Ragam kuliner. (Sumber gambar : Freeepik)

Dari Korea Hingga Lokal, Intip Makanan Viral Sepanjang 2022

14 December 2022   |   16:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tren kuliner berkembang dari waktu ke waktu. Begitu pula inovasi yang memunculkan cita rasa dan ragam bentuk baru serta unik. Sepanjang 2022, ada sejumlah kuliner yang kemudian viral dan diburu masyarakat. Ada makanan lokal yang muncul, dikembangkan, hingga kembali diminati.

Tidak sedikit pula makanan dari luar negeri, terutama dari Korea yang hadir dan membuat banyak orang penasaran. Viralnya makanan tersebut tidak lepas dari media sosial, konten mukbang, dan drama Korea yang menjadi tontonan selama pandemi Covid-19.

Baca juga4 Rekomendasi Seru Wisata Belanja & Kuliner di Hong Kong

Nah, berikut ini sejumlah makanan yang viral selama 2022 versi Hypeabis.id. 


1. Tteokbokki

Tteokbokki (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

Tteokbokki (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

Kuliner asal Korea Selatan ini masih viral dan diburu masyarakat selama 2022. Terbuat dari tteok atau tepung beras yang diuleni kemudian dibentuk seperti batang dan memanjang, camilan ini selalu muncul di dalam drama Korea.  

Tteokbokki biasanya disajikan dengan saus gochujang dengan cita rasa pedas manis. Tidak jarang pula, saat memakan hidangan dari era Dinasti Joseon ini ditambahkan dengan odeng. 

Saat ini Tteokbokki cukup mudah didapatkan. Makanan ini dijajakan dari jalanan hingga pusat perbelanjaan. Bahkan beberapa brand asal Indonesia pun menjualnya dalam bungkusan yang sudah dilengkapi bumbu. 


2. Korean Fish Cake

Korean Fish Cake (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

Korean Fish Cake (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)


Jajanan yang cukup viral di TikTok beberapa waktu lalau ini terbuat dari tepung, daging ikan yang dihaluskan, dan sayur seperti wortel. Biasanya di dalamnya diisi sosis, crab stick, hingga keju mozarella. 

Adonan Korean Fish Cake yang sudah jadi kemudian digoreng. Makannya bisa dicocol dengan saus, ada pula yang menambahkan kuah kaldu dan mencampurkannya dengan odeng.


3. Natto

Natto (Sumber gambar : Instagram/Mitsuwa Marketplace)

Natto (Sumber gambar : Instagram/Mitsuwa Marketplace)


Paruh pertama 2022, pengguna TikTok melakukan tantangan memakan natto. Ini adalah hidangan Jepang, terbuat dari kedelai yang difermentasikan. 

Secara tradisional, natto dibuat dengan membungkus kedelai yang telah direbus dalam jerami padi. Jerami itu mengandung bakteri bacillus subtilis di permukaannya. 

Namun seiring waktu dan modernisasi, penggunaan jerami sebagai alat bungkus diganti dengan kotak styrofoam. Bakteri bacilus subtilis dapat langsung ditambahkan ke kedelai rebus untuk memulai proses fermentasi.

Tidak seperti tempe, kuliner ini memiliki tekstur yang berlendir, lengket, dan berserabut. Rasanya agak pedas dan aromanya cukup menyengat. Bagi yang pertama kali mencoba, mungkin langsung mengatakan natto beraroma busuk. 

Walaupun demikian, natto kaya akan vitamin dan mineral. Lauk pelengkap nasi yang biasanya diberi kecap, mustard, daun bawang, atau bumbu lainnya ini mengandung protein yang tinggi. 


4. Mie Gacoan

Mie Gacoan (Sumber gambar : Twitter/Devina Hermawan)

Mie Gacoan (Sumber gambar : Twitter/Devina Hermawan)


Kali ini ada kuliner asal Indonesia yang juga viral pada 2022. Bahkan hingga kini banyak orang mengantre untuk mendapatkannya. 

Kuliner itu adalah Mie Gacoan, makanan berbahan dasar mie yang disajikan dengan bumbu pedas dan pangsit goreng. Selain harganya yang sangat terjangkau, yakni pada kisaran Rp6.500-Rp15.000, ada beragam menu yang menggugah selera. 

Berasal dari Jawa Barat, Mie Gacoan memiliki pilihan sajian mi seperti populer yang menawarkan cita rasa pedas khas Indonesia seperti Mie Angel, Mie Setan, dan Mie Iblis. Porsinya juga terbilang cukup besar, terdiri dari mi keriting dan daging ayam cincang. Menu lain yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah Udang Rambutan dan Pangsit Goreng. Sayangnya belakangan kuliner ini diterpa isu tidak halal.


5. Sambal Bakar 

Sambal Bakaar (Sumber gambar : Sambal Bakar Indonesia)

Sambal Bakaar (Sumber gambar : Sambal Bakar Indonesia)


Sambal memang tidak bisa dilepaskan dari kuliner khas Indonesia. Dari beragam jenis dan penyajian, sambal bakar cukup viral pada tahun ini. Terutama sambal bakar hasil kreasi TikToker bernama Benjamin Master Adhisurya alias Iben Ma. 

Dia menghadirkan sebuah tempat makan yang diberi nama Sambal Bakar Indonesia. Tiktoker dengan jumlah pengikut lebih dari 7 juta orang ini mengkreasikan jenis sambal berbeda dengan sambal pada umumnya. Sebab, pengunjung dapat langsung menikmati hidangan di atas cobek yang sebelumnya dibakar terlebih dahulu di atas kompor.

Sambal Bakar yang dikembangkannya ini  juga mempunyai daya tarik tersendiri karena menu yang dihadirkan bervariasi dengan harga yang ramah di kantong. "Menariknya lagi, pengunjung dapat memilih tingkat kepedasan sesuai selera," ucapnya beberapa waktu lalu.

Baca jugaIcip 3 Kuliner Lokal Kaya Nutrisi, Bisa Cegah Kondisi Stunting

Untuk melengkapi hidangan yang disediakan, Sambal Bakar juga menjual berbagai macam lauk pauk. Bukan hanya daging ayam, tetapi ada pula berbagai hidangan lainnya seperti ikan gurame, cumi, iga bakar, paru, kulit, usus, kikil, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Genhype juga bisa mencicipi sejumlah lauk yang jarang ditemui ditempat lain yaitu daging burung dan baby crab. Rasanya mantab jika dipadukan dengan sambal yang dibakar di atas cobek panas. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Melihat Geliat Parfum Lokal yang Makin Digemari di Dalam Negeri

BERIKUTNYA

Ingin Nyobain Wisata Paralayang? Segini Biayanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: