Film Srimulat: Hidup Memang Komedi. (Sumber gambar: IDN Pictures/XXI)

Daftar Lengkap Pemain & Karakter Film Srimulat: Hidup Memang Komedi

01 November 2023   |   23:36 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

7. Elang El Gibran sebagai Basuki

Meski terbilang aktor pendatang, penampilan Elang El Gibran dalam memerankan tokoh Basuki juga mencuri perhatian. Kini, dia akan kembali memerankan karakter seniman asal Semarang pemilik nama asli Agus Basuki itu. 

Basuki mengawali perjalanan berkeseniannya dengan bergabung dalam kelompok wayang orang Sri Wanito Semarang. Ayahnya, Pete alias Suwito, adalah mantan anggota Srimulat. Pada 1981, akhirnya dia mengikuti jejak sang ayah untuk bergabung dengan Srimulat. Namun, pada 1986, dia memutuskan hengkang dari Srimulat dan membentuk grup sendiri bersama Kadir, timbul, Nurbuat dan Rohana. 
 

8. Zulfa Maharani sebagai Nunung

Penonton akan kembali menyaksikan kebolehan akting dari aktris muda Zulfa Maharani yang berperan sebagai Nunung. Seniman bernama asli Tri Retno Prayudati itu memulai kariernya di Srimulat awalnya karena diajak oleh sang tante, Djudjuk Djuariah. Nunung ikut Srimulat dari panggung ke panggung bersama Bu Djudjuk sejak usia 12 tahun sebagai penyanyi pembuka lawak.

Saat usianya menginjak 15 tahun, dia dipindah untuk menjadi pelawak seutuhnya yang menjadi tantangan terbesar dalam perjalanan karier keseniannya. Sukses bersama Srimulat, nama Nunung semakin melejit ketika bermain dalam serial Si Doel Anak Sekolahan di RCTI. 
 

9. Eric Estrada sebagai Tessy

Tessy adalah sosok ikonik dalam grup Srimulat. Pada bagian pertama, Eric Estrada cukup memikat dalam memerankan karakter tersebut. Memiliki nama asli Kabul Basuki, Tessy bergabung dengan Srimulat pada 1979 di Surabaya. Nama panggungnya diambil dari nama putri sulungnya sendiri, Tessy Wahyuni Riwayati Hartatik.

Sebelum menjadi pelawak, Tessy adalah anggota KKO TNI Angkatan Laut atau setara Korps Marinir. Ciri khas pelawak satu ini adalah peran waria yang kerap dimainkannya, kosmetik, tebal, bibir monyong dan cincin batu akik bermata besar yang banyak menghiasi jarinya. Gaya kemayunya yang populer ini berawal dari improvisasi spontan saat memerankan karakter hansip.

Baca juga: Penuh Tantangan, Begini Cara Pemain Membangun Karakter di Film Srimulat: Hidup Memang Komedi
 


10. Naimma Aljufri sebagai Rohana

Aktris muda Naimma Aljufri akan kembali berperan sebagai Rohana atau Ana. Rohana bergabung di Srimulat pada 1980. Dia merupakan istri dari anggota Srimulat yaitu Nurbuat. Seperti halnya Djudjuk, Rohana adalah pelawak perempuan yang bergabung dalam Srimulat sebelum akhirnya Nunung masuk dalam grup pada pertengahan 1980-an. Perannya juga hampir sama dengan Djudjuk yaitu selalu menjadi ibu rumah tangga. 
 

11. Morgan Oey sebagai Paul

Totalitas aktor Morgan Oey dalam memerankan karakter Paul akan bisa kita saksikan lagi dalam film Srimulat 2. Paul juga adalah karakter ikonik lainnya di Srimulat lantaran sering berperan sebagai drakula dalam setiap penampilannya. Paul merupakan seniman keturunan Belanda, China dan Manado.

Selain aktif menjadi pelawak, dia juga pernah bermain dalam sejumlah film layar lebar seperti di antaranya Gepeng Bayar Kontan (1983), Bintang Kejora (1986), Jangan Bilang Siapa-Siapa (1990) dan Nuansa Gadis Suci (1992). 
 

12. Indah Permatasari sebagai Royani

Aktris Indah Permatasari bakal kembali memerankan karakter Royani dalam film Srimulat 2. Royani adalah anak dari pemilik kos anggota Srimulat di Jakarta, Babe Makmur. Royani dikisahkan terjerat cinta lokasi alias cinlok dengan Gepeng. Pada sekuel filmnya nanti, kisah cinta mereka akan diulas lebih jauh, termasuk perjuangan Gepeng untuk mendapatkan restu ayah Royani. 
 

13. Rano Karno sebagai Babe Makmur

Karakter Babe Makmur akan kembali diperankan oleh aktor kawakan Rano Karno. Babe Makmur adalah pemilik kos anggota Srimulat saat mereka hijrah ke ibu kota. Karakter Babe Makmur digambarkan sebagai laki-laki asli Betawi, yang cukup tegas dalam mendidik putrinya. Dia juga tidak merestui Royani dekat dengan Gepeng lantaran dianggap profesi pelawak tidak memiliki masa depan yang cerah.

Baca juga: Review Srimulat: Tak Ada yang 'Mustahal', Kecuali Cerita Filmnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Kenali Proses dan Tip Budidaya Tanaman Kelengkeng untuk Menghasilkan Buah yang Lebat

BERIKUTNYA

Resmi Dirilis, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition Dijual Rp7 Jutaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: