Ilustrasi teh herbal. (Dok. Lisa Hobbs dari Unsplash)

Yuk, Konsumsi 5 Teh Ini untuk Kurangi Risiko Penyakit Kronis

21 June 2021   |   11:34 WIB

Teh merupakan minuman yang menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia dan seringkali menjadi minuman yang dikonsumsi dalam berbagai acara, baik di pagi hari maupun di malam hari.

Konsumsi teh secara umum memiliki berbagai manfaat kesehatan, di antaranya adalah meningkatkan suasana hati dan memperpanjang umur karena berkurangnya risiko penyakit kronis karena kandungan antioksidan di dalamnya.

Enggak hanya itu, teh juga tidak memiliki kandungan kafein sebanyak kopi serta bisa membantu penurunan berat badan.

Berikut lima jenis teh yang bermanfaat bagi kesehatan serta memiliki rasa yang segar.

1. Teh hijau
Teh yang populer karena rasanya yang khas dan kaya akan manfaat ini mengandung antioksidan yang membantu menenangkan inflamasi dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular.

Antioksidan ini bekerja dengan memecah protein yang berpotensi berbahaya serta menurunkan risiko pembentukan atheroskleroses yang menyebabkan penggumpalan darah dan meningkatkan risiko stroke.

2. Teh kamomil
Teh bunga ini mengandung bahan-bahan antioksidan dan antibakteri, di mana teh ini dikenal karena efek menenangkan dan sering dikonsumsi bagi mereka yang sulit tidur. Enggak hanya itu, teh ini juga dikenal karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan pencernaan.

Kandungan antioksidan dalam teh ini juga diketahui bisa mengurangi risiko penyakit kanker.

3. Teh jahe
Selama ini, jahe banyak dikenal sebagai bahan makanan yang digunakan untuk berbagai macam penyakit. Secara terperinci, teh jahe punya kandungan gingerol yang bisa melindungi tubuh dari risiko kanker, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Selain itu, teh ini juga memiliki manfaat untuk mencegah mabuk darat, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kendali gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

4. Teh peppermint
Dengan rasanya dan aroma yang menyengat, teh ini memiliki kandungan menthol yang membantu meredakan pencernaan dan kembung. Tak sampai di situ, teh ini juga punya kandungan antibakteri, antioksidan, dan antiviral yang bisa membantu mencegah kanker dan meredakan gejala sindrom iritasi usus.

5.  Teh kembang sepatu
Punya peran dalam menurunkan tekanan darah, teh ini punya manfaat terutama orang dewasa yang memiliki tekanan daran prehipertensi dan hipertensi ringan. Manfaat lainnya adalah melindungi tubuh dari risiko obesitas, meredakan penyakit hati berlemak yang bukan disebabkan karena alkohol, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Strategi Mister Potato Gaet Konsumen Millenial

BERIKUTNYA

Comeback Agustus, THE BOYZ Akan Kembali dengan Album EP Keenam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: