Sumber gambar: Pinterest

ONWARD (2020): Petualangan Sihir Bersama Ayah Sehari Penuh

29 March 2022   |   10:32 WIB

Like
Setelah tayang di Indonesia pada 4 Maret 2020 kemarin, film Onward sukses menarik perhatian penggemar film animasi selain naskah ini terinspirasi dari kisah nyata sutradara sekaligus penulis naskah Dan Scanlon, film ini juga menawarkan kisah petualangan yang menarik, magis, serta mengharukan.

Berlatar belakang dunia fantasi yang dimana para tokohnya merupakan makhluk mitologi seperti kentauros, peri, elf, trolls, dan lain-lain. Di film ini menceritakan bahwa kekuatan sihir telah lekang oleh waktu dan perkembangan teknologi. Cerita ini dimulai saat Ian Lightfoot seorang remaja elf berulang tahun yang ke enam belas. Ian mendapatkan hadiah berupa tongkat sihir dari ayahnya Wilden Lightfoot.

Ian sangat senang karena selama ini ia tidak pernah bertemu dengan ayahnya, di dalam bungkusan tongkat sihir tersebut terdapat pesan ayahnya yang mengatakan bahwa batu ajaib yang berada pada tongkat sihir dapat memunculkan dirinya di hadapan Ian dan Barley (kakaknya) selama dua puluh empat jam, walaupun ayahnya sudah tiada belasan tahun silam.

Barley Lightfoot yang memang sangat menyukai hal-hal berbau masa lampau dan sihir sangat bersemangat ketika melihat pesan ayahnya tersebut, ia pun mulai mengucapkan mantra dan melakukan segala macam gaya yang membuat penonton terhibur dengan tingkah konyol Barley. Tapi sayangnya ketika dicoba dengan Ian pun tetap tidak bisa sempurna, mereka hanya berhasil memunculkan Kembali ayahnya hanya setengah badan dari pinggang hingga kaki.

Hal itu membuat Barley memaksa Ian untuk mencari batu permata Kembali, supaya sang ayah benar-benar Kembali. Petualangan pun dimulai.

Jalan cerita Onward di awal dimulai dengan pendalaman karakter Ian yang ragu-ragu, penakut, dan polos, berbanding seratus delapan puluh derajat dengan Barley yang urakan, tak kenal rasa takut, dan terlalu bersemangat dalam petualangan mereka.  

Berpengetahuan dari game Dungeons & Dragons membuat Barley mengajarkan banyak mantra kepada Ian dan mantra-mantra tersebut membutuhkan suatu kondisi supay mantra tersebut bekerja seperti harus mengucapkannya dengan lantang, penuh keberanian, dan tanpa ragu-ragu. Hal-hal kecil ini tanpa disadari termasuk bagian dalam pembentukan karakter tokoh Ian dan Tom Holland pengisi suara Ian Lightfoot dapat membawakan karakter tokoh ini dengan baik.

Dan tentu saja Chris Pratt yang mengisi suara karakter Barley Lighfoot kakak Ian yang memiliki sifat tak kenal rasa takut, urakan, dan berani menantang bahaya juga sukses membawakan karakter Barley yang seperti itu.

Dalam petualangan mereka banyak menyajikan humor lucu melalui tingkah barley, Ian, karakter pendukung yang lain (seperti sang ibu dan manticore) dan bahkan ayahnya Wilden yang hanya setengah tubuh. Sesuai dengan judul film ini Onward yang mana jika diartikan ke Bahasa Indonesia memiliki arti maju, dalam film ini juga mengajarkan mengenai hidup yang harus terus maju, lewati rintangan dengan berani dan tanpa rasa takut karena orang-orang yang terdekat akan selalu mendukung tanpa disadari.

Sama seperti cerita Barley dan Ian yang walaupun sifat mereka berbeda seratus delapan puluh derajat, tetap saja sebagai seorang kakak Barley selalu mendukung Ian, bahkan jika ketika Ian sudah lelah dengan petualangan mereka ketika saat dimana momen petualangan mereka kembali di titik awal. Tetapi Barley tetap berusaha mencari dengan petunjuk seadanya.

Film Onward ini cocok untuk ditonton bersama keluarga karena ceritanya yang sangat relevan dengan kisah-kisah adik kakak yang jika bertengkar sehebat apapun pasti mereka akan berbaikan dan memulainya dari awal. Dengan petualangan Ian dan Barley sang penulis Scanlon sukses membawa penonton menghayati jalan cerita meski saat awal film ini berjalan lambat namun itu bukan masalah karena berhasil membuat mata penonton mulai berkaca-kaca.

Ian yang selama ini hanya dapat mencatat kegiatan apa saja yang akan ia lakukan bersama ayahnya bila ayahnya muncul dihadapannya, kini dengan ia baru sadari ternyata Ian tetap bisa melakukannya dengan orang yang selama ini Ian anggap jauh namun ternyata paling dekat dan selalu melindunginya sedari Ian kecil  orang itu adalah kakaknya Barley, dengan adanya petualangan itu membuat Ian mulai berani untuk berteman dan mendapatkan karakter yang baru.
 

SEBELUMNYA

Wedding Agreement The Series, Kala Masa Lalu Kembali Datang

BERIKUTNYA

Simak Perjalanan Karier Dokter Terawan yang Selalu Viral

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: