Poster film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso. (Sumber gambar: Netflix)

6 Fakta di Balik Film Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso, Dokumenter Kasus Kopi Sianida

29 September 2023   |   15:39 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah sempat menjadi perbincangan publik di media sosial, Netflix akhirnya merilis film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso. Film ini dibuat berdasarkan kasus pembunuhan Wayan Wirna Salihin oleh sahabatnya, Jessica Kumala Wongso dengan kopi bersianida yang sempat menggemparkan Indonesia beberapa tahun silam.

Film dokumenter ini menyoroti salah satu kasus hukum yang paling menarik perhatian di Indonesia, yaitu pembunuhan Mirna Salihin oleh Jessica Wongso yang merupakan temannya dan kini menjalani hukuman penjara selama 20 tahun.

Baca juga: Film Dokumenter IU Concert: The Golden Hour Bakal Tayang 28 & 30 September 2023, Cek Informasi Tiketnya

Rangkaian persidangan kasus ini menjadi yang pertama disiarkan secara langsung di berbagai stasiun televisi Indonesia serta diliput secara intens oleh media massa nasional dan internasional. Meski demikian, kasus pembunuhan tersebut dinilai masih menyimpan misteri sampai saat ini.

 "Apakah pembunuh sebenarnya telah tertangkap atau pengaruh media sosial telah mengirim seseorang yang tak bersalah ke penjara?" tulis Netflix yang menjadi pengantar kisah dari dokumenter tersebut.

Perilisan dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso pun membuka kembali perbincangan publik tentang kasus pembunuhan yang menjerat Jessica. Bahkan, kata kunci seperti "Ice Cold", "Jessica", dan "Mirna" menjadi trending topic di Twitter lantaran banyaknya warganet yang membicarakan film tersebut.

Sebelum menonton filmnya, yuk cari tahu sejumlah fakta menarik dari dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso seperti yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id.


1. Dibuat oleh rumah produksi Singapura

Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso digarap oleh Beach House Pictures, salah satu rumah produksi independen terbesar di Asia.

Berkantor pusat di Singapura serta beroperasi di AS dan China, Beach House Pictures memiliki spesialisasi dalam membuat program-program faktual  dan bersifat dokumenterial untuk sejumlah platform streaming internasional seperti Netflix, platform China seperti Bilibili dan CCTV9, serta jaringan kabel seperti Discovery, Nat Geo, dan Smithsonian. Beberapa acaranya yang terkenal ialah Ed Stafford: First Man Out, Wild City with David Attenborough, dan Art of Craft.
 

Cuplikan film Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso. (Sumber gambar: Netflix)

Cuplikan film Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso. (Sumber gambar: Netflix)


2. Kisahkan kronologi kasus pembunuhan Mirna Salihin

Kasus kematian Wayan Wirna Salihin yang dilakukan oleh sahabatnya, Jessica Kumala Wongso, terjadi pada tahun 2016 silam. Kejadian tragis ini terjadi di kafe Olivier yang berada di Mall Grand Indonesia tepatnya pada 6 Januari 2016.

Film ini akan memperlihatkan secara berurutan detik-detik kematian Mirna Salihin di kafe tersebut, yang terjadi usai dirinya menenggak secangkir kopi yang diduga bersianida. Semua kronologi kejadian itu ditampilkan berdasarkan rekaman CCTV di kafe Olivier.


3. Hadirkan wawancara sejumlah pihak

Dalam dokumenter ini, dihadirkan sejumlah pihak yang terlibat dalam kasus fenomenal tersebut dalam format wawancara eksklusif. Mulai dari pihak keluarga Mirna sebagai korban, pengamat hukum, jurnalis, hingga pihak pengacara Jessica sebagai terdakwa.

Kehadiran sejumlah narasumber tersebut memberikan perspektif dan sudut pandang yang berbeda dalam memandang kasus kopi sianida yang menjerat Jessica.
 

Cuplikan film Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso. (Sumber gambar: Netflix)

Cuplikan film Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso. (Sumber gambar: Netflix)

Pihak keluarga Mirna yakin seratus persen bahwa Jessica memang bersalah dan pantas mendapatkan hukuman berat. Di sisi lain, perwakilan jurnalis yang mendalami kasus ini menilai bahwa terdapat banyak sisi dan rumor yang berada dalam pusaran kasus Jessica. Ada rumor bahwa Jessica dan Mirna terlibat cinta segitiga dengan suami Mirna, termasuk anggapan ada keterlibatan mafia.

Namun, di sisi lain, pihak pengacara Jessica Wongso menganggap bahwa kliennya tersebut tidak bersalah dengan sejumlah upaya menghadirkan bukti di meja hijau. Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso ini mencoba memberikan ragam perspektif sekaligus mengajak penonton menelusuri kasus kopi sianida yang penuh misteri.
1
2


SEBELUMNYA

Cek Prediksi Setlist Konser ONE OK ROCK di Jakarta, Taka dkk Siap Beraksi!

BERIKUTNYA

Cek Jadwal Pertandingan & Perolehan Medali Tim Indonesia 29 September di Asian Games 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: