Kanye West di klip preview Jeen-Yuhs. (Dok. Netflix)

Film Dokumenter Kanye West Jeen-Yuhs Akan Dirilis Tahun Depan

27 September 2021   |   20:11 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pada event TUDUM akhir pekan lalu, Netflix merilis preview untuk proyek dokumenter, Jeen-Yuhs, yang menunjukkan kehidupan serta perjalanan karier Kanye West selama dua puluh tahun terakhir. Dalam cuplikan tersebut kita bisa melihat West dan Mos Def melakukan rap versi acapella dari lagu Two Words, kolaborasi klasik mereka dari debut album West, The College Dropout.

Menyoroti salah satu musisi populer dan paling kontroversial di zaman ini, film dokumenter yang akan dirilis dalam tiga bagian ini akan menjelajahi kisah hidup karier dan mungkin beberapa pernyataan eksplosif dari Kanye West.

Jeen-Yuhs disutradarai oleh Coodie Simmons dan Chick Ozah. Duo sineas ini telah bekerja bersama rapper itu sejak awal, dan mereka juga menyutradarai salah satu dari tiga versi video klip hit single West, Jesus Walks.

Mereka juga mengarahkan video klip untuk artis seperti Pitbull, Erykah Badu, dan A Kid From Coney Island, sebuah film dokumenter tentang mantan bintang NBA Stephon Marbury.

Film dokumenter Kanye West akan menjadi judul terbaru dalam daftar film dokumenter Netflix yang menceritakan kehidupan dan proses kreatif dari artis rekaman terbesar di dunia dan rencananya akan dirilis tahun depan.

Pada tahun 2017, Netflix merilis Gaga: Five Foot Two, yang mengikuti kehidupan pribadi dan profesional dady Gaga selama pembuatan dan perekaman albumnya Joanne.

Pada awal 2020, Miss Americana mendokumentasikan karir Taylor Swift, dari debutnya di pedesaan hingga keputusannya untuk beralih ke musik pop dan seterusnya.

Dengan proses rekaman memakan waktu lebih dari dua dekade dan menyimpan banyak konten nostalgia West, Jeen-Yuhs seharusnya dibeli oleh Netflix seharga US$30 juta, meskipun angka tersebut ditawar oleh perusahaan penyedia layanan streaming itu.

Meskipun mengizinkan Simmons dan Ozah mengakses film, Kanye West tidak terlibat secara kreatif dalam proyek ini, yang berarti bahwa film tersebut memiliki tingkat independensi editorial yang sering kali belum pernah terjadi sebelumnya untuk film dokumenter selebriti.

 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Risiko Penyakit Jantung Makin Banyak Ditemukan pada Milenial

BERIKUTNYA

Cara Mencegah Penyakit Kardiovaskular saat Pandemi Covid-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: