Macaulay Culkin, mantan aktor cilik pemeran utama fim Home Alone. (Sumber gambar: Macaulay Culkin Official Instagram)

8 Film Terbaik Macaulay Culkin, Mantan Aktor Cilik Ikonik di Film Home Alone

25 December 2023   |   16:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Satu film yang ikonik hadir saat perayaan Natal yakni Home Alone. Meski dirilis pada awal 1990-an, Home Alone masih menjadi salah satu film wajib yang masuk dalam daftar tontonan saat Natal dan musim liburan akhir tahun. Kepopuleran film komedi keluarga Natal Amerika itu pun membuat nama aktor Macaulay Culkin tersohor.

Dalam film Home Alone yang dirilis pertama kali pada 1990, Culkin berperan sebagai anak laki-laki berusia 8 tahun bernama Kevin McCallister. Perannya pun berlanjut dalam sekuel filmnya yang berjudul Home Alone 2: Lost in New York pada 1992.

Home Alone menjadi film terlaris pada 1990 dan memecahkan rekor box office dengan total pendapatan sebesar US$476,7 juta di seluruh dunia. Kesuksesan ini pun membuat Culkin, menjadi salah satu aktor cilik paling sukses pada 1990-an, dan menempati posisi kedua dalam daftar 100 Greatest Kid-Stars VH1 2005. 

Baca juga: 5 Film Natal Paling Laris Sepanjang Masa, Ada Home Alone & The Grinch
hypeabis.id/read/32079/5-film-natal-paling-laris-sepanjang-masa-ada-home-alone-the-grinch


Sebagai aktor cilik, Culkin dianggap memiliki karisma alami, penampilan yang menggemaskan, serta etos kerja yang mengesankan. Sayangnya, tekanan dan pengawasan yang sangat besar, ditambah dengan masalah personal dan hubungannya yang buruk dengan orang tuanya, membuat sinar bintang Culkin meredup. 

Sejak 1994, aktor kelahiran 26 Agustus 1980 itu menjadi jarang tampil di layar televisi dan membintangi film-film besar.Dia lebih banyak terlibat dalam peran-peran film independen hingga bergabung dengan band rock-komedi bernama The Pizza Underground.

Ada beberapa film terbaik yang dibintangi oleh Macaulay Culkin yang menarik untuk kalian tonton. Apa sajakah itu? Berikut adalah 8 terbaik yang dibintangi oleh Macaulay Culkin menurut ranking dari MovieWeb. 
 

1. Home Alone (1990)

Tak bisa dimungkiri, Home Alone menjadi film tersukses dan terbaik yang dibintangi Culklin. Bahkan lebih dari 30 tahun sejak dirilis, Home Alone tetap menjadi tontonan wajib keluarga mana pun saat Natal. Culkin berperan sebagai Kevin, anak laki-laki berusia delapan tahun yang keluarganya secara tidak sengaja meninggalkannya sendirian saat mereka berangkat untuk liburan Natal.

Awalnya, Kevin merasa bebas lantaran bisa berpisah sementara dengan keluarga yang menurutnya menyebalkan. Namun, perasaan itu segera menjadi mimpi buruk karena rumah tersebut diserang oleh sepasang perampok yang gigih, dan Kevin harus mengurus dirinya sendiri.

Akhirnya, dengan ide cerdiknya, Kevin mulai memasang jebakan-jebakan untuk para perampok. Aksinya yang menghibur, lucu, dan menggemaskan membuat Culkin terus diingat dengan perannya dalam film Home Alone sampai saat ini. 
 

2. Uncle Buck (1989)

Disutradarai oleh John Hughes, Uncle Block adalah film komedi yang bercerita tentang seorang bujangan yang mengasuh putri remaja pemberontak saudara laki-lakinya, serta adik laki-laki dan perempuannya saat orang tuanya pergi. Uncle Buck menjadi momentum pertama Culkin beradu akting dengan mendiang aktor John Candy,

Meskipun bukan konsep yang paling orisinal, penyampaian Candy sempurna dan naskah lucu yang ditulis oleh John Hughes yang legendaris memungkinkan setiap karakter untuk bersinar tak terkecuali Culkin. Dalam memerankan karakternya, Culkin yang masih kecil menyajikan penampilan yang sangat mengesankan, yang menjadi titik awal namanya kian tersohor di masa mendatang.
 

3. The Good Son (1993)

Culkin menunjukkan kemampuan aktingnya di film selain komedi dalam The Good Soon yang mengangkat genre thriller psikologis. Kisahnya mengikuti seorang anak laki-laki bernama Mark yang dibintangi oleh Culkin, yang setelah kematian ibunya, dikirim untuk tinggal bersama bibi dan pamannya sementara ayahnya pergi untuk urusan bisnis. Saat berada di sana, dia bertemu dengan sepupunya Henry, yang menunjukkan tanda-tanda perilaku psikopat.
 

4. My Girl (1991)

My Girl adalah film yang kisahnya berfokus pada seorang gadis yang mengidap hipokondria atau kekhawatiran berlebih akan penyakit serius bernama Vada, dan anak laki-laki yang alergi terhadap apa pun bernama Thomas. My Girl menonjol di antara film-film Culkin sebelumnya sebagai film yang lebih serius dan menyentuh dibandingkan dengan film komedi keluarga yang biasa dibintanginya.

Meskipun masih diisi dengan humor, film ini menyentuh beberapa tema dan area yang lebih realistis. Berkat hal itu, My Girl sukses secara pendapatan dan telah dikenang sebagai salah satu penampilan terbaik Culkin pada zamannya.
 


5. The Pagemaster (1994)

The Pagemaster adalah film live-action bergenre petualangan fantasi garapan sutradara Joe Johnston dan animator Maurice Hunt. Dalam film ini, Culkin berperan sebagai anak laki-laki pemalu bernama Richard Tyler, yang menggunakan statistik sebagai alasan untuk menghindari apa pun yang menurutnya tidak nyaman dalam hidup.

Namun, setelah dengan enggan melakukan tugas untuk ayahnya, dia terjebak dalam badai, yang memaksanya mencari perlindungan di perpustakaan. Dia kemudian menemukan dirinya terjebak di dalam perpustakaan, di tempat dia harus berjuang untuk menghidupkan karya sastra klasik jika ingin menemukan jalan pulang. 
 

6. Party Monster (2003)

Party Monster adalah film drama kriminal biografi yang kisahnya didasarkan pada memoar James St James yang benar-benar mengejutkan, dan menguraikan persahabatannya dengan Michael Alig (diperankan oleh Culkin). Alig adalah seorang promotor yang kecanduan narkoba di New York, yang akhirnya ditangkap dan didakwa dengan pembunuhan Andre 'Angel' Melendez.

Film Party Monster sangat menarik karena ini adalah penampilan pertama Culkin setelah hiatus lama sebagai aktor cilik, sekaligus menjadi sinema pertama yang dilakoninya sebagai orang dewasa. 

Meskipun tidak mendapat kesuksesan besar di kalangan kritikus, penampilan Culkin di film ini dipuji oleh beberapa orang sebagai sosok yang kuat dan tak kenal takut, dan menunjukkan kepada dunia sekilas tentang apa yang mungkin mampu dilakukan oleh aktor tersebut sebagai orang dewasa. 
 

7. Home Alone 2: Lost in New York (1992)

Melanjutkan musim pertamanya, film Home Alone 2: Lost in New York mengikuti kisah Kevin McCallister saat dia terpisah dari keluarganya, dalam liburan mereka ke Florida. Di Kota New York, Kevin harus bertemu lagi dengan bandit Wet setelah mereka melarikan diri dari penjara. Di bagian duanya ini, Kevin akhirnya berdamai dan bersatu kembali dengan keluarga besarnya.
 

8. Richie Rich (1994)

Berdasarkan seri buku komik dengan judul yang sama karangan penulis Alfred Harvey dan Warren Kremer, Richie Rich mengikuti kisah anak terkaya di dunia bernama Richie. Dia tinggal bersama orang tua miliarder, Richard dan Regina. Di bawah asuhan kepala pelayan setianya Herbert Cadbury, ilmuwan Profesor Keenbean, dan anjingnya Dollar, Richie menikmati kehidupan mewah tapi kesepian.

Saat ayahnya membuka kembali pabrik United Tool setempat, Richie melihat putri perwakilan serikat pekerja Diane Koscinski, Gloria dan teman-temannya bermain bola pasir, dan kemudian mencoba berteman dengan mereka. Bersama teman-teman barunya dari kalangan ekonomi yang berbeda, Richie akhirnya menemukan apa yang tidak bisa dibeli dengan uang yakni pertemanan.

Baca juga: 5 Film Natal Paling Laris Sepanjang Masa, Ada Home Alone & The Grinch

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Film Hayao Miyazaki dengan Rating Tertinggi

BERIKUTNYA

Daftar Jadwal Konser Musik Tahun Baru 2024 di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: