Aksi tim hockey putra Indonesia dalam ajang Asian Games 2023. (Sumber gambar: Kemenpora RI)

Cek Jadwal Pertandingan & Perolehan Medali Tim Indonesia 29 September di Asian Games 2022

29 September 2023   |   10:36 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran Asian Games 2022 terus bergulir di Hangzhou, China. Hari ini, Jumat (29/9/2023), memasuki hari keenam penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan itu. Deretan atlet andalan Indonesia pun siap berlaga dan mengerahkan segala kemampuan terbaiknya untuk ragam pertandingan cabang olahraga.

Dilansir dari akun media sosial Kemenpora RI, hari ini, tim nasional Indonesia akan mengikuti 12 dari 27 cabor yang dipertandingkan di Asian Games 2022 seperti atletik, badminton, bridge, menembak, renang, hockey, hingga esports. Dari jumlah tersebut, tim merah putih berpeluang mendapatkan medali dari 11 cabor. 

Baca juga: Profil Muhammad Sejahtera Dwi Putra, Atlet Menembak yang Bawa Emas Pertama Asian Games 2022 untuk Indonesia

Dari cabor atletik, ada atlet Hendro yang akan bertanding di babak final dalam nomor jalan cepat 20 kilometer putra, serta Violine Intan Puspita pada nomor jalan cepat 20 kilometer putri.

Dalam perlombaan atletik sesi malam, ada atlet Eki Febri Ekawati yang bersaing dalam babak final tolak peluru putri, sementara pelari andalan Indonesia Lalu Muhammad Zohri akan menjalani sesi babak kualifikasi di nomor 100 meter putra.
 

Tim badminton putra dan putri akan mengawali kiprah mereka di Asian Games 2022 (2023). Tim putri yang terdiri dari Gregoria Mariska Tanjung dan kawan-kawan lebih dulu tampil menghadapi tim China pada babak perempat final yang berlangsung pagi hari. Sementara tim putra yang dikapteni Shesar Hiren Rhustavito akan menghadapi tim Korea Selatan pada sore hari.

Peluang meraih medali juga datang dari cabor triathlon. Wakil Indonesia Rashif Amila Yaqin berhasil menembus final nomor individual putra. Sang atlet akan berlaga di Chun'an Jieshou Sports Centre Triathlon Course, Huangzhou, China.

Olahraga menembak juga memiliki kesempatan untuk menambah sumbangan medalinya bagi Indonesia. Trio Alif Satria Bahari/Muhammad Iqbal Raia Prabowo/Wira Sukmana akan tampil di final men’s team 50m rifle 3 position, termasuk duo Asyifa Rihadatul/Darmoyo Arista Perdana Putri yang akan berlaga di final women's 10m air pistol.

Tak ketinggalan, dua atlet balap sepeda trek yakni Terry Yudha Kusuma dan Bernard Benyamin Van Aert akan berjuang untuk menyumbang medali. Mereka bakal turun di laga final men’s Madison yang berlangsung di Chun'an Jieshou Sports Centre Velodromo, Huangzhou, China.

Sementara timnas Basket Putri bakal melakoni pertandingan keduanya dalam penyisihan Grup A melawan China. Srikandi Merah Putih perlu hasil positif usai kalah 46-66 dari India pada laga perdana.   
 

Dari cabor renang, Angel Gabriella Yus, Muhammad Dwiky Raharjo, Farrel Armandio Tangkas, dan Nicholas Karel Subagyo akan melewati babak penyisihan terlebih dahulu pada siang hari untuk bisa menembus babak final yang berlangsung malam hari.

Ada juga tim hockey putri yang akan menjalani laga menghadapi Kazakhstan yang merupakan salah satu rival di Pool B. Selain itu, pertandingan yang tak boleh dilewatkan juga adalah babak awal cabor catur, tinju, dan esports.

Di babak eliminasi grup, tim esports Indonesia harus melakoni tiga pertandingan Peace of Elite dan berhadapan dengan tim dari Kazakhstan, Jepang, dan Sri Lanka, serta bersaing dengan tim Hong Kong pada pertandingan Dota 2 dalam grup B.

Sedangkan di cabor catur, tim atlet putri akan lebih dulu bertanding pada pukul 14.00 WIB di Hangzhou Qi-Yuan (Zhili) Chess Hall. Adapun, petinju Maikhel Roberrd Muskita bakal berlaga di cabor tinju nomor 71-80 kilogram berhadapan dengan Jordania.

Hingga Jumat (29/9/2023) pagi, Indonesia telah mengumpulkan 16 medali yang terdiri dari 3 medali emas, 3 medali perak, serta 10 medali perunggu. Koleksi medali tersebut menempatkan tim merah putih berada di posisi 12 klasemen perolehan medali Asian Games 2022.

Puncak klasemen perolehan medali masih dipegang oleh China sebagai tuan rumah, yang mengumpulkan 90 medali emas, 51 medali perak, dan 26 medali perunggu. Posisinya disusul oleh Korea Selatan dengan 24 medali emas, 23 medali perak, dan 39 medali perunggu; serta Jepang dengan 18 medali emas, 30 medali perak, serta 30 medali perunggu.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Asian Games 2023, Indonesia Turun di 31 Cabang Olahraga

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Fakta di Balik Film Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso, Dokumenter Kasus Kopi Sianida

BERIKUTNYA

Fakta Menarik Game EA Sports FC 24, Upaya Rebranding dari FIFA

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: