Ilustrasi sayuran. (Sumber foto: Pexels/Cottonbro Studio)

5 Makanan High Volume yang Tinggi Serat & Nutrisi, Bantu Penurunan Berat Badan

30 October 2023   |   17:49 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah defisit kalori. Tubuh kita perlu membakar lebih banyak energi daripada yang konsumsi sepanjang hari. Genhype bisa mengikuti berbagai strategi diet, kuncinya adalah konsistensi. Untuk memaksimalkan pembakaran kalori, kalian mungkin perlu mencoba diet high-volume.

Sebelum masuk ke rekomendasi makanan yang dapat memicu pembakaran lemak dan pembentukan otot, Genhype perlu lebih dulu mengetahui apa itu volume eating. Dilansir melalui Real Life Nutritionist, volume eating adalah strategi diet dengan cara makan lebih banyak sambil membakar kalori.

Volume eating diklaim efektif karena makanan yang dikonsumsi rendah kalori. Untuk memenuhi asupan nutrisi, kalian dapat menambahkan buah, sayur, dan menu lainnya yang kaya gizi dan serat ke dalam piring. Dengan cara ini, kalian tetap mendapatkan sensasi makan lebih banyak tapi kalorinya tetap terjaga.

Genhype bisa mencoba menu kembang kol dan kentang tumbuk, pasta zucchini, atau burger tempe. 

Baca juga: 5 Cara Makan yang Baik Supaya Berat Badan Cepat Turun, Jangan Mengunyah Asal-asalan

Volume eating dapat mempermudah penurunan berat badan karena membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Saat kalian merasa lebih kenyang, nafsu makan juga mungkin ikut terjaga setiap harinya dan kita jadi lebih perhatian dengan makanan yang dikonsumsi. 

Saat makan, saraf di saluran pencernaan bekerja keras. Mereka mencari perubahan kimia dan fisik yang menandakan kita sudah kenyang dan mengirimkan hormon untuk memberi tahu otak sudah waktunya berhenti makan. Ini disebut sinyal kenyang.

Salah satu sinyal kenyang yang memberi tahu kita sudah kenyang adalah peregangan perut. Di sinilah makan high volume banyak membantu. Saat kita makan lebih banyak makanan rendah kalori, perut akan menampung lebih banyak volume makanan dan meregang agar otak tahu bahwa kita sudah kenyang.

Makanan high volume dan rendah kalori, juga dikenal sebagai makanan padat nutrisi. Makanan ini mengandung banyak air, serat, dan/atau udara. Berikut ini lima makanan tinggi serat dan nutrisi yang dapat membantu Genhype menurunkan berat badan (jika dikonsumsi secara konsisten):


1. Kentang 

Beberapa orang menghindari kentang dan karbohidrat secara umum ketika mencoba menurunkan berat badan, padahal tubuh tetap perlu karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber energi yang baik, terutama jika kalian memilih biji-bijian utuh, brown carb (tepung gandum utuh, beras merah, oat gulung, dan tepung jagung), serta serat.

Penelitian menunjukkan bahwa kentang adalah salah satu makanan yang paling mengenyangkan. Jika direbus atau dipanggang tanpa menambahkan banyak lemak, kentang relatif rendah kalori tapi memiliki volume tinggi. 


2. Brokoli

Tidak semua orang menyukai brokoli, tapi ini tidak masalah. Brokoli rendah kalori, cukup tinggi protein untuk sebuah sayuran, dan jika dikukus sebentar, teksturnya enak. Untuk mendapatkan rasa yang lebih kaya, kalian bisa memanggang brokoli dengan sedikit minyak zaitun; kalorinya sedikit lebih tinggi, tetapi setiap gigitannya sepadan.


3. Greek yoghurt bebas lemak

Greek yoghurt adalah sumber lemak sehat yang baik, dan merupakan tambahan yang bagus untuk menu makanan tinggi volume-rendah kalori. Teksturnya sangat kental dibandingkan dengan yoghurt biasa dan umumnya juga lebih tinggi protein.

Menurut Healthline, dalam sebuah penelitian pada 2013, wanita yang mengonsumsi camilan yoghurt 160 kalori yang rendah, sedang, atau tinggi protein merasa kenyang paling lama dan rasa lapar lebih terkendali. 


4. Popcorn

Meskipun popcorn di bioskop sering kali dilapisi gula dan mentega, saat ini mudah untuk menemukan jenis popcorn yang rendah kalori dan memiliki rasa yang ringan. Tidak seperti kebanyakan keripik dalam kemasan, kalian bisa makan banyak popcorn karena rendah kalori, jadi cocok untuk dikonsumsi saat tidak terlalu lapar tetapi ingin ngemil.


5. Stroberi

Stroberi memiliki kandungan air yang tinggi – sekaligus menyediakan nutrisi dan serat – sehingga merupakan makanan rendah kalori dan bervolume tinggi. Untuk menekan biaya, kalian bisa menggunakan buah beri beku dan segar dan memakannya bersama oat, greek yoghurt, atau dijadikan smoothie. 

Baca juga: Jangan Ekstrem! Ini Batas Maksimal Turun Berat Badan Saat Diet

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Aturan Tidak Tertulis Saat Memanjat Gunung, Jangan Buka Jalur Sendiri

BERIKUTNYA

5 Tempat Wisata Menarik di Dagestan, Kampung Halaman Petarung UFC Khabib Nurmagomedov

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: