Film Srimulat: Hidup Memang Komedi. (Sumber gambar: IDN Pictures/XXI)

Daftar Lengkap Pemain & Karakter Film Srimulat: Hidup Memang Komedi

01 November 2023   |   23:36 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tingkah lucu dan banyol khas grup lawak Srimulat akan kembali menemui penontonnya di film layar lebar lewat Srimulat: Hidup Memang Komedi. Melanjutkan bagian pertamanya yang rilis pada Mei 2023, film yang disutradarai Fajar Nugros ini akan mengisahkan perjuangan Srimulat dalam meraih popularitas sebagai bintang televisi.

Untuk merebut hati penonton Indonesia, para anggota Srimulat harus menemukan karakter unik mereka masing-masing. Film Srimulat 2 secara mendalam bakal menghadirkan perjuangan Gepeng dalam menemukan jati dirinya sebagai pelawak sekaligus kisah romansanya dengan Royani. 

Sementara itu, Tessy mengalami krisis identitas yang berujung dipenjara dan menambah kompleksitas perjalanan Srimulat. Namun, melalui perjuangan dan tantangan itu, kru Srimulat menyadari betapa pentingnya kerja sama dan kasih sayang dalam menghadapi masalah masing-masing. 

Baca juga: Film Srimulat: Hidup Memang Komedi Angkat Kembali Kisah Grup Lawak Legendaris

Mereka akhirnya menyatukan langkah sebagai tim yang solid dan berhasil memberikan penampilan yang menghibur bagi warga Indonesia melalui acara televisi nasional.

Film Srimulat: Hidup Memang Komedi masih akan dibintangi oleh jajaran pemain yang muncul di musim pertamanya. Hanya, ada satu aktor baru hadir yakni Omara Esteghlal. Meski demikian, perannya di film itu masih dirahasiakan dan akan menjadi kejutan bagi penonton.

Sambil menunggu tayang di bioskop pada 23 November 2023, yuk kenalan dengan para pemain dan karakter film Srimulat 2 berikut ini. 
 

1. Juan Bio One sebagai Gepeng

Dalam film Srimulat 2, Juan Bio One akan kembali berperan sebagai Gepeng. Karakternya memiliki ciri khas badan kurus dengan bicara yang cempreng dan tinggi. Gepeng yang memiliki nama asli Freddy Aris bergabung dengan Srimulat pada 1977. Dia mengawali karier sebagai penabuh kendang.

Gepeng dikenal karena jargon “untung ada saya”, dan menjadi salah satu ikon Srimulat pada era 1980-an. Dia juga pernah keluar dari Srimulat dan kemudian bergabung kembali pada 1998. 
 

2. Teuku Rifnu Wikana sebagai Asmuni

Asmuni adalah sosok pelawak andalan Srimulat yang terkenal dengan gaya penampilannya dengan kumis kecil ala Charlie Chaplin dan blangkon. Dalam film, sosok Asmuni diperankan oleh Teuku Rifnu Wikana.

Pemilik nama lengkap Toto Asmuni ini terkenal juga karena ciri khasnya yang sering membolak-balikkan kata seperti “hil yang mustahal” atau “tunjep poin”. Dia bergabung dengan Srimulat pada 1976, ketika Srimulat sudah mulai merambah ke dunia layar kaca. Sebelumnya, Asmuni juga pernah menjadi penyanyi orkes Angkatan Bersenjata. Konon, kumis kecil yang menghiasi wajahnya terbuat dari rambut istrinya. 
 

3. Ibnu Jamil sebagai Tarsan

Ibnu Jamil akan kembali memerankan sosok Tarsan. Memiliki nama asli Toto Muriadi, Tarsan dikenal dengan nama panggilannya itu karena sukses memerankan tokoh tersebut dalam suatu pertunjukan. Dia bergabung dengan Srimulat pada 1979.

Lantaran postur badannya yang tinggi, Tarsan sering memerankan karakter kalangan atas seperti majikan, pejabat, jenderal hingga raja atau prabu, yang sering memberikan nasihat-nasihat dengan dicampuri lawakan. 
 
 

4. Rukman Rosadi sebagai Pak Teguh

Aktor senior Rukman Rosadi akan kembali menunjukkan kebolehan aktingnya dalam memerankan karakter Pak Teguh, pendiri Srimulat. Teguh Slamet Rahardjo adalah seorang seniman asal Solo, Jawa Tengah.

Bersama istrinya, Raden Ayu Srimulat, dia mendirikan kelompok seni suara dan tari Gema Malam Srimulat pada 1953 yang menjadi cikal bakal grup Srimulat. Setelah kepergian sang istri, Teguh kemudian menikah dengan Djudjuk Djuriah. Sejak saat itu, grup Srimulat pun semakin berkembang dan dikenal luas masyarakat.
 

5. Erika Carlina sebagai Djudjuk

Aktris yang ditunjuk untuk memerankan karakter Djudjuk alias istri dari Pak Teguh ialah model sekaligus selebgram Erika Carlina. Sebelum bertemu Pak Teguh, perempuan pemilik nama lengkap Sara Djudjuk Djuariah itu telah lama terjun ke dunia pertunjukan.

Djudjuk kemudian nekat ke Surabaya dan bergabung dengan Srimulat pada 1966. Empat tahun berselang, pada 1970, Djudjuk menikah dengan Teguh, ketika R.A. Srimulat meninggal. Mendampingi Teguh, Djudjuk turut membesarkan nama Srimulat. Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Bendahara Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia dan Ketua Himpunan Artis Surakarta.


6. Dimas Anggara sebagai Timbul

Aktor Dimas Anggara akan kembali memerankan karakter Timbul. Pemilik nama lengkap Timbul Suhardi ini terlahir dari keluarga seniman tradisional. Orang tuanya dahulu adalah pimpinan ketoprak wayang orang. Setelah dewasa, Timbul meneruskan jejak orang tuanya dengan bergabung di beberapa grup ketoprak.

Tampil bermain wayang orang dan penyutradaraan ketoprak, Timbul akhirnya bergabung dengan Srimulat pada 1979. Setelah hengkang dari Srimulat pada 1986, dia mendirikan Yayasan Paguyuban Kesenian Samiaji yang beranggotakan 80 orang, yang salah satu produknya adalah Ketoprak Humor. 

Baca juga: Tidak Semua Pemeran Lancar Berbahasa Jawa, Cerita Sutradara Fajar Nugros Garap Film Srimulat: Hidup Memang Komedi 

Halaman selanjutnya: Elang El Gibran sebagai Basuki sampai 12. Indah Pertamasari sebagai Royani
1
2


SEBELUMNYA

Kenali Proses dan Tip Budidaya Tanaman Kelengkeng untuk Menghasilkan Buah yang Lebat

BERIKUTNYA

Resmi Dirilis, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition Dijual Rp7 Jutaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: