Salah satu destinasi wisata sungai di Indonesia (Sumber gambar: Kemenparekraf)

6 Destinasi Wisata Sungai di Indonesia Ini Wajib Masuk Daftar Liburan Akhir Tahun

16 December 2023   |   16:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Berbicara tentang destinasi wisata di Indonesia, ada banyak tempat yang bisa dijelajahi. Selain laut, gunung, hutan, dan sebagainya, ada sungai yang juga dapat menjadi pilihan untuk berlibur di negara khatulistiwa ini. Sungai dapat menjadi pilihan untuk menikmati wisata anti mainstream yang ada di Indonesia.

Tidak sekadar menawarkan ketenangan dengan melakukan susur, wisata sungai ini juga dapat menawarkan keseruan dan ketegangan yang memacu adrenalin. 

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Liburan Akhir Tahun 2023
 
Di tempat ini, Gengype bisa menikmati berbagai olahraga seru seperti arung jeram atau rafting. Namun, saat menikmati wisata sungai, pastikan untuk melakukannya bersama dengan pemandu wisata atau orang yang memang sudah mengenal medan guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan. 
 
Jangan sampai rencana wisata sungai yang seharusnya dapat memberikan kesenangan justru mengalami perubahan menjadi malapetaka akibat kelalaian atau ketidaktahuan yang berdampak fatal terhadap keselamatan. 
 
Dihimpun dari keterangan tertulis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berikut sejumlah sungai di Indonesia yang dapat menjadi pilihan Genhype untuk menikmati wisata sungai:
 

1. Sungai Asahan

(Sumber foto: Inalum)

(Sumber foto: Inalum)

Sungai pertama yang bisa menjadi destinasi wisata sungai di dalam negeri adalah sungai Asahan yang berada di Sumatra Utara. Aliran air ini merupakan salah satu tujuan wisata primadona bagi para wisatawan lokal. 
 
Selain itu, sungai Asahan juga kerap menjadi incaran pencinta wisata arung jeram lantaran masuk salah satu spot arung jeram terbaik ketiga di dunia. Di tempat ini, Genhype bisa memilih titik dengan level arus yang berbeda. Jadi, kalian tidak perlu khawatir ketika hendak menikmati arung jeram meskipun masih pemula. 
 
Saat bermain arung jeram, pemandangan alam tebing dan air terjun akan menjadi sajian yang memanjakan mata, sehingga sungai ini wajib masuk dalam daftar wisata saat ke Sumatra Utara. 
 

2. Sungai Ayung

 Sungai Ayung dapat menjadi pilihan wisatawan dalam dan luar negeri yang hendak berwisata ke Bali. Terletak di Kedewatan Ubud, sungai terpanjang di Pulau Dewata itu terkenal sebagai tempat arung jeram dengan enam tingkat kesulitan. 
 
Selain itu, aliran air ini juga patut menjadi destinasi wisata lantaran Genhype dapat menikmati airnya yang jernih, udara sejuk, dan pemandangan alam yang dapat memanjakan mata. 
 

3. Sungai Cukang Taneuh

Sungai Cukang Taneuh atau lebih terkenal dengan sebutan Green Canyon merupakan destinasi wisata sungai lainnya yang dapat menjadi pilihan wisatawan. Berada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Genhype dapat menikmati beragam aktivitas yang menarik di tempat ini. 
 
Salah satu aktivitas itu adalah menyusuri sungai dengan naik perahu. Wisawatan akan mendapatkan suguhan alam yang masih asri sehingga begitu indah. Kemudian, wisatawan juga akan meminta gua yang penuh dengan stalaktit dan stalagmit. 
 

4. Sungai Mahakam

(Sumber foto)

(Sumber foto: diskan.kutaibaratkab.go.id/)

Sungai Mahakam yang berada di Kalimantan Timur merupakan sungai kedua terpanjang di Indonesia. Sungai ini dapat menjadi pilihan untuk menikmati wisata sungai lantaran Genhype dapat menemukan berbagai fauna ketika menjelajahinya. 
 
Sungai dengan panjang 920 kilometer itu merupakan rumah untuk hewan langka, seperti lumba-lumba air tawar atau yang terkenal dengan nama pesut mahakam. Selain itu, kalian juga bisa menemukan burung enggang, lutung, bangau, berang-berang, dan sebagainya. 
 

5. Sungai Maron

Sungai yang terletak di Pacitan, Jawa Timur adalah destinasi wisata yang selama ini tidak pernah sepi pengunjung. Sungai ini kerap menjadi pilihan lantaran memiliki pemandangan dan suasana yang disebut mirip dengan sungai Amazon. 
 
Untuk mencapainya, medan yang menanjak dan curam akan menjadi tantangan yang harus dihadapi wisatawan sebelum mencapai sungai ini. Namun, semua itu akan terbayar dengan keindahan air sungai berwarna hijau kebiruan. Pepohonan yang rindang juga membuat destinasi wisata ini kian asri. 
 

6. Sungai Musi

(Sumber foto: palembang.go.id)

(Sumber foto: palembang.go.id)

Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Indonesia. Berada di Palembang, aliran air ini merupakan tujuan liburan terkenal di dalam negeri. Di tempat ini, wisawatan dapat melakukan berbagai aktivitas yang tidak akan pernah dapat dilupakan. 
 
Di tengah sungai juga terdapat Pulau Kemaro yang dapat menjadi destinasi wisata lain. Di tempat ini, Genhype akan menemukan beragam objek wisata, seperti Pagoda, Klenteng Hok Tjing Rio, atau Pohon Cinta.

SEBELUMNYA

10 Konser K-Pop dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang 2023, Blackpink Peroleh US$148 Juta

BERIKUTNYA

Profil Kartika Affandi, Gurat Emosi dalam Kreasi Ekspresionis Putri Sang Maestro

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: