti hijau pucat, kuning pastel, merah jambu, nuansa biru, bahkan merah. "Warna yang tepat akan terasa ceria dan mewah,” ujarnya.

Lindsay Atapattu dari LEB Interiors setuju dengan pendapat tersebut dan mengantisipasi peningkatan penggunaan lembaran bermotif dan berwarna-warni pada interior kamar pada tahun depan. “Saya sangat menyukai sprei bermotif kecil dengan latar belakang putih, selimut yang nyaman, dan selimut lipat di bagian bawah tempat tidur,” kata Atapattu.
 

Ilustrasi kamar tidur dengan desain vintage dan kontemporer. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

Ilustrasi kamar tidur dengan desain vintage dan kontemporer. (Sumber gambar: Pixabay/Unsplash)


6. Desain bunga & botani

Penataan kamar tidur dengan lebih banyak menerapkan desain yang terinspirasi dari alam diprediksi bakal menjadi tren pada tahun ini. Hal itu diimplementasikan pada beberapa elemen seperti tempat tidur, karya seni, dan kertas dinding (wallpaper). Motif-motif alam seperti bunga dan botani dianggap sebagai corak klasik yang abadi (timeless), sehingga cocok digunakan di kamar tidur baik untuk kalangan muda, paruh baya, atau lebih tua. 


7. Perabotan unik

Perabotan unik yang menonjolkan kesan berani dan nyentrik selama ini mungkin lebih banyak ditemukan di ruang tamu atau ruang keluarga. Perabotan semacam itu diprediksi akan banyak ditemukan di kamar tidur pada tahun ini. Misalnya, kursi beraksen melengkung, karya seni berskala besar, dan bermin antik.


8. Banyak tekstur

Permainan tekstur juga akan lebih banyak mendapatkan perhatian untuk penataan kamar tidur tahun ini. Desain dengan tekstur berlapis di kamar tidur misalnya bisa ditemui di beberapa elemen seperti karpet wol tebal, material kayu alami, dinding kapur, linen bersih, dan bahan beludru.


9. Desain monokromatik

Desain monokromatik yang telah menjadi tren selama beberapa tahun terakhir akan terus populer pada tahun ini, termasuk diterapkan pada kamar tidur. Kunci untuk menghadirkan desain satu ini pada kamar adalah dengan menggunakan banyak tekstur dan bahan berbeda, yang menambah dimensi pada ruang dan menjaganya agar tidak tampak monoton.


10. Pola geometris

Banyak orang diprediksi juga akan mulai mendekor kamar tidur secara maksimal dengan menerapkan pola geometri. Desainer Phyllis Lui dari Kalu Interiors mengatakan bahwa penerapan desain geometris pada dinding fitur di belakang tempat tidur akan banyak ditemui pada tahun ini.

Dia menyarankan untuk mendapatkan tampilan tersebut, penghuni rumah bisa menggunakan wallpaper atau pelapis kayu berbentuk geometris. Namun, jika ingin lebih menghemat biaya, bisa menggunakan stensil. "Ini memberikan unsur menarik dan kedalaman pada ruang," katanya.

Baca juga: 7 Hal yang Bakal Jadi Tren Desain Interior Ruang Tamu 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ingin Kembalikan Kejayaan Genre Melayu, Habib Alfin Siap Rilis Lagu Baru Tahun Ini

BERIKUTNYA

Cek Spesifikasi dan Harga POCO X6 yang Dilengkapi Snapdragon 7s Gen 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: