Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan protein tinggi (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Valeria Boltneva)

Berikut 10 Bahan Makanan Tinggi Protein & Cara Mengolahnya

03 November 2023   |   16:17 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Protein memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh karena nutrisi ini dapat menjadi sumber energi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, individu jadi tidak mudah terserang penyakit. Seseorang dapat memperoleh protein dari sejumlah bahan makanan dan mengolahnya dengan benar agar nutrisi itu tidak rusak.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, protein adalah zat pembangun yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia lantaran berguna untuk mengganti sel tubuh yang rusak, reproduksi, kelangsungan proses normal dalam tubuh, dan sebagainya.

Nutrisi ini dapat berfungsi sebagai pembentuk jaringan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan tubuh, memelihara jaringan tubuh, dan lain-lain. Seseorang bisa meraih protein dari bahan seperti daging, ikan, telur, dan sebagainya yang disebut protein hewani.

Sementara itu, seseorang juga bisa meraih protein dari kacang-kacangan dan hasil olahannya, seperti tahu dan tempe atau yang biasa disebut dengan protein nabati. Nah, bagi kamu yang hendak memperoleh protein tinggi dan cara mengolahnya agar tidak rusak, begini caranya dirangkum dari healthline dan berbagai sumber:

1. Dada ayam

Bagi genhype yang ingin mendapatkan protein tinggi, dada ayam bisa menjadi pilihan. Bahan makanan yang satu ini tercatat memiliki 26,7 gram protein dalam setiap 85 gramnya. Tidak hanya itu, dada ayam juga memiliki nutrisi lainnya, seperti vitamin B, zinc, dan selenium.

Genhype bisa mengolah dada ayam dalam berbagai cara agar bisa mendapatkan protein dan tetap nikmat, seperti pepes ayam. Hindari menggoreng bahan ini karena berpotensi membuat kandungan di dalamnya rusak.

 

Ikan (sumber foto: Freepik)

Ikan (sumber foto: Freepik)




2. Ikan

Hampir semua ikan memiliki kandungan protein yang tinggi bagi tubuh. Individu yang senang memakan ikan disebut memiliki risiko penyakit jantung atau diabetes yang lebih kecil jika dibandingkan dengna mereka yang tidak mengonsumsinya.

Salah satu contoh ikan yang memiliki kandungan tinggi protein adalah Salmon. Dalam 124 gram Salmon terdapat 30,5 gram protein. Ada berbagai cara mengolah ikan agar dapat memperoleh maksimal nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Salah satu di antaranya adalah dengan mengukusnya. Genhype bisa menyertakan berbagai macam rempah Nusantara agar memiliki rasa dan aroma yang nikmat. Selain itu, pastikan juga air yang digunakan tidak terlalu banyak agar tidak terlalu panas dan membuat dagingnya pecah.

3. Kerang

Kerang dapat menjadi bahan lainnya yang memiliki kandungan protein tinggi, yakni 21,8 gram dalam setiap 85 gramnya atau 3 ons. Kerang adalah salah satu bahan makanan yang bisa didapatkan dengan mudah dan murah.

Selain protein, kerang juga mengandung lemak sehat, vitamin B12, dan mineral yang baik bagi tubuh – seperti seng, selenium, dan zat besi. Cara mengolah kerang juga relatif mudah. Kalian bisa merebusnya dengan memasukkan berbagai rempah.

Sementara itu, Genhype juga bisa mengolah dengan cara ditumis yang menggunakan sedikit minyak jika kerang yang digunakan adalah kerang kupas atau tanpa cangkangnya.

4. Udang

Bahan masakan lain yang memiliki protein tinggi adalah udang. Kandungan protein hewan yang kerap dikonsumsi oleh orang Indonesia ini mencapai 20,4 gram.

Selain rasanya yang enak, cara mengolah udang sebenarnya sangat mudah. Dengan merebus saja, Genhype sudah bisa langsung memakannya karena daging udang sangat manis ketika matang. Dengan merebusnya, protein yang ada di dalamnya berpotensi tidak rusak.

Selain itu, kalian juga bisa mengolahnya menjadi udang bumbu kuning yang nikmat karena diolah dengan berbagai macam rempah nusantara.

Baca juga: 5 Makanan High Volume yang Tinggi Serat & Nutrisi, Bantu Penurunan Berat Badan

5. Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak juga menjadi bahan yang memiliki protein tinggi dan baik untuk tubuh. Protein yang ada di dalamnya mencapai 24,6 gram dalam setiap 85 gram. Selain protein, daging sapi tanpa lemak juga memiliki kadungan lainnya sepert vitamin B12, B6, zinc, dan sebagainya.

Jika Genhype biasanya mengolah daging sapi tanpa lemak dengan digoreng atau dibakar, coba olah dengan cara lain, seperti rendang. Masakan khas Sumatra Barat ini memiliki rasa yang nikmat dan sudah sangat terkenal di dunia.
 
1
2


SEBELUMNYA

Kopi Kenangan Hadirkan Pengalaman Baru Menikmati Signature Coffee

BERIKUTNYA

TXT & Sawano Hiroyuki Isi Opening Lagu Anime Solo Leveling

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: