The Truman Show (Dok. Paramount Pictures)

10 Rekomendasi Film Terbaik Jim Carrey

18 January 2022   |   18:18 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Aktor dan komedian Jim Carrey berulang tahun yang ke-60 pada Senin (17/1). Selama tahun kariernya yang panjang, bintang tersebut telah mengumpulkan berbagai portofolio yang mengesankan yang menjadikannya salah satu bintang film paling dihormati dalam sejarah.

Aktor kelahiran Kanada ini memulai karir bersama komedian stand-up hebat seperti Rodney Dangerfield sebelum debut di televisi lewat serial variety klasik In Living Color.

Karir akting Carrey di tahun 1990-an adalah salah satu yang terbaik. Seperti dilansir Variety, pada tahun 1994, dia menggebrak box office dengan 3 film penghasil uang – Ace Ventura: Pet Detective (US$107 juta), Dumb and Dumber (US$270 juta) dan The Mask (US$351 juta). Sejak saat itu, tidak ada yang bisa menghentikannya.

Setahun kemudian dia kembali ke layar lebar sebagai Riddler di Batman Forever (1995) sebelum tampil untuk sekuel Ace Ventura: When Nature Calls yang sedikit mengecewakan. 

Carrey membuat sejarah sebagai aktor pertama yang dibayar US$20 juta untuk penampilannya di film dark comedy produksi Ben Stiller, The Cable Guy (1996), di mana dia berperan sebagai pemasang TV kabel gila yang menjadi terobsesi dengan salah satu pelanggannya, yang diperankan oleh Matthew Broderick.

Ketika dunia tertegun oleh film Titanic, karir Carrey sebagai aktor melambung setelah dia mencoba karakter sebagai seorang pengacara yang tidak bisa berbohong selama 24 jam di film Liar Liar (1997). Berkat penampilannya, Carrey memenangkan penghargaan Golden Globe untuk aktor terbaik di film musikal atau komedi tahun 1998.

Dengan munculnya The Truman Show (1998), Carrey merebut Golden Globe pertamanya untuk drama aktor utama melawan aktor papan atas seperti Ian McKellen dan Tom Hanks.

Dia juga memainkan Joel Barish yang patah hati di Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004), membuatnya mendapatkan  nominasi BAFTA. Dia muncul di film lain di tahun 2000-an seperti I Love You Phillip Morris (2009) dan bahkan membintangi sebagai Dr. Robotnik di Sonic the Hedgehog (2020). Tapi tahun 1990-an memang masa kejayaannya.

Di bawah ini adalah 10 penampilan dan film terbaik Jim Carrey.
 

1. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Eternal Sunshine of the Spotless Mind. (Dok. Focus Features)

Eternal Sunshine of the Spotless Mind. (Dok. Focus Features)

Film ini adalah salah satu kisah cinta modern terbaik di era 2000-an. Michel Gondry mengarahkan Carrey ke momen sinematiknya yang paling menentukan dan indah. Interpretasi Carrey tentang seorang pria yang bergulat dengan akhir hubungan asmaranya dan menjalani prosedur untuk menghapus ingatannya disajikan dengan visual yang sempurna.
 

2. Liar Liar (1997)

Liar Liar. (Dok. Universal Pictures)

Liar Liar. (Dok. Universal Pictures)

Komedi adalah salah satu genre yang paling diremehkan dan diabaikan di industri film. Karakter Carrey sebagai pengacara dan ayah yang tidak etis yang terus-menerus mengecewakan putranya adalah salah satu penampilan terbaiknya. Momen komedik yang tidak ada habisnya menjadi sejarah komedi dan penampilan terbaik dari Carrey yang pernah dia tunjukkan. 
 

3. Man on the Moon (1999)

Man on the Moon. (Dok. Universal Pictures)

Man on the Moon. (Dok. Universal Pictures)

Sutradara pemenang Oscar Miloš Forman mengarahkan akting Jim Carrey yang fenomenal ilm biografi tentang komedian Andy Kaufman ini. Kita melihat perwujudan Carrey dari mendiang artis, menjelajahi kehidupan dan pendekatannya terhadap komedi. Carrey memenangkan Golden Globe keduanya untuk aktor utama di film komedi dan nominasi SAG.
 

4. The Truman Show (1998)

The Truman Show. (Dok. Paramount Pictures)

The Truman Show. (Dok. Paramount Pictures)

Seorang pria menyadari bahwa dia telah menghabiskan hidupnya sebagai bintang utama acara televisi dalam serial yang sudah berjalan seumur hidupnya. Truman Burbank mencoba untuk mencari dunia yang lebih luas dengan melarikan diri dari kota tempat tinggalnya. Di film ini Carrey menunjukkan penampilan aktingnya yang lebih manusiawi dan relevan.
 

5. Dumb and Dumber (1994) New Line Cinema

Dumb and Dumber. (Dok. New Line Cinema)

Dumb and Dumber. (Dok. New Line Cinema)

Dumb and Dumber diproduksi dengan modal US$17 juta, berkat kesuksesannya, dua tahun kemudian gaji Jim Carrey jadi dua kali lipat dari ini. Jim Carrey dan Jeff Daniels membuat keajaiban bersama dalam komedi klasik Peter Farrelly yang penuh dengan komedi dan tentu kebodohan tanpa akhir.
 

6. I Love You Phillip Morris (2009)

I Love You Phillip Morris. (Dok. LD Entertainment and Roadside Attractions)

I Love You Phillip Morris. (Dok. LD Entertainment and Roadside Attractions)

Film ini dianggap sebagai kesempatan terakhirnya untuk mendapatkan piala Oscar. Dalam karya senimatik komedi romantis ini, Carrey berperan sebagai penipu homoseksual dan menemukan cinta dengan Phillip (Ewan McGregor). Dia menunjukkan sisi lain yang mungkin belum pernah dilihat penggemar dan penonton sebelumnya.
 

7. The Cable Guy (1996) Sony Pictures

The Cable Guy. (Dok. Sony Pictures)

The Cable Guy. (Dok. Sony Pictures)

Carrey menerima bayaran US$20 juta, hanya dua tahun sejak kemunculannya yang fenomenal sebagai Ace. Orang-orang yang datang ke bioskop mengharapkan film komedi bodoh seperti Dumb and Dumber, namun apa yang mereka saksikan jauh lebih suram dan rumit.
 

8.  Ace Ventura: Pet Detective (1994)

Ace Ventura: Pet Detective. (Dok. Warner Bros)

Ace Ventura: Pet Detective. (Dok. Warner Bros)

Meskipun film ini mendapatkan sejumlah kritik karena lelucon transeksualnya di masa modern, film ini tetap jadi penampilan bersejarah bagi Carrey sebagai aktor. Hollywood mungkin baru kali itu melihat aktor kelas bawah begitu menjiwai peran. Setiap hal yang dilakukan Carrey di film ini berhasil mengajak penonton tertawa.
 

9. The Mask (1994) New Line Cinema

The Mask. (Dok. New Line Cinema)

The Mask. (Dok. New Line Cinema)

1994 adalah tahunnya Carrey. Berkat penampilannya di The Mask, dia berhasil mendapatkan nominasi Golden Globe untuk aktor komedi utama, kemungkinan besar karena popularitasnya di Box Office. Keterampilan menarinya dan penyampaian karakter yang hebat, tidak ketinggalan debut Cameron Diaz, masih jadi penampilan fenomenal hingga saat ini.
 

10. Bruce Almighty (2003) 

 Bruce Almighty. (Dok. Universal Pictures)

Bruce Almighty. (Dok. Universal Pictures)

Bruce Almighty merupakan film komedi yang menunjukkan penampilan cemerlang Carrey yang kaya dengan adegan fisik, setelah Ace Ventura. Dia menarik bulan, membelah sup di mangkuk bahkan membuat Steve Carell kesulitan berbicara. Meskipun ada sedikit aspek spiritualisme, hal tersebut tidak mengurangi fleksibilitas Carrey untuk menampilkan komedi terbaiknya.


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Rossa Jadi Joox Artist of The Month Januari 2022

BERIKUTNYA

6 Game Indie yang Bakal Rilis Tahun Ini (Bagian 2) 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: