Ilustrasi ruang makan. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

7 Hal yang Bakal Jadi Tren Desain Interior Ruang Makan 2024

03 January 2024   |   16:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ruang makan menjadi salah satu ruangan penting dalam rumah. Lebih dari sekadar tempat untuk makan, ruang tersebut biasanya juga sering digunakan sebagai spot untuk berkumpul dengan keluarga. Pentingnya fungsi ruang makan tentunya membuat ruangan satu ini perlu didesain dengan nyaman.

Biasanya, ruang makan didesain mengikuti dari keseluruhan penataan ruangan di dalam hunian agar terciptanya interior yang harmonis. Namun, tak sedikit juga orang yang mendesainnya dengan mengadaptasi berbagai gaya lalu menggabungkannya, hingga menjadi sebuah corak desain baru yang otentik.

Baca juga: 7 Hal yang Bakal Jadi Tren Desain Interior Ruang Tamu 2024

Pada awal tahun baru ini, mungkin kalian berencana untuk mendesain dan menata ulang interior ruang makan di rumah. Tampilan yang baru tentunya membuat suasana ruang makan lebih segar dan nyaman. Beberapa desainer interior pun telah menyebutkan beberapa hal yang bakal menjadi tren utama pada penataan ruang makan pada 2024.

Ruang makan formal dan desain tradisional diperkirakan bakal kembali hadir pada 2024, namun dengan sentuhan yang lebih segar dan fungsional. Bagi kalian yang sedang membutuhkan referensi, berikut adalah 7 tren desain interior ruang makan pada 2024 seperti dilansir dari The Spruce.


1. Pencahayaan mencolok

Pengaplikasian pencahayaan yang mencolok telah menjadi tren dalam desain interior dalam beberapa tahun terakhir, dan diprediksi akan terus disukai begitupun pada ruang makan. Hal ini umumnya ditandai dengan penggunaan kaca bening besar sebagai pengganti dinding, yang mengarah ke halaman belakang sehingga cahaya matahari masuk secara bebas ke dalam ruangan.

Pencahayaan yang mencolok menciptakan titik fokus dramatis dalam desain ruang makan, sekaligus memberikan efek tinggi pada ruangan. Selain penggunaan kaca yang besar, perabotan yang bisa digunakan untuk menunjang pencahayaan misalnya lampu gantung berukuran besar atau liontin yang dirancang khusus. Selain menerangi ruang makan, lampu-lampu itu juga berfungsi sebagai karya seni.
 

Ilustrasi ruang makan dengan pencahayaan mencolok. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

Ilustrasi ruang makan dengan pencahayaan mencolok. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)


2. Cat dinding cerah

Warna-warna minimalis seperti putih diprediksi akan mulai berkurang diaplikasikan pada dinding ruang makan. Sebaliknya, tahun ini akan ada banyak eksplorasi dinding dengan warna cat yang berani dan cerah, yang bisa menciptakan kesan dramatis sekaligus canggih. Warna-warna seperti biru tua, hijau zamrud, dan berry bisa dipadukan dengan aksen metalik dan kain mewah. Palet tersebut bisa memberikan suasana nyaman dan intimate, cocok untuk pengalaman bersantap yang elegan.


3. Pelindung dinding

Elemen pelindung dinding seperti wallpaper, panel dinding, kertas bertekstur 3D, cetakan dekoratif, fitur batu, dan lainnya akan menjadi tren desainer interior pada ruang makan pada 2024. Pilihan pelindung dinding yang beragam itu membuat cocok untuk diaplikasikan untuk hampir semua gaya desain. 

Selain merawat dan melindungi dinding, elemen dekorasi tersebut juga secara instan menambah kedalaman dan kepribadian pada suatu ruang. Warna-warna berani, pola bunga, serta tekstur dan material alami disebut bakal mewarnai desain interior di banyak ruang makan pada tahun ini.


4. Pelapis kursi makan

Pelapis pada furnitur ruang makan seperti kursi berlapis kain menjadi ciri khas desain tradisional. Namun, selama bertahun-tahun, banyak pemilik rumah menghindari pelapis karena alasan praktis, terutama jika mereka memiliki anak atau hewan peliharaan di rumah. Kini, setelah perfomance fabric atau kain performa tersedia secara luas, beragam pola dan warna, serta mudah diakses, kain pelapis disebut akan kembali populer.

Kursi makan berlapis kain dengan tekstur dan pola yang bervariasi adalah cara yang bagus untuk menghadirkan kedalaman dan karakter pada ruang makan, dan merupakan sesuatu yang semakin dicari oleh pemilik rumah pada 2024.
 

Ilustrasi ruang makan dengan konsep terbuka. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

Ilustrasi ruang makan dengan konsep terbuka. (Sumber gambar: Francesca Tosolini/Unsplash)


5. Kursi makan seperti sofa

Kursi makan memanjang seperti sofa yang biasanya diletakkan di sudut ruangan atau kombinasi dapur dan ruang makan, akan mulai populer diaplikasikan pada 2024. Tidak hanya fungsional, hemat ruang, dan nyaman, namun tempat duduk jamuan makan semacam itu juga memberikan kesempatan untuk berkreasi dengan bahan dan menambahkan elemen ekstra pada desain ruang makan.


6. Ruang makan terbuka

Ruang makan yang formal dan terkesan tertutup akan mulai ditinggalkan pada tahun ini. Sebaliknya, banyak desain kini justru menciptakan ruang makan berkonsep terbuka yang luas. Konsep tersebut dibuat untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, serta memfungsikan ruang makan sebagai spot berkumpul keluarga.

Tak ada salahnya untuk menambahkan elemen bar personal, piano, area tempat duduk santai, rak buku, atau apapun yang sesuai dengan kepribadian kalian, sehingga terciptalah ruang komunal yang sejuk. Lengkap dengan penataan dinding yang menyenangkan, pencahayaan yang menarik, desain lantai yang keren, atau permadani yang unik.


7. Utamakan fungsionalitas

Unsur fungsionalitas menjadi prioritas di banyak area rumah, sehingga tidak mengherankan jika hal tersebut juga menjadi prioritas dalam desain ruang makan. Meja yang dapat dipanjangkan, lemari built-in untuk penyimpanan tambahan, kursi serbaguna, dan banyak lagi adalah cara bagus untuk menambahkan lebih banyak fungsi ke ruang makan. Tren ini sejalan dengan konsep menciptakan ruang yang serbaguna.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Fitur Canggih di Samsung Galaxy S24, Pre Order Dibuka 18 Januari

BERIKUTNYA

5 Film Terbaik Karya Sutradara Hirokazu Kore-eda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: