Ilustrasi cokelat. (Sumber foto: Pexels/Vie Studio)

Punya Rasa Kompleks, Ini 5 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

05 July 2023   |   23:09 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Jika Genhype selalu mencari alasan untuk memanjakan lidah dengan cokelat, kalian bisa berhenti sekarang. Meskipun cokelat dikenal karena rasanya, cokelat juga merupakan sumber nutrisi yang baik saat dalam bentuk murni dan dimakan secukupnya.

Dari biji kakao hingga produk olahan seperti cokelat batang, komoditas satu ini bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman lezat. Tak heran bila bisnis makanan dan minuman berbahan dasar cokelat laris manis di pasaran dan menjadi peluang yang menjanjikan.

Baca juga: 4 Cokelat Lokal Indonesia, Ada Silverqueen dan GuSant

Selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, cokelat juga memiliki banyak nilai baik untuk kesehatan tubuh. Dokter Gizi, dr Elfina Rachmi, M.Gizi, SpGK mengungkapkan berbagai manfaat cokelat bagi kesehatan jelang Hari Cokelat Sedunia 2023.


1. Mencegah penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah

Cokelat mengandung senyawa kimia yang dapat membantu sistem kardiovaskuler menjadi lebih lancar. Bahkan dengan mengonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam–yang kaya akan kandungan mineral, seperti zat besi, magnesium dan zinc–maka bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung hingga menurunkan darah tinggi.


2. Membantu menurunkan berat badan dan mencegah penuaan dini

Cokelat cenderung dianggap sebagai pemicu kenaikan berat badan. Padahal jika dikonsumsi dalam porsi secukupnya, yaitu 30-50 gram per hari, cokelat hitam bisa membantu menurunkan berat badan.

"Cokelat mampu meningkatkan sensitivitas hormon leptin yang memicu rasa kenyang serta mengurangi hormon ghrelin yang dapat mengurangi rasa lapar,” ujar Elfina.

Selain menurunkan berat badan, cokelat memiliki kandungan flavonoid serta antioksidan alami untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah ke otak hingga mencegah demensia dan penuaan dini.

Masker berbasis bubuk cokelat juga bisa dimanfaatkan sebagai pencerah kulit yang menggelap akibat paparan sinar matahari. Hal ini karena kandungan pada cokelat dapat membantu merangsang sel-sel kulit untuk regenerasi dan menurunkan produksi pigmen.


3. Dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati 

Di banyak budaya populer, cokelat dikenal mampu memperbaiki suasana hati. Ternyata kepercayaan untuk mengonsumsi cokelat agar keseimbangan emosi terjaga bukan isapan jempol belaka. Khasiat ini diperoleh dari beberapa kandungan pada cokelat yang memiliki efek antidepresan, seperti endorfin dan serotonin

Cokelat hitam dengan kandungan kakao tinggi misalnya, mengandung serotonin. Mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan kadar serotonin dalam sistem yang meningkatkan suasana hati. Serotonin membuat antidepresan yang baik dan melepaskan semua ketegangan yang terjadi di dalam tubuh.


4. Cokelat dapat menajamkan otak

Chocoholics mungkin adalah orang terpintar yang bisa kalian temui. Atau setidaknya seharusnya demikian, berkat kandungan flavanol pada cokelat. Sejumlah laporan medis mengungkapkan bahwa cokelat juga membantu meningkatkan aliran darah ke otak, tampaknya cokelat hitam merupakan makanan otak yang sangat baik.


5. Cokelat dapat mempercantik kulit

Flavonoid adalah zat yang cukup kuat. Tanpa kita sadari, zat ini bekerja pada kulit, bertindak sebagai filter sinar UV yang berbahaya dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Namun, efek ini bukan berarti Genhype harus berhemat pada tabir surya. Selalu aplikasikan tabir surya saat berada di bawah sinar matahari. Terlebih lagi, seperti yang kita ketahui dengan sangat baik, cokelat hitam adalah pereda stres yang hebat, yang juga membantu menjaga kulit tetap muda, segar, dan bebas garis halus.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Fans Gojo Bersiap, Cek Jadwal Tayang & Sinopsis Jujutsu Kaisen Season 2

BERIKUTNYA

Majelis Lucu Indonesia Luncurkan Lucuflix, Platform Konten Video Komedi yang Tak Biasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: