Jam Gadang Bukittinggi, Sumatra Barat. (Sumber gambar: Bisnis Indonesia)

Menikmati Indahnya Bukittinggi dari Lensa Kamera

13 March 2023   |   18:45 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Bukittinggi adalah salah satu kota di Sumatra Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya. Terletak di dataran tinggi yang berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Padang, Bukittinggi memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Suasana kota yang sejuk dan kekayaan kuliner cocok disandingkan sembari menyesap indahnya alam Bukittinggi, seperti Ngarai Sianok dan Danau Maninjau. Namun, tak hanya alamnya yang memesona, kota yang dijuluki Parijs van Sumatra oleh Belanda ini juga memiliki banyak tempat wisata yang kaya sejarah. 

Itu karena kota Bukittinggi merupakan benteng yang diciptakan oleh tangan-tangan Belanda. Sekitar tahun 1825-1826, Belanda mendirikan benteng bernama Fort de Kock di Bukit Jirek—kini berada 300 meter sebelah utara Pasar Bukittinggi. Benteng itu dibangun untuk membantu Kaum Adat menghadapi Kaum Paderi (Agama).

Ada juga Jam Gadang Bukittinggi yang merupakan keistimewaan kota ini. Berikut adalah beberapa rekomendasi kunjungan wisata di Bukittinggi.

Baca juga: Mau Melintasi Tol Trans Sumatra? Ini Rekomendasi Rest Area dengan Fasilitas Lengkap


1. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah yang indah dengan tebing yang curam. Tempat ini terkenal dengan keindahan pemandangan alamnya yang menakjubkan, di mana pengunjung bisa menikmati udara sejuk dan hijauan yang indah di sekitarnya. Kalian juga bisa berjalan-jalan atau trekking di sekitar ngarai ini sambil menikmati pemandangan yang spektakuler.
 

2. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung merupakan sebuah kompleks istana yang terletak di kota Batusangkar, Bukittinggi. Kompleks istana ini terdiri dari beberapa bangunan yang indah, dan di dalamnya terdapat museum yang memamerkan koleksi benda-benda sejarah dari Kerajaan Pagaruyung.
 

3. Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock adalah sebuah benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada abad ke-19. Benteng ini dulunya berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi bangsa Belanda dari serangan pasukan asing. Kini, tempat ini menjadi salah satu objek wisata yang menarik, di mana Anda bisa belajar sejarah dan menikmati keindahan arsitektur benteng Belanda.
 

4. Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan salah satu destinasi wisata populer di Bukittinggi. Danau ini terletak di ketinggian 461,50 mdpl, dan memiliki keindahan yang menakjubkan. Di sini, kalian bisa menikmati keindahan alam sambil melakukan aktivitas seperti memancing, bersepeda, atau berenang.
 

5. Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang adalah landmark kota Bukittinggi yang terkenal dan menjadi salah satu daya tarik wisata utama kota ini. Jam ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik, serta menjadi simbol keindahan dan kebesaran kota yang terkenal sebagai kota perjuangan ini.

Terletak di pusat kota, jam ini merupakan peninggalan pemerintah Hindia Belanda yang dibangun pada tahun 1926 dan memiliki tinggi sekitar 26 meter. Awalnya, jam ini dibuat sebagai hadiah dari Ratu Wilhelmina dari Belanda untuk kota Bukittinggi.

Dalam Bahasa Minang, Jam Gadang berarti Jam Besar. Ini merupakan 'duplikat' Big Ben London, Inggris dengan arsitektur yang memadukan gaya arsitektur Melayu dan Belanda.

Jam Gadang Bukittinggi didesain oleh arsitek Belanda bernama Yazid Abdoel. Menara ini memiliki lima tingkat dan dilengkapi dengan jam besar di bagian atasnya. Uniknya lagi, konstruksi menara Jam Gadang menggunakan kayu dan bahan-bahan alami lainnya seperti bambu dan ijuk.

Menara ini juga dilengkapi dengan lampu-lampu indah yang memberikan pencahayaan pada malam hari sehingga sering digunakan sebagai lokasi untuk berfoto. Pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Bukittinggi dari atas menara dan menikmati berbagai acara seperti festival dan pertunjukan musik yang sering diadakan di Jam Gadang. Pengunjung juga bisa bisa menemukan berbagai macam oleh-oleh, seperti kain tenun, gula semut, keripik sanjai, dan berbagai macam suvenir lainnya di Pusat Oleh-oleh Jam Gadang.

Itulah beberapa tempat menarik di Bukittinggi yang bisa kalian kunjungi sebagai opsi destinasi wisata. Adapun pesona Jam Gadang Bukittinggi ini dapat juga dinikmati dalam dokumentasi visual Hypeabis.id, sebagai bagian dari Bisnis Indonesia Grup, yang dapat diakses di kanal Kilas Foto.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Nasi Padang & Kapau

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sejarah Piala Oscars, Penghargaan Paling Bergengsi Industri Film Amerika Serikat

BERIKUTNYA

Update Adu Kuat Akuisisi Saham SM Entertainment, HYBE Pilih Mundur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: