Minuman buah-buahan yang kaya vitamin dapat menurunkan stres. ( Sumber gambar: Unsplash/Kaizen Nguyen)

5 Minuman yang Mengurangi Rasa Cemas & Stres

11 September 2023   |   15:12 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Like
Hidup dalam perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih dan serba cepat membuat beberapa orang harus menyesuaikan diri untuk bekerja ekstra cepat.  Keadaan ini tentu saja membuat sebagian orang akan mengalami tekanan dan berakhir stres.

Tekanan yang semakin besar dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit serius seperti, sakit kepala, stroke, nyeri dada, dan juga hipertensi.

Biasanya ketika mengalami stres atau tekanan berlebihan, sebagian orang akan mencari pelampiasan. Sebagian mungkin akan membuat jadwal untuk berlibur, namun sebagian masyarakat akan melampiaskan stres menggunakan makanan atau minuman. Salah satunya dengan mengonsumsi alkohol.

Baca juga: 5 Makanan ini Bantu Kurangi Stres & Dipercaya Bisa Bikin Kita Fokus

Padahal, minuman keras malah menimbulkan berbagai dampak buruk misalnya sulit berkonsentrasi dan kecanduan alkohol. Oleh sebab itu, minum alkohol tidak disarankankan untuk mengurangi stres.

Dilansir dari situs Medina, situs layanan kesehatan terbaik di Asia Selatan dan PsychCentral yaituweb layanan kesehatan mental di Uni Eropa, berikut beberapa minuman yang dapat digunakan sebagai minuman pereda stres.


1. Air putih

 

Minum air putih. (Sumber gambar: Unsplash/Nigel Msipa)

Minum air putih. (Sumber gambar: Unsplash/Nigel Msipa)


Berdasarkan situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, otak kiri mencakup 73 persen air. Kekurangan air dalam otak dapat menyebabkan otak mengalami kurang berkonsentrasi. Keadaan ini tentu akan sangat berdampak pada faktor penyebab stres, sebab otak tidak mampu memproses suatu hal.

Baca juga: Heboh Somasi Minuman Manis, Ini 5 Manfaat Air Mineral

Oleh karena itu, kalian wajib mengkonsumsi air minimal 2 liter per hari. Selain meningkatkan fungsi kerja otak, minum air putih juga dapat memberikan berbagai manfaat seperti, menjaga tekanan darah, menjaga penyakit jantung, menjaga tulang agar tetap sehat, dan melembabkan kulit.


2. Air kelapa

 

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, air kelapa juga dapat menurunkan stres. (Sumber gambar: Nikolas Tasic/Unsplash)

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, air kelapa juga dapat menurunkan stres. (Sumber gambar: Unsplash/ Nikolas Tasic)
 

Dalam air kelapa terdapat 2 kandungan asam yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan sel pada otak. Kedua kandungan asam tersebut yakin, asam glutamate dan asam gama aminobutirat.

Biasanya air kelapa digunakan untuk menurunkan stres oksidatif atau stres yang ditimbulkan oleh radikal bebas dalam tubuh yang terlalu banyak. Jadi, minum air kelapa juga sangat bermanfaat bagi kalian yang tinggal di ibukota dengan situasi polusi yang semakin buruk setiap harinya. 

Baca juga: Aneka Resep Es Kopyor, Minuman Segar Cocok untuk Cuaca Panas
 

3. Cokelat Hitam

 

Cokelat hitam merupakan minuman manis yang rendah gula. (Sumber gambar: Unsplash/Engin Akyurt)

Cokelat hitam merupakan minuman manis yang rendah gula. (Sumber gambar: Unsplash/Engin Akyurt)

 

Mengkonsumsi makanan manis dapat meningkatkan zat dopamin yang berfungsi sebagai pengatur mood. Dengan meningkatnya zat dopamin tentu saja tubuh dapat membuat mood kembali normal dan bisa menghilangkan stres. Salah satu makanan manis yang dapat dikonsumsi adalah cokelat hitam.

Bagi pengidap diabetes atau yang takut mengkonsumsi makanan manis, kalian masih dapat menikmati cokelat hitam,  sebab minuman ini menggunakan sedikit gula dan 35-85 persen kakao murni. Oleh sebab itu, cokelat hitam aman dikonsumsi oleh berbagai kalangan.

Baca juga: Punya Rasa Kompleks, Ini 5 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan


4. Teh

 

Teh merupakan minuman yang paling banyak dicari. (Sumber gambar: Unsplash/Manki Kim)

Teh merupakan minuman yang paling banyak dicari. (Sumber gambar: Unsplash/Manki Kim)


Minuman teh merupakan minuman yang paling populer dicari masyarakat. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, minuman ini juga mengandung berbagai manfaat seperti melawan radikal bebas dalam tubuh, membantu menurunkan berat badan, membuat kulit lebih sehat, dan juga menurunkan kecemasan dan stres.

Dalam teh mengandung L-Theanine dan asam amino yang membantu mengontrol tekanan darah dan juga stres. Oleh sebab itu, mengkonsumsi teh secara berkala mampu mengatasi masalah stres akibat tekanan pekerjaan. Beberapa jenis teh yang dapat dikonsumsi adalah teh hitam, teh oolong,  dan juga teh hijau.

Baca juga: Pilih Teh Hijau atau Teh Hitam? Cek Manfaatnya Dulu Yuk!
 

5. Jus Buah

 

Minum jus buah untuk mengurangi tekanan pekerjaan. (Sumber gambar: Unsplash/Zaltko duric)

Minum jus buah untuk mengurangi tekanan pekerjaan. (Sumber gambar: Unsplash/Zaltko duric)


Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin A, B, B1, B6, dan juga C serta mengandung serat pangan, mampu membuat tubuh tetap bugar dan mengurangi tekanan stres.

Bagi yang tidak menyukai makan buah, kalian juga dapat menjadikannya jus. Mengonsumsi buah secara teratur akan membantu hormon tubuh mengirimkan sinyal ke otak untuk mengontrol suasana hati menjadi baik kembali. Tentu saja keadaan ini juga akan mengurangi tekanan stres.

Nah, Genhype itulah beberapa jenis minuman yang berfungsi mengontrol mood dengan baik, sehingga mengurangi stres akibat pekerjaan. Kalian juga dapat melakukan konsultasi dengan  dokter jika gangguan stres sudah berlebihan.

Baca juga: 5 Makanan & Minuman Olahan Buah-Buahan untuk Anak ala Nirina Zubir
 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Pemain & Karakter Utama Film Air Mata di Ujung Sajadah

BERIKUTNYA

Daftar Pemenang Venice Film Festival 2023, Poor Things Raih Piala Golden Lion

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: