Pria yang sedang minum air mineral kemasan. (Sumber gambar : Freepik/Assierromero)

Heboh Somasi Minuman Manis, Ini 5 Manfaat Air Mineral

26 September 2022   |   13:29 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ditengah gempuran minuman manis dengan beragam inovasinya, masih banyak masyarakat yang sadar pentingnya mengonsumsi air putih atau air mineral untuk menjaga kesehatan. Seperti yang viral di media sosial Twitter hari ini, sejumlah warga net mengunggah air mineral kemasan yang biasa diminum untuk menghilangkan dahaga.

Bermula dari seorang pengguna Twitter @helmi yang resah dengan ramainya pembahasan soal minuman manis yang mengandung banyak gula. Dia pun mengajak warga medsos untuk meninggalkan minuman tersebut dan bertanya mengenai merek air mineral apa saja yang biasa dikonsumsi. 

“Skip brand minuman manis!! What’s your favorite air mineral kemasan?” tanya Helmi menyertakan gambar sejumlah brand air mineral kemasan dalam utasan di Twitter, Senin (26/9/2022)

Baca jugaViral Soal Bahaya Minuman Manis, Berapa Jumlah Konsumsi Gula Harian?

Memang, sejak kemarin ramai perihal somasi yang dilayangkan PT Esteh Indonesia Makmur kepada pelanggan yang mengkritik salah satu produk minumannya, Chizu Red Velvet, di media sosial Twitter. Adapun pelanggan dengan akun @Gandhoyy menyampaikan bahwa minuman tersebut dirasa terlalu manis. 

Namun sayangnya pria yang mengaku bernama Gandhi itu menyampaikannya dengan bahasa yang kurang baik untuk dilihat dan didengar. Pihak Es Teh Indonesia pun merasa terhina dan dicemarkan nama baiknya. 

Somasi ini lantas ditanggapi sejumlah pihak, termasuk para ahli kesehatan. Banyak yang membahas bahayanya mengonsumsi gula berlebih, yang biasa terkandung dalam minuman manis. 

Lepas dari pro kontra minuman manis, memang air putih atau air mineral lah yang menjadi minuman terbaik untuk dikonsumsi. Beberapa studi yang dibuka para ahli seperti yang terbit di jurnal National Library of Medicine ada 2017, menyebutkan bahwa air mineral juga dapat diolah untuk menghilangkan zat yang berpotensi beracun seperti arsenik.

Seperti namanya, air mineral dapat mengandung sejumlah besar mineral dan senyawa alami lainnya, termasuk magnesium, kalsium, bikarbonat, natrium, sulfat, klorida, dan fluorida. Jenis dan jumlah mineral tergantung dari mana air itu berasal. Manfaat kesehatan dan rasa air mineral pun menjadi bervariasi. Walaupun air keran dapat menyediakan beberapa mineral, air mineral kemasan umumnya lebih tinggi dalam senyawa ini.

Nah, berikut ini sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi air mineral yang dirangkum Hypeabis.id.


1. Meningkatkan kesehatan tulang

Air mineral merupakan sumber kalsium. Menurut penelitian yang terbit pada 2018, asupan kalsium yang cukup penting untuk kesehatan tulang di semua tahap kehidupan, karena membantu perkembangan dan pemeliharaan tulang. Faktanya, penelitian yang terbit di jurnal National Library of Medicine itu menyebut tubuh lebih efektif menyerap kalsium dari air mineral dibandingkan dengan produk susu. 

Mengutip Healthline, studi pada 255 wanita pascamenopause menemukan bahwa mereka yang secara teratur minum air mineral kaya kalsium memiliki kepadatan massa tulang yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang minum air dengan kadar kalsium yang lebih rendah. Bikarbonat dan magnesium yang ditemukan dalam air mineral juga dapat mendukung tulang yang kuat. 


2. Menjaga kesehatan jantung

Air mineral terutama yang berkarbonasi dapat melindungi kita dari penyakit jantung. Dua penelitian pada wanita pascamenopause menemukan bahwa minum 0,5-1 liter air mineral berkarbonasi per hari secara signifikan mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol jahat LDL, di sisi lain meningkatkan kadar kolesterol baik HDL.

Begitu pula dengan magnesium yang terkandung di dalam air mineral. Kadar magnesium yang lebih tinggi di dalam air dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.


3. Menurunkan tekanan darah

Penelitian menunjukkan bahwa kadar kalsium dan magnesium yang tidak memadai dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca jugaMinum Air Dingin Setelah Konsumsi Makanan Berminyak, Benarkah Berbahaya?

Sebuah studi yang melibatkan 70 orang dewasa yang memiliki tekanan darah tinggi menemukan bahwa minum 1 liter air mineral setiap hari seama 4 minggu, secara signifikan menurunkan tekanan darah mereka. 
1
2


SEBELUMNYA

Film Superhero Lokal Hadapi Tantangan yang Berat, Apa Saja?

BERIKUTNYA

Skin Cycling, Perawatan Wajah Viral Sejagat Tiktok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: