Aktris Nirina Zubir membagikan lima menu olahan buah yang biasa dibuatnya di rumah. (Sumber gambar:

5 Makanan & Minuman Olahan Buah-Buahan untuk Anak ala Nirina Zubir

02 August 2022   |   09:14 WIB

Like
Sebagai bagian dari upaya menggerakkan kebiasaan konsumsi buah sebagai gaya hidup sehat, aktris Nirina Zubir melakukan berbagai cara agar penyajian buah-buahan untuk anak-anak tetap menarik dan tidak membosankan. Selain melalui edukasi secara berkelanjutan, cara lain yang juga dia lakukan adalah dengan mengenalkan buah-buahan dengan beragam penyajian.

Tujuan dari keragaman penyajian bisa dilihat kembali dari standar minimal konsumsi buah yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan di Indonesia, yaitu tiga porsi buah dalam satu hari. Agar kebutuhan buah harian bisa terpenuhi, yuk simak lima rekomendasi olahan buah-buahan untuk anak dari aktris yang disapa Na itu.
 

1. Popsicle

Makanan dingin berbentuk stik ini digunakan Na sebagai pengganti es krim atau hidangan manis yang serupa dengan es krim seperti es mambo. Biasanya, popsicle memiliki beberapa variasi:
  • Potongan berbagai buah-buahan yang dibekukan dalam larutan jus seperti lemonade atau jus apel;
  • Puree buah yang terbuat dari satu atau beberapa jenis buah yang diblender bersamaan dengan perasan lemon atau jeruk nipis;
  • Smoothies yang terbuat dari buah-buahan yang diblender dengan cairan yang bertekstur creamy seperti yogurt, produk probiotik, puree pisang, dan susu kelapa tanpa pemanis.

Untuk membuat popsicle, biasanya olahan buah-buahan ini disiapkan dalam sebuah cetakan khusus popsicle dan dibekukan minimal empat jam sampai semalaman. Bergantung pada jenis popsicle, daya leleh dari produk ini bervariasi.

Baca jugaKonsumsi Buah yang Cukup Bantu Penuhi Kebutuhan Kesehatan Tubuh
 

2. Jus 

Dibuat dari ekstrak buah, jus biasanya memiliki tekstur yang lebih cair dari hasil percampuran berbagai buah dan/atau sayuran yang memisahkan cairan dengan sumber buah dan/atau sayuran. Contoh dari olahan ini adalah lemon, jus apel, jus jeruk, dan jus stroberi. Biasanya, jus juga bisa dibuat dari kombinasi beberapa buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Baca juga6 Resep Jus untuk Kulit Glowing

Beberapa jus buah yang bisa dicoba adalah campuran jeruk, lemon, apel, dan jahe; belimbing dan stroberi; alpukat dan pepaya; mangga, ceri, dan buah naga; pepaya, nanas, dan lemon; stroberi dan pisang; mangga dan stroberi; dan lain-lain.
 

3. Smoothie

Meski sering disamakan dengan jus, smoothies justru berbeda dari jus dengan berbagai karakteristik dan cara pembuatan. Umumnya, smoothie memiliki tekstur yang lebih kental karena dibuat dari blenderan buah secara keseluruhan dengan yogurt atau produk makanan bertekstur creamy. Selain itu, smoothies juga biasanya memiliki lebih banyak nutrisi dan serat, sehingga seseorang bisa lebih lama kenyang setelah mengonsumsinya.

Kombinasi buah untuk smoothie bisa sama dengan jus, bedanya adalah pilihan cairan yang divariasikan seperti yogurt, susu berbasis tumbuhan seperti oat milk dan susu almond, serta air kelapa. Lalu, buah-buahan yang disiapkan umumnya buah yang sudah dibekukan dan bisa dikombinasikan dengan sayuran.
 

4. Sop buah dan salad buah

Bagi Genhype yang suka dengan hidangan beberapa buah dalam satu sajian, sop dan salad buah bisa jadi alternatif dari penyajian buah untuk anak. Umumnya, baik sop buah maupun salad buah menyajikan beberapa kombinasi buah seperti anggur, apel, jeruk, melon, nanas, pepaya, buah naga, dan lainnya.

Perbedaannya adalah sop buah umumnya menggunakan es batu dan kuah dari jus buah seperti jus apel dan semangka, sedangkan salad buah biasanya menggunakan yogurt sebagai alternatif cairan yang lebih sehat dibandingkan mayones dan keju.
 

5. Chia seed pudding

Pudding dari chia seed biasanya dikenal sebagai camilan manis atau makanan untuk sarapan pagi karena kandungan protein dan serat yang cukup tinggi serta ramah bagi mereka yang memiliki diet vegan hingga keto.

Tidak hanya itu, pembuatan hidangan ini cukup mudah karena hanya merendam chia seed dalam larutan tertentu, lalu diaduk sampai merata dan dibiarkan selama lima menit sebelum dicampurkan kembali dan dibiarkan setidaknya satu jam sampai semalaman.

Meski chia seed untuk pudding umumnya dilarutkan dalam larutan susu, Na mengganti larutannya dengan jus semangka. Bahkan, chia seed pudding dari cairan jus semangka ini merupakan salah satu menu favorit anak-anaknya yang tengah digemari saat ini.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Kuala Kencana, Distrik Modern & Asri di Papua

BERIKUTNYA

Mata-mata hingga Agen Rahasia, Intip 5 Rekomendasi Film & Serial Bertema Spionase

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: