Membawa persiapan dengan lengkap sebelum melancong (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Oleksandr Pidvalnyi)

Kaleidoskop Pariwisata 2022, Cek Poin Penting Perjalanan Wisata Sepanjang Tahun Ini

11 December 2022   |   16:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada periode Januari – Oktober sebanyak 3,92 juta orang. Angka ini mengalami kenaikan 215,16 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Meningkat signifikan. 

2022, Januari hingga awal Desember ini merupakan momen kebangkitan bagi sektor pariwisata, meskipun pandemi Covid-19 di dalam negeri lagi belum usai. Namun, pandemi yang mulai terkendali ditambah dengan vaksinasi yang makin luas membuat sektor ini mulai bergeliat.

Dirangkum Hypeabis.id berikut sejumlah peristiwa penting bagi wisatawan atau pelancong sepanjang 2022. Yuk simak dalam ulasan kaleidoskop berikut ini: 

Baca jugaMomen Bangkit dari Covid-19, Simak Peristiwa Penting Pariwisata Indonesia 2022
 

Januari

Pelaku perjalanan luar negeri yang berstatus warga negara Indonesia (WNI) diizinkan memasuki Indonesia dengan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat sebagaimana ditetapkan pemerintah. Selain itu, pemerintah menutup sementara warga negara asing (WNA) untuk masuk ke Indonesia baik langsung maupun transit dari negara lain. 

Kebijakan tersebut khususnya diterapkan untuk WNA yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi negara atau wilayah yang mengonfirmasi adanya transmisi komunitas varian SARS-CoV-2 B.1.1.529, atau yang kita kenal dengan sebutan varian Omicron. Ketika itu, varian ini jadi momok banyak negara di dunia. 
 

Februari

Pada bulan ini, pemerintah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 sebagai bentuk antisipasi terhadap pandemi Covid-19. Implementasi ini membuat sejumlah destinasi wisata memberlakukan kapasitas kunjungan para pelancong dengan kuota tertentu.

Akibat penerapan PPKM Level 3, aturan ganjil dan genap di destinasi wisata juga tidak diberlakukan oleh pemerintah daerah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).
 

Maret

Pada Maret 2022, pemerintah mulai melakukan pelonggaran kebijakan pengetatan. Para pelancong yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga bahkan tidak lagi wajib menunjukkan hasil tes negatif RT-PCR atau rapid test antigen. Pemerintah juga melakukan uji coba bebas karantina bagi turis asing yang masuk ke Indonesia di beberapa daerah.  

Pada bulan ini juga, ajang balap motor MotoGP dapat terlaksana di sirkuit Mandalika, Lombok. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia melalui pintu masuk utama mencapai 40,79 ribu. Total itu naik 206,25 persen jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada Maret 2021. 
 

April

Pada bulan ini, pelaku perjalanan dalam negeri dengan usia 6-7 tahun yang telah menerima vaksinasi dosis kedua mendapatkan pengecualian dari kewajiban menunjukkan hasil negatif rapid test antigen. Namun, mereka wajib melampirkan kartu atau sertifikat vaksin dosis kedua.

Pelancong juga boleh melakukan perjalanan mudik lebaran pada bulan ini dengan sejumlah peraturan. Salah satu aturannya adalah traveller tidak boleh berbicara baik menggunakan gawai maupun secara langsung di dalam moda transportasi umum.

Baca juga5 Destinasi Wisata Spesial Merayakan Tahun Baru 2023, Ada Bali dan Bandung
1
2


SEBELUMNYA

Cek Setlist Konser DWP 2022, Yellow Claw hingga Martin Garrix Bakal Tampil

BERIKUTNYA

Daftar Top Assist Piala Dunia 2022 Qatar, Antoine Griezmann Masih Memimpin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: