Dieng Caldera Race diadakan pada 7-9 Juni 2024 (Sumber gambar: situs Dieng Caldera Race)

Dieng Caldera Race 2024 Siap Digelar, Catat Tanggal Mainnya!

29 May 2024   |   12:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Agenda lari Dieng Caldera Race tahun ini akan berlangsung pada 7-9 Juni 2024 di Dieng, Jawa Tengah. Penyelenggara event sport tourism ini menargetkan bisa mengundang 1.000 orang pelari dari seluruh penjuru Nusantara untuk ikut serta memeriahkan gelaran tersebut. 
 
Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB), Agustin Peranginangin, mengatakan bahwa pada saat ini jumlah peserta Dieng Caldera Race 2024 yang mendaftar telah mencapai 900 orang. Para pendaftar ajang ini berasal dari 22 provinsi di Indonesia. 
 
"Event ini menargetkan peserta sebanyak 1.000 orang," ujarnya dalam siaran pers Kemenparekraf yang dilihat Hypeabis.id pada Rabu, 29 Mei 2024. 

Baca juga: Keseruan Spartan Race 2024, Lari Cepat Melewati 20 Rintangan Menantang
 
Dia mengungkapkan, ajang sport tourism ini memiliki 4 kategori yang bisa diikuti oleh para peserta. Pertama adalah jarak 10 kilometer dengan elevation gain 495 meter. Kedua, 21 kilometer dengan elevation gain 1.185 meter.

Ketiga, 42 kilometer dengan elevation gain 2.630 meter. Adapun, kategori keempat adalah Ultimate dengan jarak tempuh 75 kilometer dan memiliki elevation gain 4.850 meter. 
 
Agustin berharap ajang wisata olahraga ini bisa menjadi salah satu strategi mengampanyekan keindahan Dieng, yang dikenal dengan kebudayaannya setelah dikembangkan melalui Dieng Culture Festival. 
 
Dia juga berharap Dieng Caldera Race 2024 dapat mendukung pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur, yakni terciptanya penyebaran wisatawan ke berbagai daerah penyangga Borobudur termasuk Dieng. "Bagaimana wisatawan bisa menyebar ke KSPN-KSPN di sekitarnya salah satunya KSPN Dieng," katanya. 
 
 
Event Director Dieng Caldera Race Yulius Tjendrawan mengatakan bahwa ada 3 hal penting yang diharapkan bisa menjadi capaian pelaksanaan Dieng Caldera Race 2024. Pertama adalah bagaimana Indonesia dengan potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa, juga dapat menggelar kegiatan trail run bertaraf internasional. 
 
"Indonesia sebagai negara besar tidak boleh kalah dengan negara lain terutama tetangga-tetangga kita. Bicara trail run, posisi kita kalah dengan Thailand dan Malaysia yang sudah punya gelaran internasional by UTMB. Karenanya kita akan kejar," ujarnya.  
 
Kedua, event ini dapat memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat. Dia menyebut, bahwa ajang ini diharapkan memberi multiplier effect hingga mencapai Rp27 miliar bagi seluruh pihak. Ketiga, agenda ini dapat menjadi sarana transfer ilmu kepada komunitas juga masyarakat dalam mengelola satu kegiatan. 
 
"Kita berharap tentu selalu banyak komunitas yang akan juga terangkat, bisa merasakan dampaknya, baik itu komunitas lokal atau pokdarwis tentang pengelolaan event sehingga nantinya mereka bisa jadi EO (event organizer) yang juga mumpuni di daerahnya untuk menyelenggarakan event nasional atau bahkan internasional," jelasnya. 
 
Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa Dieng Caldera Race 2024 merupakan event yang menggabungkan pemandangan alam kawasan dataran tinggi Dieng dengan rute menantang sesuai standar internasional. 
 
"Dieng Caldera Race ini adalah event sports tourism dengan rute yang menantang dan selalu disambut dengan antusiasme yang tinggi oleh berbagai pihak," katanya.
 
Kegiatan ini dipastikan akan turut menggerakkan pariwisata dan roda ekonomi di Dieng yang merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Dia juga berapa Indonesia ke depan bisa jadi episentrum trek dari agenda-agenda trail run

Baca juga: Rekomendasi 8 Sepatu Lari untuk Pemula Produksi Brand Lokal

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
 
Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jadwal Pertandingan Singapore Open 29 Mei 2024, Ginting Bertemu Lee Zii Jia

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Haikyu!! The Dumpster Battle, Tayang di Bioskop 29 Mei 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: