Official poster film Home Alone, Home Alone 2: Lost In New York dan Home Alone 3 (Sumber gambar : IMDb.com)

6 Sekuel Home Alone, Film Favorit saat Libur Natal dan Tahun Baru

26 December 2023   |   10:14 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Akhir tahun menjadi momen yang pas untuk menikmati liburan. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam menyambut musim libur tersebut, termasuk berkumpul dengan keluarga dan menghabiskan waktu di rumah dengan menonton film dan makan bersama.

Ada banyak pilihan tontonan menarik yang bisa menghibur saat kumpul keluarga. Salah satunya Home Alone menjadi film yang pas untuk ditonton bersama saat liburan. 

Baca juga: 10 Film & Serial Tayang Januari 2024 di Netflix, Ada Bitconned hingga The Brothers Sun

Pertama kali dirilis pada 1990, film Home Alone hingga kini masih menjadi tontonan banyak orang, terutama saat masa liburan Natal dan tahun baru.  Karena kesuksesannya, Home Alone pun dikembangkan menjadi suatu franchise film. Berikut daftar lengkap dari serial film Home Alone.

1. Home Alone (1990)


Home Alone merupakan film bergenre komedi yang dirilis pertama pada 1990 silam. Film keluarga berdurasi 103 menit ini digarap oleh sutradara Chris Columbus dan diproduseri oleh John Hughes. Film ini mengisahkan tentang kisah seorang anak kecil yang bernama Kevin McCallister yang tidak sengaja tertinggal oleh keluarganya ketika musim liburan.

Cerita dimulai saat keluarga McCallister yang sibuk mempersiapkan liburannya ke Prancis. Statusnya sebagai anak bungsu dari lima bersaudara membuat Kevin McCallister (Macaulay Culkin) menjadi korban dari kejahilan kakak-kakaknya. Orang yang paling sering membulinya adalah Buzz (Devin Ratray), kakak laki-lakinya.

Hal itu membuat Kevin kesal dan mengharapkan keluarganya lenyap. Keesokan harinya, Kevin menyadari bahwa dia sendirian di rumah dan berpikir bahwa doanya telah terkabul. Padahal, Kevin tertinggal di rumah karena kesalahannya, seluruh keluarganya tanpa sadar meninggalkan dirinya sendiri di rumah.

Di saat Kevin menikmati kesendiriannya di rumah, Kevin tidak sengaja mendengar dua orang pencuri bernama Marv (Daniel Stern) dan Harry (Joe Pesci) berusaha untuk mencuri di rumahnya. Menyadari hal itu, Kevin akhirnya melakukan sesuatu untuk mengamankan isi rumah beserta dirinya sendiri dari komplotan pencuri tersebut.

Selain diperankan oleh Macaulay Culkin, film Home Alone (1990) juga turut diperankan oleh beberapa aktor dan aktris lainnya seperti, Joe Pesci, Daniel Stern, John Heard, Catherine O'Hara, Kieran Culkin, Devin Ratray dan lain sebagainya.


2. Home Alone 2: Lost In New York (1992)


Melanjutkan kesuksesan dari sekuel pertamanya, Home Alone kembali merilis sekuel lanjutannya, Home Alone 2: Lost In New York pada 1992 silam. Film berdurasi 120 menit ini kembali digarap oleh sutradara Chris Columbus dan diproduseri oleh John Hughes.

Film ini masih dibintangi oleh Macaulay Culkin sebagai Kevin McCallister. Pada film keduanya ini, Kevin dikisahkan tersesat di New York dan kembali menjumpai penjahat yang berusaha membobol rumahnya dalam film pertama.

Cerita dimulai saat keluarga McCallister kembali berlibur, kali ini mereka ke Miami, Florida. Sewaktu kerusuhan yang terjadi di bandara, Kevin berpisah dari keluarganya dan tidak sengaja mendapatkan persawat ke New York City. Setelah menikmati kesendiriannya untuk sementara, Kevin kembali bertemu dengan Harry dan Marv, komplotan penjahat yang berusaha membobol rumahnya dalam film pertama.

Kevin akhirnya melarikan diri ke sebuah gedung kosong untuk bertahan dari kejaran komplotan penjahat tersebut. Berbekal kecerdasannya, Kevin kembali melakukan segala cara agar dapat bertahan dari kejaran Harry dan Marv. Alih-alih tertangkap, Kevin kembali berhasil mengalahkan dua orang penjahat tersebut.

Tidak jauh berbeda dari sekuel pertamanya, film Home Alone 2: Lost In New York turut diperankan oleh beberapa aktor dan aktris seperti, Macaulay Culkin, Joe Pesci, Daniel Stern, John Heard, Catherine O'Hara, Kieran Culkin, Devin Ratray dan lain sebagainya.


3. Home Alone 3 (1997)


Berbeda dengan dua sekuel pendahulunya, dalam film Home Alome 3 tidak lagi berfokus pada Kevin. Kali ini, mengisahkan tentang seorang anak laki-laki bernama Alex Pruitt yang diperankan oleh Alex D Linz. Film yang dirilis pada 1997 ini disutradarai oleh Raja Gosnell dalam debutnya sebagai sutradara, serta ditulis dan diproduseri oleh John Hughes.

Film Home Alone 3 menceritakan tentang seorang anak laki-laki berusia 8 tahun yang melindungi rumahnya dari kelompok kriminal internasional berbahaya yang bekerja untuk sebuah organisasi teroris. Cerita bermula ketika Mrs. Hess menemukan sebuah mobil-mobilan yang di dalamnya berisikan sebuah microchip penting, lalu  diberikan kepada Alex. Mrs. Hess tidak merasa ada yang aneh dengan mainan itu, demikian juga Alex yang ternyata sangat menyukainya.

Namun, empat orang agen rahasia Beaupre, Alice, Jernigan dan Unger memang dengan sengaja menyembunyikan sebuah microchip penting di dalam mobil-mobilan remote control itu. Mereka sengaja menyelipkan microchip ke dalam mainan agar bisa melewati petugas airport. Bagaimanapun 4 orang agen rahasia itu harus mendapatkan kembali barangnya. 

Baca juga: 11 Film Indonesia Tayang di Bioskop Januari 2024

Setelah melacak keberadaan microchip tersebut, mereka mendapatkan lokasi dimana microchip tersebut berada. Mereka pun akhirnya mengincar Alex dan mencoba memasuki semua rumah di daerah tempat tinggal Alex untuk menemukan microchip tersebut.

Dalam film Home Alone 3, turut diperankan oleh Alex D Linz, Olek Krupa, Rya Kihlstedt, Lenny von Dohlen, David Thornton, Haviland Morris, Kevin Kilner, Marian Seldes, Seth Smith dan lain sebagainya.


4. Home Alone 4: Taking Back The House (2002)


Film keempat Home Alone ini kembali menceritakan kisah Kevin McCallister. Namun, tokoh Kevin tidak lagi diperankan Macaulay Culkin, melainkan oleh Mike Weinberg. Film yang dirilis pada 2002 tersebut merupakan garapan sutradara Rod Daniel.

Cerita dibuka saat Peter McCallister, ayah Kevin, akan segera bercerai dari istrinya, Kate. Saat ini Peter telah tinggal bersama dengan pacar barunya yang kaya raya, Natalie Kalban. Peter dan Natalie akan kedatangan keluarga kerajaan saat Natal, dan mereka mengajak Kevin, Buzz, serta Megan (anak-anak McCallister) untuk datang juga ke rumahnya, untuk menghabiskan Natal bersama.

Pada awalnya, ketiganya menolak tawaran tersebut. Tapi, Kevin akhirnya mau datang karena saat di rumah Kevin selalu dirundung oleh kakak laki-lakinya, Buzz. Kevin pun menikmati betapa mewahnya mansion Natalie selama beberapa hari sebelum Natal datang.

Keesokan paginya, Peter dan Natalie pergi keluar sementara Kevin ditinggal di mansion dengan pelayan Natalie, Mr. Prescott si kepala pelayan dan Molly si pelayan. Tak lama kemudian, Kevin menyadari kalau ada yang sedang mengintai mansion tersebut, dan salah satunya adalah musuh bebuyutannya, Marv Murchins.

Selain diperankan oleh Mike Weinberg, film Home Alone 4: Takis Back The House turut diperankan oleh beberapa aktor dan aktris lainnya seperti, French Stewart, Missi Pyle, Erick Avari, Barbara Babcock, Jason Beghe, Clare Carey, Joanna Going, Gideon Jacobs dan lain sebagainya.


5. Home Alone: The Holiday Heist (2012)


Dalam lanjutan sekuel kelima dari franchise Home Alone, Home Alone: The Holiday Heist mengisahkan tentang keluarga Bexter yang pindah dari California ke Maine. Film yang rilis pada tahun 2012 tersebut disutradarai oleh Peter Hewitt dan diproduseri oleh Kim Todd.

Ceritanya berpusat pada Finn (Christian Martyn) dan Alexis (Jodelle Ferland), dua bersaudara yang merupakan seorang teknofilia yang kerap mengisolasikan diri mereka sendiri dari orang tua mereka Curtis Baxter (Doug Murray), Catherine Baxter (Ellie Harvie) dan dari dunia luar.

Finn dan Alexis dihadapkan dalam sebuah situasi dimana ada sebuah komplotan pencuri yang ingin membobol rumahnya. Para pencuri tersebut berniat mengambil sebuah lukisan pada malam Natal ketika kedua orang tua Finn tengah pergi untuk menghadiri sebuah pesta.

Dalam film Home Alone: The Holiday Heist turut diperankan oleh beberapa aktor dan aktris seperti, Christian Martyn, Jodelle Ferland, Malcolm McDowell, Debi Mazar, Eddie Steeples, Ellie Harvie, Doug Murray dan lain sebagainya.


6. Home Sweet Home Alone (2021)


Home Sweet Home Alone merupakan sekuel ke-6 sekaligus sekuel terbaru dari franchise Home Alone. Film yang rilis pada 2021 tersebut merupakan garapan sutradara Dan Mazer dengan naskah buatan Mikey Day dan Streeter Seidell. Film tersebut juga diproduksi oleh 20th Century Studios sebagai film dari Walt Disney.

Home Sweet Home Alone berfokus pada kisah Max Mercer (Archie Yates), seorang bocah laki-laki berusia 10 tahun yang sendirian di rumah. Saat itu, Max dan keluarganya ingin ke Jepang dalam rangka merayakan liburan Natal. Namun, dia tidak sengaja tertinggal seorang diri di rumah karena kelalaian dari kedua orang tuanya.

Awalnya, Max merasa senang ketika berada sendiri di rumah karena dapat melakukan segala hal yang diinginkannya. Namun, keadaan berubah ketika ada dua penjahat yang berusaha mencuri barang berharga dari rumah Max. Pada akhiryna, Max menyusun berbagai strategi untuk mengalahkan kedua penjahat tersebut. 

Baca juga: 8 Film Terbaik Macaulay Culkin, Mantan Aktor Cilik Ikonik di Film Home Alone

Film Home Sweet Home Alone turut diperankan oleh beberapa aktor dan aktis seperti, Ellie Kemper, Rob Delaney, Archie Yates, Aisling Bee, Kenan Thompson, Pete Holmes, Ally Maki, Chris Parnell dan lain sebagainya. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

15% Orang Dewasa Usia Pekerja Alami Gangguan Kesehatan Mental, Begini Saran Psikiater

BERIKUTNYA

Sinopsis Pertunjukan Teatrikal A Voyage of Flavours and Fantasy di Varuna Taman Safari Bali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: