Raim Laode (Sumber gambar: Spotify)

5 Fakta Raim Laode, Pencipta Lagu Komang yang Viral di TikTok

14 April 2023   |   15:40 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
La Ode Raimudin, nama asli Raim Laode, awalnya dikenal sebagai seorang komika. Lelaki kelahiran 28 April 1994 ini mengawali karier hiburannya dengan mengikuti acara Stand Up Comedy Academy musim ke 2 (SUCA 2) yang diadakan oleh salah satu siaran TV swasta.

Kini Raim semakin terkenal berkat melejitnya lagu buatannya, Komang. Sebenarnya Komang merupakan single ke enam Raim Laode selama berkarir di dunia musik sejak 2018. Sempat terlupa, lagu ini menjadi viral di media sosial, dengan banyak pengguna TikTok yang membuat video dengan lagu ini sebagai latar belakang musik.

Baca juga: Makna Lagu Kunang-Kunang, Single Terbaru dari D'Cinnamons

Lagu Komang memiliki lirik yang sangat memikat hati setiap pendengarnya, terutama ketika lirik “Sebab kau terlalu indah dari sekedar kata”. Rasanya hati pendengar jadi nyess.

Selain menjadi komika dan penyanyi, Sarjana Pendidikan Sejarah Universitas Halu Oleo ini juga memulai kariernya di bidang film. Berikut beberapa fakta menarik tentang Raim Laode yang dikumpulkan Hypeabis.id.
 

1. Pelawak yang Nyeni

Raim Laode memulai karier di dunia hiburan sebagai komedian. Dirinya mulai dikenal publik setelah berhasil lolos audisi Stand Up Comedy Academy musim kedua (SUCA 2) di Makassar pada 2016. Bahkan, dia sukses menyingkirkan sang kakak yang juga komika, Boy Laode, dan masuk babak 4 besar.

Namun, sebenarnya Raim Laode memiliki impian untuk menjadi musisi. Memang sebelum menjadi komika, Raim sudah aktif dalam bermusik, termasuk membuat lagu dan bernyanyi.

Single perdananya yang berjudul Cemburu dirilis pada tanggal 6 Oktober 2018, diikuti oleh Suasana Rumah (2019), Salah (2019), dan Su Terlalu Lama yang dibawakan bersama Rizky Teng (2021). Pada tahun 2022, ia merilis lagu terbarunya yang sangat populer berjudul Komang.


2. Arti Romantis Lagu Komang

Ada makna mendalam yang menjadi bingkai dari lagu Komang yang viral di media sosial ini.  Lahir dari sebuah kesederhanaan serta bentuk cinta sang seniman, Raim Laode menciptakan lagu Komang untuk istrinya saat sebelum menikah. Sesuai judulnya, Komang diambil dari nama panggilan kecil dari sang istri, Ade Widiandari.

Komang menceritakan sosok sang kekasih yang sabar menanti kehadirannya. Saat itu, Raim dan Komang sedang menjalani long distance relationship (LDR), Raim di Jakarta sedang Komang di Sulawesi Tenggara.

Rasa rindu yang tak terbendung disampaikan Raim lewat lagu yang memiliki irama yang upbeat dan catchy ini. Tidak hanya itu, karya ini juga didekasikannya untuk seluruh perempuan di Bali yang telah bekerja keras selama ini.
 

“SEPERTINYA TERIMAKASIH masih terlalu sedikit untuk deskripsikan perasaanku ke kamu. terimakasih sudah menjadi bagian dari perjalanan ini. kita baru saja mulai, pegangan ini bukan cerita tetang Raim Laode ini cerita tentang kita. aku dan kamu, tulis Raim melalui unggahan akun YouTube miliknya Raim Laode pada Sabtu, 18 Maret 2023.


3. Pecahkan Rekor Single Paling Banyak Didengar di Spotify

Tak disangka, Raim Laode berhasil memecahkan rekor melalui lagu Komang. Karya tersebut menjadi yang terbanyak didengarkan selama 24 jam di Spotify Indonesia pada 3 April 2023.

Karya itu berhasil memecahkan rekor sepanjang masa untuk jumlah streaming terbanyak dalam satu hari dari semua lagu di Spotify Indonesia, menyalip lagu Hati-Hati di Jalan dari Tulus dan Sial dari Mahalini dengan lebih dari dua juta streaming.

Raim menuturkan sangat bahagia melihat lagu tersebut diterima dengan baik oleh para pencinta musik di dalam negeri. Dia mengaku tidak pernah menyangka jika karyanya tersebut menjadi viral ketika dirilis pada Agustus 2022.

“Pencapaian ini membuktikan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin. Inilah yang memperkuat keyakinan saya bahwa terkadang mimpi terwujud di waktu yang tidak terduga,” katanya dalam rilis Spotify Indonesia yang dikirimkan ke Hypeabis.id.

Pertama kali dirilis pada 17 Agustus 2022, karya berjudul Komang telah diputar hampir 70 juta kali di Spotify. Selain Komang, sang seniman juga tercatat telah mengeluarkan single berjudul Cemburu sebagai lagu perdana. Kemudian, pada 2019, dia mengeluarkan lagu berjudul Suasana Rumah dan Sang Badut pada 2021.


4. Pernah Menjadi Duta Wisata

Dalam materinya di Stand Up Comedy Academy musim ke 2, pria yang berasal dari Wakatobi, Sulawesi Tenggara sering membawakan materi kampung halamannya. Berhasil melaju hingga empat besar, menjadikannya sempat ditunjuk sebagai Duta Pariwisata Wakatobi oleh pemerintah daerah. 


5. Pencapaian Karier Akting yang Tak Main-main

Tak puas dengan pencapaiannya sebagai komika dan penyanyi, Raim mulai debut di dunia perfilman Nasional dengan film Cek Toko Sebelah (2016) yang disutradarai komika Ernest Prakasa.

Selain itu, dia kembali membintangi berbagai judul film seperti Suami Untuk Mak (2017), Flight 555 (2018), Pohon Terkenal (2019), Kukira Kau Rumah (2022), hingga Ranah 3 Warna (2022).

Tak hanya itu, dia juga tampil di beberapa sinetron seperti Nongkrong di Warung Kopi (2016), Di Sebelah Ada Surga (2018) dan Kejebak Kawin (2021). Ada pula beberapa web series seperti Gini-gini Aja? (2018) dan I Love You Silly (2021).

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Laze, Rapper Indonesia yang Memunculkan Unsur Sosial dalam Lirik Lagunya

BERIKUTNYA

Mengenal Bloke Core Fashion dan Trennya di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: