Ilustrasi musik (Sumber gambar: Unsplash/Paulette Wooten)

Kaleidoskop 2023: Lagu dan Video Klip Indonesia Paling Populer Sepanjang Tahun

27 December 2023   |   15:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Industri musik Indonesia terus menunjukkan tajinya dengan konsisten melahirkan karya-karya berkualitas. Ada banyak musisi lokal yang melakukan sejumlah eksplorasi bermusik secara ciamik dan merilis lagu-lagu terbaiknya sepanjang 2023 ini.

Ada yang berkolaborasi dengan sesama musisi ternama. Ada musisi baru yang langsung mencuri perhatian. Di sisi lain, musisi ternama pun masih mempertahankan eksistensinya di belantika musik Indonesia yang makin berwarna ini.

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Catatan Peristiwa Kesehatan di Indonesia, ISPA Meningkat

Dari sejumlah lagu dan video klip yang dirilis sepanjang 2023, beberapa di antaranya menjadi begitu populer dan didengarkan ratusan juta kali. Berikut ini adalah beberapa daftar lagu dan video klip yang booming sepanjang 2023 ini berdasarkan catatan layanan streaming Spotify dan YouTube.


Lagu Indonesia Paling Populer 2023


1. Tak Segampang Itu

Tak Segampang Itu adalah lagu yang dipopulerkan oleh Anggi Marito. Lagu yang dibawakan oleh salah satu lulusan Indonesia Idol 2021 ini bercerita tentang seseorang yang masih teringat dengan masa lalu. Dalam lagu ini, terekam perasaan menyentuh tentang seseorang yang sulit memulai hubungan dengan orang baru.

Lagu yang membawa nuansa galau ini sempat viral di berbagai platform digital. Di Spotify, lagu ini telah didengarkan lebih dari 318 juta kali. Sementara itu, video klipnya ditonton lebih dari 107 juta kali di YouTube.

Baca juga: Kenalan dengan 10 Artis Baru dari Radar Indonesia Spotify, Ada Anggi Marito Hingga Stereo Wall


2. Komang

Lagu Komang yang dibawakan oleh Raim Laode menjadi salah satu yang begitu populer tahun ini. lagu ini ramai dijadikan backsound khusus di TikTok maupun media sosial lain. Salah satu alasannya adalah karena liriknya yang puitis.

Judul lagu Komang juga diambl dari nama istri dari sang penyanyi. Lagu ini menjadi salah satu bentuk kekagumannya kepada sang istri. Di Spotify lagu Komang telah didengarkan lebih dari 276 juta kali. Sementara itu, video lirik official-nya di Youtube ditonton lebih dari 89 juta kali.

Baca juga: 5 Fakta Raim Laode, Pencipta Lagu Komang yang Viral di TikTok


3. Sial

Lagu Sial dirilis pada Maret 2023. Lagu ini merupakan salah satu single dari album terbaru Mahalini bertajuk Fabula. Di Spotify, lagu ini telah didengarkan lebih dari 271 juta kali. Video klip ini juga telah ditonton lebih dari 83 juta kali. Tak pelak, lagu ini juga berhasil menempati posisi tiga untuk Indonesia Top Local Song of the Year 2023.

Melalui lagu ini, Mahalini seolah ingin mengajak para pendengarnya untuk lebih bijak dan berhati-hati dalam urusan asmara. Sebab, lagu Sial bercerita tentang hubungan cinta yang ternyata hanya sementara.


4. Kau Rumahku

Kau Rumahku merupakan lagu dari Raissa Anggiani. Lagu ini menggambarkan pasangan seperti rumah, tempat seseorang selalu kembali meski telah pergi jauh. Lagu ini menyiratkan hubungan yang mendalam. Di Spotify, lagu ini telah berhasil menembus lebih dari 200 juta kali streaming. Tidak hanya di Indonesia saja, lagu ini juga didengarkan di sejumlah negara lain.


5. Tertawan Hati

Tertawan Hati yang dibawakan oleh Awdella juga menjadi lagu yang populer tahun ini. lirik lagu ini memiliki makna yang dalam tentang seorang perempuan yang sudah merasa lelah ketika menjalani hubungan dengan kekasihnya. Lagu ini telah didengarkan lebih dari 210 juta kali di Spotify. Lagu ini juga berhasil unjuk gigi di AMI Awards dengan membawa piala untuk kategori Video Musik Favorit.


Video Musik Paling Populer 2023


1. NDX AKA – Nemen HipHop Dangdut Version

Lagu Nemen yang dibawakan oleh NDX AKA versi hiphop dan dangdut viral di YouTube. Video musiknya yang dirilis pada 21 Mei 2023 ini telah ditonton lebih dari 97 juta kali dan menjadi yang paling populer di Indonesia tahun ini.

Namun, lagu Nemen sebenarnya bukan ciptaan NDX AKA. Lagu ini diciptakan oleh Gildcoustic, lalu dibawakan ulang oleh NDX AKA. Lagu ini bercerita tentang patah hati yang dialami oleh seseorang lantaran kekasihnya berselingkuh di tengah-tengah perjuangan yang sedang dilakukannya.


2. Komang – Raim Laode Lyric Official

Lagu Komang yang dibawakan Raim Laode tak hanya populer di Spotify, tetapi juga di YouTube. Video klipnya sepanjang tahun ini telah ditonton sebanyak 89 juta kali sejak pertama kali diunggah pada 22 Februari 2023. Dalam deskripsi videonya, Raim Laode mengatakan kalau lagu ini menjadi tembang yang proses pembuatnya cukup lama. Dirinya berharap lagu ini bisa menjadi teman di kala seseorang sedang kasmaran.


3. Arlida Putri ft. Dike Sabrina – Ikan Dalam Kolam

Di urutan ketiga, ada lagu dangdut. Video klip lagu berjudul Ikan Dalam Kolam yang dibawakan oleh Arlida Putri FT Dike Sabrina menjadi yang cukup viral tahun ini. Dirilis pada 12 Februari 2023, video klip resmi dari lagu ini telah ditonton lebih dari 72 juta kali.

Lagu Ikan Dalam Kolam ditulis oleh Husein Bawafie. Lagu ini bercerita tentang cara merayu seorang gadis pendiam yang sedang ditaksirnya. Dalam lagu ini, proses rayuan tersebut mesti dilakukan berbeda dan perlu strategi khusus.


4. Mahalini – Sial

Video klip Sial yang dibawakan Mahalini menjadi salah satu yang paling banyak ditonton sepanjang 2023. Dirilis pada 31 Maret 2023, video klip lagu ini telah ditonton lebih dari 83 juta kali dan telah disukai 241 ribu kali.

Konsep video musik lagu ini cukup unik. Mahalini mengajak beberapa pendengar lagu album Fabula untuk terlibat di video musiknya. Dari banyaknya cerita yang masuk, ada empat kisah true story yang diambil untuk mewakili lagu Sial di dalam video musik ini.


5. Virgoun – Saat Kau Telah Mengerti

Video klip Saat Kau Telah Mengerti telah ditonton sebanyak 65 juta kali sepanjang tahun ini. Dirilis pertama kali pada 13 Januari 2023, musik video ini telah disukai oleh lebih dari 561 ribu orang. Adapun, lagu yang diaransemen oleh Tohpati ini membawa nuansa musik yang lembut dan ringan. Lagu ini berisikan pesan seorang Ayah kepada anak-anaknya, khususnya anak perempuan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Profil Sir Jim Ratcliffe, Pemilik Baru Manchester United yang Berambisi Bawa Klub Berjaya Kembali

BERIKUTNYA

Kaleidoskop 2023: Pelaku Seni yang Tutup Usia Sepanjang Tahun, Ada Nani Wijaya & Djoko Pekik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: