Sir Jim Ratcliffe. (Sumber foto: INEOS)

Profil Sir Jim Ratcliffe, Pemilik Baru Manchester United yang Berambisi Bawa Klub Berjaya Kembali

27 December 2023   |   12:21 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Pengusaha ternama Sir Jim Ratcliffe resmi menjadi salah satu pemilik Manchester United setelah mengakuisisi 25 persen saham kelas B dari klub sepak bola tersebut. Ini menandai era baru tim berjuluk Setan Merah yang sebelumnya dikuasai oleh keluarga Glazers.

Setelah jadi pemilik baru yang sah, Ratcliffe langsung menyampaikan hasratnya untuk mengembalikan kejayaan Manchester United. Dia ingin klub yang bermarkas di Old Trafford ini kembali menjadi tim terbaik di dunia.

Baca juga: Sir Jim Ratcliffe Jadi Pemilik Baru Manchester United, Begini Target Jangka Panjangnya

Ambisi Ratcliffe tidak berasal dari ruang hampa. Pria berumur 71 tahun ini diketahui lahir di Failsworth, Inggris. Tempat asalnya ini masih menjadi bagian dari wilayah Greater Manchester. Sebagai warga lokal, dia pun ingin melihat tim kebanggaannya kembali meraih prestasi terbaiknya.

Dalam berbagai kesempatan, Ratcliffe juga kerap menganggap dirinya sebagai anak daerah yang akan mendukung Manchester United seumur hidupnya. Latar belakang yang kuat ini membuatnya tampak memiliki ambisisi yang besar pada klub barunya ini.

Dia pun berjanji akan melakukan pengelolaan tim yang lebih profesional untuk klub ini. Sebuah langkah awal sebelum membuat tim ini menapaki performa terbaiknya kembali, setidaknya seperti era Sir Alex Ferguson.

Di dunia bisnis olahraga, Ratcliffe bukanlah orang baru. pada 2019, dia pernah mengakuisisi klub Ligue 1 Prancis, OGC Nice, dengan nilai sekitar Rp1,8 triliun. Dia juga memiliki klub Lausanne, salah satu tim di liga Swiss.
 

Sir Jim Ratcliffe (Sumber gambar: ineos.com)

Sir Jim Ratcliffe (Sumber gambar: ineos.com)


Tak hanya sepak bola, Ratcliffe juga diketahui memiliki kepemilikan saham di tim F1 Mercedes. Dengan bekal pengelolaan tim olahraga ini, dia pun bersiap memperbaiki klub sepak bola tanah kelahirannya tersebut.

Terlebih, tak hanya piawai dalam hal pengeloaan klub olahraga, pebisnis ternama asal Inggris ini juga diketahui punya modal logistik yang kuat. Pada Desember 2023, namanya masih tercatat sebagai orang terkaya di Inggris nomor 78 dunia versi Forbes.

Selain bisnisnya di olahraga, Ratcliffe juga memiliki lini bisnis di perusahaan INEOS. Perusahaan ini memproduksi bahan kimia mentah untuk keperluan kemasan obat, perlengkapan mandi, furnitur, dan sebagainya.

Kekayaannya mencapai US$23,3 miliar. Oleh karena itu, era baru Manchester United telah dimulai pada tahun ini. Dengan kepemilikan seperempat saham, Racliffe berhak ikut campur dalam berbagai operasional tim ini.

“Sebagai warga lokal dan pendukung setia klub, saya sangat senang bahwa kami dapat menyetujui kesepakatan dengan Dewan Manchester United yang mendelegasikan tanggung jawab pengelolaan operasional sepak bola kepada kami,” ungkap Sir Jim Ratcliffe dalam keterangan tertulis Manchester United, dikutip Hypeabis.id, Rabu (27/12).

Dalam pernyataan pertamanya usai jadi pemilik sah, Ratcliffe ingin memenangkan trofi tertinggi bersama klub ini. Dia pun berkomitmen mengerahkan dukungan penuh dari grup INEOS Sports kepada Manchester United, termasuk menyediakan dana untuk investasi masa depan.

Dia berharap ke depan Manchester United bisa kembali ke posisi semula. Yakni, menjadi tim sepak bola yang memuncaki klasemen Liga Inggris serta bisa jadi juara di Eropa dan dunia.

“Kami berada di sini untuk jangka panjang dan menyadari bahwa banyak tantangan dan kerja keras yang terbentang di depan, yang akan kami dekati,” harapnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

10 Video Klip K-Pop yang Paling Banyak Ditonton di YouTube 2023

BERIKUTNYA

Kaleidoskop 2023: Lagu dan Video Klip Indonesia Paling Populer Sepanjang Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: