Sejumlah film Indonesia berhasil menang di berbagai festival film internasional (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Donald Tong)

Kaleidoskop Perfilman Indonesia 2022, Ini Film yang Memperoleh Penghargaan di Ajang Nasional & Internasional

22 December 2022   |   21:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, 2022 menjadi tahun yang luar biasa bagi industri perfilman Indonesia lantaran pada tahun ini salah satu sektor ekonomi kreatif ini kembali bergairah. Sejumlah film Indonesia bahkan juga mampu mencatatkan prestasi yang membanggakan di luar negeri.

Film Indonesia tercatat mampu memenangkan sejumlah penghargaan di berbagai festival film yang terselenggara di luar negeri. Festival Film Internasional Berlin,  Festival Film Fantasi Internasional Bucheon, dan Festival Film Internasional Brussels adalah contoh festival film yang diikuti dan dimenangkan oleh para sineas dari Indonesia.

Baca juga: Daftar 10 Film Terlaris Indonesia 2022, KKN Desa Penari hingga Qodrat

Tidak hanya dari luar negeri, sejumlah film juga berhasil memperoleh penghargaan di ajang yang diselenggarakan di dalam negeri. Berikut kaleidoskop film-film Indonesia yang berhasil memperoleh penghargaan di ajang internasional dan nasional sepanjang 2022:
 

Autobiography

Film garapan sutradara Makbul Mubarak ini tercatat memperoleh beragam penghargaan dan masuk dalam sejumlah nominasi. Autobiography berhasil membawa pulang penghargaan FIPRESCI Prize di ajang Venice Film Festival 2022.

Kemudian, film ini juga berhasil menjadi pemenang di ajang Toyo FILMeX sebagai film terbaik pada 2022. Di Stockholm Film Festival, sang sutradara berhasil meraih penghargaan sebagai Best Directorial Debut.

Di Singapore International Film Festival, Autobiography membawa piala Silver Screen Award di kategori Best Asian Feature Film. Selain itu, film ini juga tercatat menjadi pemenang di ajang Asia Pacific Screen Awards kategori Best Screenplay.
 

Before, Now & Then (Nana)

Sepanjang tahun ini, film asal Indonesia lainnya yang memperoleh penghargaan di ajang internasional adalah Now, Before, & Then atau Nana. Film garapan Sutradara Kamila Andini ini tercatat mendapatkan Jurry Prize International Competition di Brussels International Film Festival 2022.

Kemudian, film ini juga mendapatkan Silver Berlin Bear sebagai Best Supporting Performance yang diberikan kepada Laura Basuki. Nana juga tercatat memperoleh penghargaan Asia Pacific Screen Award sebagai Best Film.
 

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

Film garapan sutradara Edwin ini berhasil meraih penghargaan Festival Film Indonesia 2022 untuk kategori sutradara terbaik, aktor terbaik, aktris terbaik, Best Adapted Screenplay, dan Best Costume Design.

Sepanjang tahun ini juga  bahkan film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas memenangkan Maya Awards untuk sejumlah kategori, yakni Best Actor in a Leading Role, Best Actor in a Supporting Role, Best Makeup & Hairstyling, Best Art Director, dan Best Costume Design.

Sepanjang tahun ini, film ini juga berhasil menjadi pemenang Online Film Critics Society Awards kategori Best Non-US. Pada tahun lalu, film ini juga berhasil meraih penghargaan Locarno International Film Festival Golden Leopard Best Film.
 

Pengabdi Setan 2: Communion

Film Pengabdi Setan 2: Communion adalah film Indonesia lainnya yang juga meraih penghargaan. Film garapan Sutradara Joko Anwar ini mendapatkan penghargaan di ajang Festival Film Indonesia 2022 untuk kategori Best Visual Efect dan Best Sound.

Baca juga: Genre Horor Dominasi Film Terlaris Indonesia 2022


Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

3 Tren Kecantikan yang Bakal Naik Daun pada 2023 Menurut Sociolla

BERIKUTNYA

Strategi The Lodge Maribaya Hadapi Lonjakan Pengunjung saat Libur Akhir Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: