Jakarta Fashion Week 2023. (Sumber gambar: JFW/Benang Jarum)

Kaleidoskop: Desain Mode Inovatif dan Berkelanjutan Warnai Gelaran Fesyen Global 2022

17 December 2022   |   19:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Industri fesyen semakin menunjukkan jati dirinya sepanjang tahun 2022. Banyak tren fesyen terbaru yang hadir dan digemari warga dunia. Bahkan ragam jenama dan brand fashion dalam negeri pun berhasil mengelora sepanjang tahun menunjukkan kreativitasnya di panggung fashion show. Pulihnya pandemi Covid-19 membuat gelaran fashion show pun dilakukan secara tatap muka.
 
Hal ini pun membuat setiap penikmat fesyen berkesempatan melihat lebih dekat bagaimana tampilan detail dan material sebuah produk yang dibesut oleh para desainer. Hypeabis.id merangkum beberapa gelaran fashion show yang paling bergengsi baik di Indonesia dan mancanegara. Yuk simak!

Baca juga: Sukses Jaring 20.000 Pengunjung, Penyelenggara Siap Bawa Fashion Unik pada JFW 2024
 

1. Copenhagen Fashion Week 2022

Sebagaimana kebanyakan negara penggiat fesyen memiliki empat musim, konsep fashion show yang demikian pun diterapkan atas panggung. Copenhagen merupakan salah satu kota yang menerapkan konsep busana empat musim tersebut. Mereka membuka seluruh rangkaian gaya musim gugur dan musim semi dalam Copenhagen Fashion Week Fall/Winter 2022 pada 1-4 Februari 2022. Untuk gelaran fashion show di musim semi dan musim panas, Copenhagen Fashion Week Spring/Summer dilangsungkan pada 8-12 Agustus 2022. Fashion show ini didominasi oleh busana dengan warna yang terang dan mengedepankan street style. Beberapa jenama juga membawa fashion ala Scandinavia yang sedang naik daun.
 

2. New York Fashion Week 2022

Sepekan setelah fashion show di Copenhagen, salah satu ajang terkenal lainnya yaitu New York Fashion Week turut hadir meramaikan tren busana musim gugur dan musim salju pada 10-14 Februari 2022. Mereka menampilkan banyak desainer Amerika yang membawa banyak tampilan brand fesyen ternama seperti Tory Burch, Coach, Michael Kors, dan lainnya. Untuk busana musim semi dan musim panas, New York Fashion Week Spring/Summer 2022 berlangsung pada 9-14 September 2022 membawakan banyak koleksi dengan panduan warna cerah.
 

3. London Fashion Week 2022

Pameran busana musim gugur dan musim salju London Fashion Week berlangsung pada 18-22 Februari 2022. Panggung London lebih membawa nuansa busana trendy dan edgy dimana nuansa bold bertemu dengan konsep romantis. Khusus tampilan busana musim semi dan musim panas, London Fashion Week 2022 menghadirkan banyak nama desainer muda seperti Emilia Wickstead, Simone Rocha, hingga Molly Goddard. Selain itu, ada jenama Paul & Joe, Isabel Manns, OXFAM, dan banyak lainnya yang membawa desainer muda mereka.
 

4. Milan Fashion Week 2022

Tepat setelah London Fashion Week rampung, gelaran fashion show lainnya muncul di salah satu kota yang terkenal dengan tren fashionnya, Milan. Berlangsung 22-28 Februari untuk sesi Fall/Winter dan untuk sesi Spring/Summer pada 20-26 September 2022, Milan Fashion Week 2022 menyajikan ragam jenama Paris yang terkenal seperti Fendi, Max Mara, Prada, Moschino,Gucci, Versace, dan banyak lainnya. Ada juga Bottge Veneta yang membawakan koleksi pertama dari tangan desainer Matthieu Blazy.


5. Paris Fashion Week 2022

Puncak ajang fashion show tingkat dunia berakhir di Paris. Sebuah kota yang dikenal menggerakan transformasi fesyen bagi dunia. Banyak desainer menunjukkan karya terbaiknya untuk busana musim gugur dan musim salju pada 1-8 Maret 2022. Sementara koleksi busana musim semi dan musim panas ditampilkan pada 9-14 September 2022. Mulai dari Louis Vuitton, Chanel, Of/White, Dior, Saint Laurent, dan lainnya berhasil membawa tren-tren fesyen nyentrik dalam ragam musim selama gelaran Paris Fashion Week 2022 berlangsung.
 

6. Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023

Tidak hanya mancanegara, semangat industri fesyen juga turut hadir di tanah air. Menyikapi banyaknya wanita berhijab di Indonesia, Jakarta Muslim Fashion Week 2022 hadir menjawab lahirnya tren busana hijab terbaru yang semakin modern. Berlangsung mulai 20-22 Oktober 2022 di ICE BSD, Tangerang. Panggung JMFW diisi oleh banyak jenama yang membawa ragam koleksi elegan hingga mewah dengan ragam siluet yang menampilkan keanggunan ala wanita Indonesia. Beberapa brand lokal yang mengisi JMFW 2023 adalah Khanaan, Buttonscarves X Benang Jarum, Jenna & Kaia, hingga parade khusus dari SMA dan Sekolah tinggi yang bergelut di bidang fesyen.
 

7. Jakarta Fashion Week (JFW) 2023

Jakarta Fashion Week 2023 menjadi malam puncak fashion show yang bergengsi di Jakarta. Mereka membawa banyak talenta desainer baru dalam busana yang lebih umum. Berlangsung mulai 24-30 Oktober 2022 di City Hall, PIM 3, Jakarta, JFW 2023 membawa banyak koleksi yang unik dengan cutting yang berbeda dari ragam desainer. Tidak hanya membawa busana tren terbaru, panggung JFW 2023 menjadi ajang bagi tercetusnya isu kesetaraan mulai dari hadirnya busana-busana bagi orang berkebutuhan khusus hingga koleksi busana pria yang lebih fleksibel dalam men’s fluid.

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Resep Steak BBQ Juicy, Cocok untuk Tahun Baruan di Rumah 

BERIKUTNYA

Kaleidoskop 2022: Smartphone Paling Populer & Ditunggu Sepanjang Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: