Ilustrasi makam (Sumber gambar: Unsplash/Waldemar)

Kaleidoskop 2023: Pelaku Seni yang Tutup Usia Sepanjang Tahun, Ada Nani Wijaya & Djoko Pekik

28 December 2023   |   06:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Di tengah gemerlap industri hiburan Tanah Air, terselip berita duka dengan kepergian sejumlah pelaku seni sepanjang tahun ini. Mereka yang tutup usia pada tahun ini merupakan nama-nama besar dengan segala karyanya, yang akan selalu dikenal masyarakat Indonesia. 

Beberapa pelaku seni berpulang ke pangkuan ilahi karena sakit yang dideritanya. Namun, ada juga yang berpulang karena mengalami kejadian fatal. Hal ini membuat beberapa kepergian para aktris Tanah Air sempat membuat publik terkejut.

Kabar-kabar mengenai berpulangnya para aktris dan pelaku seni telah Hypeabis.id rangkum melalui Kaleidoskop 2023. Berikut adalah beberapa nama-nama besar yang tutup usia pada 2023.

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Catatan Peristiwa Kesehatan di Indonesia, ISPA Meningkat


1. Rosihan Anwar

Pelawak senior Rosihan Anwar meninggal dunia pada Minggu, 19 Februari 2023. Sosok komedian yang juga dikenal dengan nama Ogud Tom Tam ini dahulu kerap tampil di layar kaca pada era 1980 hingga 1990-an. Ketika itu, Ogud masih tergabung dengan kelompok lawak bernama Tom Tam Grup bersama Kimung, Firman, dan Komar.
 

2. Nani Wijaya

Aktris senior Nani Wijaya meninggal dunia pada Kamis, 16 Maret 2023. Perempuan yang dikenal lewat sinetron Tukang Bubur Naik Haji tersebut meninggal saat usia 78 tahun. Mengawali karier di dunia akting lewat film Darah Tinggi (1960), karier Nani terus melesat. Pada 2010, Nani Wijaya juga dianugerahi Lifetime Achievement Award dalam Festival Film Bandung. 
 

3. Eeng Saptahadi

Aktor senior Indonesia Eeng Saptahadi meninggal dunia pada Minggu, 21 Mei 2023. Eeng meninggal di RS Primaya, Bekasi, pukul 22.50 WIB. Pemilik nama asli Muhammad Jueri Saptahadi ini mengawali debut akting pada 1983 dengan film Senjata Rahasia Nona. Eeng mulai dikenal lewat serial Penginapan Bu Broto yang tayang di TVRI. Dia juga pernah berperan sebagai ayah Jojo dalam film Joshua oh Joshua
 

4. Cak Diqin

Penyanyi Cak Diqin meninggal dunia pada Jumat, 10 November 2023. Pemilik nama lengkap H Muhammad Sodiqin ini dikenal sebagai seniman sekaligus penyanyi campursari. Banyak lagu-lagu yang diciptakannya populer dan masih dinyanyikan hingga sekarang, seperti "Slenco", "Cinta Tak Terpisahkan", "Sepur Argo Lawu", dan masih banyak lagi. 
 

5. Djoko Pekik

Pelukis Kenamaan Indonesia Djoko Pekik meninggal dunia pada Sabtu, 12 Agustus 2023. Seniman gaek kelahiran Purwodadi ini pernah tergabung ke dalam Lembaga Kebudayaan Rakyat atau Lekra. Salah satu karya yang terkenal adalah lukisannya berjudul Berburu Celeng yang dibuat pada 1998 dan menjadi gambaran keadaan pemimpin Indonesia ketika berada di masa Orde Baru.
 

6. Marga T

Penulis novel legendaris Marga T tutup usia pada Kamis, 17 Agustus 2023. Marga meninggal di usia 80 tahun. karyanya mulai naik daun sejak 1970an, beberapa tulisannya bahkan berhasil diadaptasi menjadi film, sinetron, dan lagu. Salah satu yang fenomenal ialah cerita bersambung berjudul Karmila. Kemudian, judul-judul besar lain, seperti Badai Pasti Berlalu, Gema Sebuah Hari, hingga Setangkai Edelweiss juga membuat namanya dikenang hingga sekarang. 
 

7. Kiki Fatmala

Akrtis Kiki Fatmala meninggal dunia pada Jumat, 1 Desember 2023. Kiki meninggal dunia pada usia 56 tahun karena komplikasi akibat kanker. Aktir perempuan ini mengawali karier akting pada film Permainan di Balik Tirai (1988). Namanya mulai melambung ketika berperan sebagai Mariam dalam sinetron horor komedi bertajuk Mariam Si Manis Jembatan Ancol 2


8. Yayu Unru

Aktor senior Yayu Unru meninggal dunia di usia 61 tahun pada Jumat, 8 Desember 2023. Yayu mengawali debut akting dengan film Demam Tari (1985). Kariernya kemudian mulai menanjak pada era 2000-an dengan membintangi Mengaku Rasul, Sang Pemimpi, Sang Penari, hingga Posesif, dan Love for Sale 2
 

9. Iis Piska

Iis Piska meninggal dunia pada Kamis, 12 Januari 2023. Pedangdut yang populer pada 1980-an ini populer berkat lagu viral pada masa itu berjudul "Nyatakanlah". Meski sudah tidak pernah muncul di layar kaca, Iis Piska sejatinya masih kerap bernyanyi dan beberapa kali mengunggahnya di kanal YouTube. 
 

10. Nano Riantiarno

Aktor sekaligus pendiri Teater Koma Norbertus Riantiarno alias Nano Riantiarno meninggal dunia pada Jumat, 20 Januari 2023. Nano sudah aktif di teater sejak 1965 di kota kelahirannya, Cirebon. Pada 1977, dia kemudian mendirikan Teater Koma dan mencatatkan sejumlah penghargaan berkat konsistensinya di panggung teater, termasuk penghargaan Sastra dari Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia.


11. ikranagara

Aktor senior sekaligus penulis Ikranagara meninggal dunia pada Senin, 6 Maret 2023. Ikranagara mengembuskan napas terakhirnya di Bali pada usia 79 tahun. Semasa hidup, Ikranagara dikenal sebagai aktor, seniman, dan sastrawan Indonesia. Sempat menciptakan kumpulan puisi bertajuk Angkat Puisi (1979) dan Tirai (1984, Ikra lalu merambah ke berbagai medium seni lain, termasuk teater dan film. Salah satu yang dikenang adalah peran komedi dan dramatisnya pada film Keluarga Markum (1986) dan Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1986).


12. Nomo Koeswoyo

Salah satu personel Koes Bersaudara, Nomo Koeswoyo meninggal dunia pada Rabu, 15 Maret 2023. Drummer band legendaris ini meningal dunia pada usia 85 tahun. Nomo merupakan anggota keluarga Koeswoyo yang paling akhir bergabung dengan grup yang dibentuk saudaranya tersebut. Perlahan, nama mereka terus melejit di panggung musik Indonesia. 
 

13. Carlo Saba

Vokalis Kahitna Carlo Saba meninggal dunia pada Rabu, 19, April 2023. Sang musisi berpulang di usia 54 tahun. Semasa hidupnya, Carlo Saba sukses membawa Kahitna meraih puncak kepopuleran. Setidaknya, ada 10 album, termasuk 8 album studio dan 2 kompilasi yang telah diciptakannya bersama Kahitna.


14. Eko Londo

Pelawak legendaris Eko Untoro Kurniawan meninggal dunia pada Jumat, 24 November 2023. Komedian yang juga dikenal dengan nama Eko Londo alias Eko Tralala ini mengembuskan napas terakhir di Surabaya. Semasa hidup, Eko juga dikenal sebagai salah satu anggota Srimulat. 
 

15. Benjo eks Teamlo

Pelawak Benjo meninggal dunia pada Jumat, 26 Mei 2023. Komedian bernama lengkap Benjovi ini tutup usia pada usia 62 tahun. Semasa hidup, Benjo pernah bergabung dengan grup lawak Teamlo. Teamlo adalah grup yang menggabungkan musik dan lawak. Mereka kerap memplesetkan lirik-lirik lagu

Baca juga: Kaleidoskop: 10 Seniman Indonesia yang Tutup Usia pada 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kaleidoskop 2023: Lagu dan Video Klip Indonesia Paling Populer Sepanjang Tahun

BERIKUTNYA

Kaleidoskop 2023: Beragam Cara Pikat Wisatawan Mancanegara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: