Ilustrasi arah tren gaya hidup 2024. (Foto: Aaron Burden/Unsplash)

Hypereport: Meramal Tren, Menangkap Peluang 2024

11 December 2023   |   19:59 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Sebagaimana sebuah siklus, tren memang selalu bergulir bak pergantian musim. Namun demikian, setiap musim selalu muncul nuansa baru dan keunikan tersendiri yang mewarnai ekosistem gaya hidup, sebagai buah inovasi para pelaku kreatif yang kian eksis dewasa ini.

Tren seputar industri gaya hidup khususnya, menjadi ladang yang tak pernah kering untuk dieksplorasi oleh para pelaku di berbagai bidangnya. Mulai dari fesyen, musik, kecantikan, hingga sektor bisnis dan gadget, terus berinovasi menghadirkan kebaruan hingga menciptakan tren gaya hidup di masyarakat.

Bahkan di industri fesyen dan musik misalnya, perkembangannya berubah cepat dengan hadirnya gaya dan genre baru hasil perkawinan dari berbagai aliran yang populer saat ini.

Perkembangan tren terkait gaya hidup juga menjadi ladang cuan menjanjikan yang membentuk ekosistem besar dan saling terkait. Jadi, membaca tren ke depan menjadi lebih kompleks lantaran perkembangan tren tidak lagi seperti siklus linier, tetapi hasil dari interaksi budaya populer yang saling berkelindan.

Baca juga: Hypereport: Ketika Pahlawan Industri Kreatif Berjuang lewat Karya

Namun begitu, proyeksi tren pada dasarnya dapat diprediksi oleh para pelaku di bidang terkait, lantaran mereka menggeluti serta mengikuti secara intensif setiap fase perkembangan yang muncul. 

Untuk itu, ramalan tentang tren besar dari ekosistem gaya hidup dan kreatif pada tahun depan menjadi menarik untuk dieksplorasi lebih jauh, dengan menggalinya langsung dari para pelaku terkait. 

Bukan hanya tentang trennya itu sendiri, perkembangan budaya pop hingga arah bisnisnya juga menarik untuk diikuti perkembangan terkininya., sebagaimana terangkum dalam laporan berikut:


1. Hypereport: Tren Musik 2024 Bakal Diramaikan Pendatang Baru Hingga Crossover Genre

Digitalisasi yang terjadi dalam skena musik Indonesia beberapa tahun terakhir telah membuka rimba warna musik Indonesia. Tren musik yang terjadi sekarang sangat berbeda dengan yang ada pada 5 tahun sampai 10 tahun ke belakang yang mudah diprediksi.

Dahulu, ketika program musik televisi dan radio masih ada, tren musik yang terbentuk membawa benang merah yang jelas. Namun, saat ini ketika berbicara tren musik, maka akan berbicara skala. Sebab, tak ada lagi yang benar-benar mendominasi.

Pengamat musik nasional Mudya Mustamin mengatakan bahwa tren musik 2024 bakal berjalan dinamis. Sebab, kini tidak ada batas dalam berkreasi dan berkarya lagi. Siapa pun bisa mempublikasikan karyanya, begitu juga dengan jumlah pertunjukan musik yang makin banyak belakangan ini.

“Sulit menebak genre yang bakal tren, karena bisa dibilang dalam dua tahun terakhir ini makin banyak terapan crossover di musik. Genre jadi sulit dikategorikan karena banyaknya persilangan,” ujar Mudya kepada Hypeabis.id. (baca selengkapnya)


2. Hypereport: Tren Bisnis 2024, Peluang Cuan Tahun Politik & Personalisasi Produk Jadi Kunci

Menjelang berakhirnya 2023, banyak orang mulai menyusun rencana dan target yang akan dicapai pada tahun 2024. Sebagian besar yang telah memiliki bisnis, target pada tahun-tahun mendatang umumnya berupa peningkatan omzet usaha atau meluaskan sayap bisnis.

Sementara itu, sebagian lainnya mungkin ada yang baru ingin memulai bisnis atau bahkan menambah unit bisnis berbeda dengan yang telah dijalani saat ini. Di tengah kondisi sosial, politik, dan ekonomi yang diprediksi kian menantang pada 2024, diperlukan pembacaan dan strategi yang matang dalam melihat peluang bisnis.
 
Hasil riset yang dilakukan oleh perusahaan konsultan pemasaran Inventure menyebutkan ada tiga hal yang akan menjadi fokus dalam geliat bisnis di Indonesia pada 2024 yakni, peluang bisnis pada tahun politik, makin bergairahnya bisnis ekonomi kreatif, dan kian masifnya digitalisasi bisnis.

Berpijak pada data pertumbuhan PDB selama masa pemilu tahun 2014 dan 2019, laporan itu menyebutkan bahwa ada beberapa sektor bisnis yang memiliki peluang besar pada 2024 yakni tekstil dan pakaian jadi, makanan dan minuman, transportasi, serta informasi dan komunikasi. (baca selengkapnya


3. Hypereport: Siluet, Detail, & Warna Menggelegar dalam Tren Fesyen 2024

Industri mode bergerak secara dinamis dari masa ke masa menciptakan tren yang menjadi acuan para fesyen enthusiast maupun Masyarakat umum. Di penghujung 2023 ini, sejumlah ajang fashion week mulai digelar, dari Jakarta Fashion Week (JFW) sampai Indonesia Modest Fashion Week (IMFW).

Tak ketinggalan sejumlah desainer dan rumah mode kenamaan tanah air juga bergantian menggelar show tunggal. Koleksi terbaru para desainer, baik di pekan mode maupun show tunggal semuanya mengusung tema Spring Summer 2024. Artinya inilah ragam busana yang akan menentukan tren dan arah mode musim semi dan musim panas tahun depan.

Keativitas para desainer berperan besar dalam menentukan tren motif, warna, siluet, sampai padu padan busana yang akan menjadi barometer perkembangan mode ke depannya. Ini menunjukan bahwa proyeksi tren fesyen dapat diprediksi oleh para pelaku industri mode. "Menurutku tren fesyen yang akan booming tahun depan masih didominasi oleh potongan baju-baju gen z yang modern seperti crop top," katanya. (baca selengkapnya)


4. Hypereport: Upgrade Cip, Kamera & Fitur AI Bakal Jadi Tren Gawai Pintar 2024

Tahun 2024 akan menjadi waktu yang menantang bagi produsen gawai pintar di dalam negeri. Hal ini menyangkut daya beli masyarakat yang terlihat dari sejumlah laporan terakhir terjadinya penurunan penjualan smartphone. Oleh karena itu, publik akan lebih realistis dalam memenuhi keperluan terkait gawai. 

Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi menilai daya beli akan menjadi tantangan pada tahun depan bagi industri gawai pintar di Indonesia. Masyarakat, kata Heru, akan tetap melakukan pembelian lantaran ponsel sudah menjadi kebutuhan, terlebih ketika mengalami kerusakan. Hanya saja, smartphone yang akan menjadi pilihan bukan yang terlalu mewah, tapi cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca juga: Hypereport: Menyiapkan Masa Depan Jakarta

Dengan begitu, gawai pintar yang dapat menjadi pilihan pada tahun depan adalah device yang telah dilengkapi dengan jaringan 5G. “Memang saat ini, orang lebih banyak mencari ponsel yang berkualitas. Artinya memang bisa menjalankan banyak fungsi – terutama aplikasi baru yang terkait dengan video editing, bisa menjalankan aplikasi berbasis artificial intelligence [AI],” ujarnya. (baca selengkapnya)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Daftar Promo Diskon Tiket Kereta Api 12.12 Tahun 2023

BERIKUTNYA

Stranger Things Mulai Produksi Januari 2024, Spin Off Segera Disiapkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: