Gunung Bromo yang dinyatakan sebagai taman nasional terindah ketiga di dunia oleh Bounce. (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

6 Dataran Tinggi Buat Liburan Akhir Tahun, dari Mendaki hingga Relaksasi

18 December 2023   |   18:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki ragam lokasi wisata alam menarik untuk menghabiskan liburan pada akhir tahun. Selain pantai, dataran tinggi seperti pegunungan maupun bukit menjadi pilihan tepat untuk melepas penat sekaligus menyegarkan pikiran untuk menyambut tahun baru.

Dari puncak gunung berapi yang menjulang tinggi di Jawa hingga lanskap terjal di Sumatra siap menyambut musim liburan akhir tahun dengan pesona alamnya yang indah. Meskipun dikenal dengan iklim tropis, kalian masih dapat merasakan suasana yang sejuk dan menawan di sejumlah daerah di Tanah Air.
 
Baca juga: 3 Rekomendasi Destinasi Wisata Lokal untuk Liburan Akhir Tahun

Jadi, siap-siap bawa mantel atau baju hangat untuk mendaki gunung, menyelami budaya yang unik, atau sekadar menikmati pemandangan yang indah. Berikut enam dataran tinggi yang bisa masuk daftar destinasi liburan akhir tahun yang dikutip dari Agoda.


1. Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru (TNBTS), Jawa Timur

Bromo-Tengger-Semeru baru saja dinobatkan sebagai taman nasional terindah ketiga di dunia oleh Bounce, platform layanan perjalanan yang berbasis di San Fransisco, California, Amerika Serkat. Terletak di Jawa Timur, kawasan ini sedang tampil cantik dengan savana hijaunya yang menyegarkan mata.

Gunung Bromo memiliki kaldera yang luas. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga merupakan rumah bagi Gunung Semeru. Suhu yang berada di kisaran 10-20 derajat Celcius sepanjang tahunnya memberi kenyamanan saat mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. 

Pendakian ke puncak Gunung Semeru menjadi tantangan menarik bagi para pendaki yang berpengalaman. Mendaki dalam rentang waktu April hingga Agustus memberikan kesempatan untuk menikmati pemandangan menakjubkan dari hamparan bunga edelweis. 


2. Prau, Wonosobo, Jawa Tengah

Dengan ketinggian 2.565 meter, suhu di sekitar 10-17 derajat celcius membuat Gunung Prau menjadi gunung yang ramah bagi para pendaki pemula, karena iklimnya yang bersahabat dan medan yang tidak terlalu menantang. Saat mencapai puncak Gunung Prau, kamu akan terkesima dengan pemandangan menakjubkan jajaran Gunung Merapi, Merbabu, Lawu, Sindoro, dan Sumbing serta hamparan savana yang memperindah panorama alamnya.
 
Ada beberapa jalur pendakian menuju Gunung Prau, yaitu Dieng, Patakbanteng, Kalilembu, Dwarawati, dan Wates. Setiap jalur pendakian memiliki batasan jumlah pendaki, mulai dari 200 orang di Kalilembu, 250 orang untuk Dieng, hingga 600 orang di Patakbanteng. Jalur Patakbanteng paling populer karena medannya yang cukup mudah dan pemandangan di sekitarnya yang memukau. 


3. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Dieng adalah sebuah dataran tinggi di Provinsi Jawa Tengah yang dikenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan, serta situs-situs budaya dan sejarah yang menarik. Dengan kisaran suhu 10-19 derajat Celcius, wilayah ini memiliki iklim yang sangat nyaman untuk mengeksplorasi aspek sejarah dan religiusnya.
 
Di Dieng, tradisi keagamaan Hindu menyatu dalam upacara adat yang diadakan di kompleks candi kuno yang dibangun sejak abad ke-7 seperti Candi Arjuna, sementara seni pertunjukan tradisional, seperti wayang kulit dan tarian, menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan dan upacara. 

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Sungai di Indonesia Ini Wajib Masuk Daftar Liburan Akhir Tahun

Masyarakat Dieng juga terampil dalam kerajinan tangan, seperti tenun tradisional, sementara festival budaya, seperti Festival Parade Budaya Dieng, menjadi panggung bagi pertunjukan seni dan pameran budaya yang memperkaya pengalaman wisatawan dengan warisan budaya yang kaya dan unik.
1
2


SEBELUMNYA

Meramu Naskah Komedi Ala Muhadkly Acho dalam Film Agak Laen

BERIKUTNYA

Begini Cara Menabung di Bank Agar Bisa Langsung Cuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: