Hari Ikan Nasional (Sumber Foto: Freepik)

Simak Sejarah Hari Ikan Nasional, Diperingati Setiap 21 November

21 November 2023   |   13:54 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 21 November 2023, masyarakat memperingati Hari Ikan Nasional. Momen ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya ikan sebagai bahan pangan berkualitas tinggi. Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan yang hasil lautnya tidak akan kurang untuk menghidupi warga. 

Namun, sayangnya sumber daya ikan yang melimpah tersebut masih belum dimanfaatkan secara optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari masih rendahnya rata-rata tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Padahal untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional, diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang tinggi protein. 

Baca juga: Tip Memilih Ikan Segar, Intip Resepnya Juga Yuk!
 

Sejarah Hari Ikan Nasional 

Hari Ikan Nasional (Harkannas) pertama kali dicetuskan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 Januari 2014 melalui Surat Keppres (Keputusan Presiden) Republik Indonesia No. 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional.

Pada momen tersebut juga ditetapkan Logo Hari Ikan Nasional yang berbentuk siluet ikan dan manusia sebagai jati diri bangsa Indonesia ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 70 Tahun 2014. Logo tersebut memiliki makna bahwa perikanan Indonesia dapat membawa kemandirian dan kedaulatan serta akan membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi bangsa Indonesia. 

Logo Hari Ikan Nasional (Sumber gambar: Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Logo Hari Ikan Nasional (Sumber gambar: Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Hari Ikan Nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi. Perayaan ini juga sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal namun tetap memegang prinsip kelestarian alam.

Namun sayangnya, rata-rata tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya. 

Mengutip data Balitbangkes, sebelum ditetapkannya Hari Ikan Nasional, konsumsi ikan penduduk Indonesia pada 2013 tercatat hanya 35 kilogram per kapita per tahun atau sekitar 60 sampai 70 gram per hari. Sementara, target konsumsi ikan pada tahun 2014 adalah 38 kilogram per kapita per tahun.

Sedangkan konsumsi ikan penduduk negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura mencapai 56,2 kilogram dan 48,9 kilogram per kapita per tahun.

Oleh karenanya, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ikan sebagai salah satu bahan pangan bergizi tinggi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan sejumlah kegiatan untuk memeriahkan gelaran Hari Ikan Nasional 2023.

Gelaran Harkannas 2023 dimeriahkan oleh pasar ikan murah, lomba masak ikan, expo produk perikanan, hingga bagi-bagi ikan gratis sejak 19-21 November 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Budi Sulistiyo melalui keterangan tertulisnya memaparkan bahwa Kegiataj Harkannas tahun ini bertajuk "Ikan untuk Generasi Emas".

Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP KKP Erwin Dwiyana memastikan akan ada Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Nasional yang diikuti oleh perwakilan dari tiap provinsi di Indonesia.

Meski berpusat di Jakarta, Erwin mengimbau masyarakat di luar Jabodetabek untuk ikut meramaikan Harkannas dengan mengikuti lomba melalui media sosial dan mengunggah pengalaman atau kisah unik saat makan ikan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hari Televisi Internasional 21 November, Simak Sejarah dan Perkembangan Teknologinya

BERIKUTNYA

Awas, Ada 6 Risiko Mendengarkan Musik dengan Headset Terlalu Lama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: