Ilustrasi secangkir kopi (dok. Unsplash)

8 Tips Menikmati Kopi biar Bikin Sehat

06 September 2021   |   22:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kopi menjadi salah satu minuman paling populer di dunia. Rasanya khas dan aromanya menenangkan membuat minuman ini disukai banyak orang. Apalagi, dari sejumlah penelitian kopi memiliki manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan tepat. 

Nah bagaimana sebenarnya cara menikmati kopi yang baik untuk kesehatan itu?. Berikut beberapa tips sehat dalam mengonsumsi kopi yang dikutip dari Healthline.

1. Jangan minum kopi lewat dari jam 2 sore.
Kopi adalah salah satu sumber kafein alami terkaya dalam makanan. Kafein pada kopi memberi kita energi dan membantu untuk tetap terjaga ketika merasa lelah. Tetapi jika kam minum kopi di sore hari, itu bisa mengganggu tidur loh. Kamu tahu kan kalau kurang tidur dikaitkan dengan segala macam masalah kesehatan. 

Untuk alasan ini, sebaiknya hindari minum kopi di sore hari ya. Khususnya setelah pukul 2-3 sore. Namun jika kamu ingin tetap meminumnya, pilih kopi tanpa kafein atau ganti dengan secangkir teh yang mengandung jauh lebih sedikit kafein daripada kopi. Kendati demikian, memang tidak semua orang sensitif terhadap kafein. Mungkin beberapa orang bisa tidur nyenyak bahkan jika mereka minum kopi di sore hari. Jadi, kenali kondisi tubuh kamu terlebih dahulu ya. 

2. Minum kopi tanpa gula.
Kopi memang menyehatkan tetapi tidak jika dicampur gula. Gula, terutama karena jumlah fruktosanya yang tinggi, dikaitkan dengan semua jenis penyakit serius seperti obesitas dan diabetes.  Jika ingin menambah rasa manis, gunakan pemanis alami pengganti gula seperti stevia. Daun Stevie memiliki rasa yang manis dan telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati diabetes. 

3. Pilih kopi organik.
Kualitas kopi dapat sangat bervariasi tergantung pada metode pengolahan dan bagaimana biji kopi ditanam. Biji kopi cenderung disemprot dengan pestisida sintetis dan bahan kimia lain yang tidak pernah dimaksudkan untuk konsumsi manusia. Saat ini ada bukti terbatas bahwa peptisida berdampak buruk pada kesehatan. Jika kamu khawatir dengan kandungan pestisida, pilih saja kopi organik ya.

4. Batasi
Minum berlebihan justru dapat mengurangi manfaat kopi loh. Asupan kafein yang berlebihan mungkin memiliki berbagai efek samping yang merugikan, meskipun sensitivitas orang bervariasi. Health Canada merekomendasikan untuk mengonsumsi kopi tidak lebih dari 2,5 mg per kg berat badan per hari

Mengingat bahwa rata-rata secangkir kopi mengandung sekitar 95 mg kafein, ini setara dengan sekitar dua cangkir kopi per hari untuk seseorang dengan berat 80 kg.  Kendati demikian, jumlah kafein yang jauh lebih tinggi (400-600 mg) per hari (sekitar 4-6 cangkir) tidak terkait dengan efek samping yang merugikan pada kebanyakan orang. Pada intinya, minum kopi adalah tentang bagaimana menyeimbangkan risiko dan manfaatnya. Kenali tubuh kamu dan konsumsi tidak lebih dari yang dapat kamu toleransi dengan nyaman.

5. Tambahkan kayu manis.
Kayu manis adalah rempah-rempah lezat yang sangat cocok dengan rasa kopi. Studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes.  Jika kamu membutuhkan sedikit rasa, coba tambahkan sejumput kayu manis. Untuk menurunkan risiko potensi efek samping, pilih kayu manis Ceylon daripada kayu manis Cassia jika memungkinkan.

6. Hindari krimer rendah lemak dan buatan.
Krimer rendah lemak dan buatan yang dijual secara bebas cenderung sangat diproses dan mungkin mengandung bahan-bahan kimia. Namun, tidak banyak penelitian tentang efek kesehatan dari krimer kopi non-susu. Isinya bervariasi menurut merek, dan beberapa mungkin lebih sehat daripada yang lain. Namun demikian, makanan alami yang utuh umumnya merupakan pilihan yang lebih baik.

Ya, pakai saja krimer yang terbuat dari susu sapi. Studi menunjukkan bahwa produk susu mengandung beberapa nutrisi penting. Misalnya, susu adalah sumber kalsium yang sangat baik dan dapat mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang.  Selain itu, susu sapi yang diberi makan rumput mengandung beberapa vitamin K, yang juga terkait dengan peningkatan kesehatan tulang. 

7. Tambahkan bubuk kakao/cokelat.
Kakao atau cokelat sarat dengan antioksidan dan terkait dengan segala macam manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung. Coba tambahkan sedikit bubuk kakao ke kopi kamu untuk menambah rasa.

Caffè mocha, versi caffè latte rasa cokelat, disajikan di banyak kedai kopi. Namun, caffè mocha biasanya dimaniskan dengan gula. Nah kamu dapat dengan mudah membuat sendiri di rumah dan melewatkan gula tambahan.

8. Seduh kopi menggunakan filter kertas.
Kopi yang diseduh mengandung cafestol, diterpene yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, cara mengurangi level cafestolnya sederhana. Cukup gunakan filter kertas. Menyeduh kopi dengan filter kertas secara efektif menurunkan jumlah kafestol tetapi membiarkan kafein dan antioksidan yang bermanfaat melewatinya. Namun, cafestol tidak semuanya buruk. Studi terbaru pada tikus menunjukkan bahwa ia memiliki efek anti-diabetes.

Bagaimana Genhype? Mudah kan cara mengonsumsi kopi yang menyehatkan tubuh? Yuk dicoba

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Christie Lelang Patung Kepala Buddha dari Indonesia

BERIKUTNYA

Simak 5 Tips untuk Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: