Ario Bayu dan Dian Sastrowardoyo dalam serial Gadis Kretek (Sumber gambar: Netflix)

Dian Sastrowardoyo Beradu Akting dengan Ario Bayu dalam Teaser Perdana Gadis Kretek

23 August 2023   |   14:46 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah meluncurkan sejumlah cuplikan foto, Netflix kini merilis video teaser perdana dari serial Gadis Kretek. Teaser tersebut dirilis hari ini, Rabu (23/8/2023) di acara Content Asia Summit 2023 di Bangkok, Thailand, yang dihadiri oleh sutradara Kamila Andini dan Netflix SEA Content Director Malobika Banerji.

Teaser perdana Gadis Kretek menampilkan sosok Dasiyah yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo yang tampaknya akan menjadi tokoh sentral dalam serial ini. Klip berdurasi 1 menit 41 detik itu dibuka dengan tokoh Dasiyah yang sedang menghirup aroma tembakau dari rokok kretek.

Baca juga: Wih! 12 Film & Serial Indonesia Bakal Tayang di Busan International Film Festival 2023

Dasiyah adalah seorang perempuan visioner yang memiliki impian untuk menciptakan kretek terbaik. Baginya, rahasia dari tiap kretek yang terbaik adalah terletak pada saus kretek itu sendiri. Teaser juga menampilkan bagaimana Dasiyah sangat detail dalam memilih bahan-bahan terbaik untuk membuat saus kretek mulai dari cengkih, tembakau, hingga mawar kering.

Lalu muncul sosok laki-laki yang diketahui bernama Soeraja (diperankan oleh Ario Bayu). Di samping mendampingi Dasiyah membuat kretek, Soeraja juga adalah sosok laki-laki yang akhirnya membuat Dasiyah luluh dan jatuh cinta padanya. 
 

Namun, semua romansa itu seketika berubah dengan cuplikan peristiwa mendebarkan yang ditampilkan dalam teaser. Soeraja tampak berlarian untuk menghindari kejaran aparat militer. Begitupun Dasiyah yang harus menghadapi tindakan represi dari militer, dan mengancam orang-orang disekitarnya. Teaser tersebut ditutup dengan adegan yang berteriak memanggil nama Dasiyah.

Sama seperti cuplikan beberapa foto yang dirilis sebelumnya, teaser Gadis Kretek juga kental dengan nuansa tempo dulu pada era 1960-an. Hal itu ditandai dengan color grading serial ini yang menghadirkan warna kecokelatan untuk menampilkan kesan masa lampau. Sajian serial ini juga kian ciamik dengan scoring yang terdengar seperti orkestra teatrikal.

Baca juga: Serial Spin-off The Boys, Gen V Hadirkan Kisah Seru Sekolah Pahlawan Super Muda

Satu hal yang tentunya menjadi sorotan adalah kualitas akting dari para pemain. Dalam teaser, Dian Sastrowardoyo dan Ario Bayu tampak menunjukkan kualitas akting mereka yang memang sudah mumpuni di dunia seni peran. Penonton akan diajak untuk menyelami kisah mereka dengan adegan yang intens, penuh romansa, sekaligus dramatis.

Sebelum membintangi Gadis Kretek, Dian Sastrowardoyo telah terlibat dalam banyak garapan film sejak awal tahun 2000 di antaranya Pasir Berbisik (2001), Ada Apa Dengan Cinta? (2002), Kartini (2017), dan Aruna & Lidahnya (2017). Begitupun dengan Ario Bayu. Aktor berusia 38 tahun itu telah membintangi puluhan judul film seperti Pintu Terlarang (2009), Soekarno (2013), A Copy of My Mind (2015), dan Perempuan Tanah Jahanam (2019).
 

Dian Sastro berperan sebagai Dasiyah di serial Gadis Kretek. (Sumber gambar: Netflix)

Dian Sastro berperan sebagai Dasiyah di serial Gadis Kretek. (Sumber gambar: Netflix)

Gadis Kretek merupakan serial adaptasi dari dari novel berjudul sama karangan Ratih Kumala. Karya ini menjadi serial pertama yang digarap oleh Kamila Andini yang bekerja sama dengan platform streaming Netflix.

Serial Gadis Kretek menceritakan kisah cinta dengan latar belakang industri kretek pada tahun 1960-an. Serial ini menghadirkan tokoh Dasiyah (diperankan oleh Dian Sastrowardoyo), seorang perempuan visioner yang gemar meracik saus rokok kretek. Dia bertemu dengan Soeraja (diperankan oleh Ario Bayu) hingga merajut kisah cinta yang terseret peristiwa besar dalam sejarah Indonesia.

Berpuluh-puluh tahun kemudian, perjumpaan anak Soeraja yang bernama Lebas (diperankan oleh Arya Saloka) dengan Arum (diperankan oleh Putri Marino) membawa mereka mengarungi perjalanan mengungkap masa lalu dan rahasia yang selama ini terpendam.

Selain mereka, serial Gadis Kretek juga dibintangi oleh sederet aktor dan aktris berbakat Tanah Air seperti Tissa Biani, Sha Ine Febriyanti, Rukman Rosadi, Sheila Dara Aisha, Winky Wiryawan, Ibnu Jamil, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana.

Serial ini diproduksi oleh BASE Entertainment bersama produser Shanty Harmayn dan Tanya Yuson. Ratih Kumala dan Tanya Yuson juga bertindak sebagai penulis naskah bersama Kanya K. Priyanti dan Ambaridzki Ramadhantyo.

Sutradara Kamila Andini mengatakan serial Gadis Kretek berusaha menangkap sebuah masa yang penting dalam industri rokok kretek serta berbagai peristiwa sejarah yang kemudian mengubah jalan hidup banyak orang, termasuk munculnya sebuah cerita cinta yang mengharukan.

"Bersama para pemeran Gadis Kretek, serta set dan cerita yang luar biasa, kami percaya kami akan memberikan kisah yang penuh makna bagi penonton di manapun berada," ujar sutradara berusia 37 tahun itu.

Sementara itu, Produser Tanya Yuson berpendapat bahwa novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala menghadirkan beragam karakter dengan berbagai kepribadian dalam perjalanan hidup yang menggugah.

"Menyaksikan kisah ini terwujud bersama para pemain dan kru yang luar biasa merupakan hal yang menggembirakan dan kami tak sabar untuk menghadirkannya segera," katanya.

Baca juga: 7 Film & Serial Siap Tayang September 2023 di Netflix, Ada Sex Education Season 4!

Sebelum dirilis di Netflix, serial Gadis Kretek akan lebih dulu tayang di Busan International Film Festival yang akan berlangsung pada 4-13 Oktober 2023. Nantinya serial ini baru akan tayang perdana di Netflix pada 2 November 2023.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Risiko Strok Mengintai Usia Lebih Muda, Yuk Disiplin Menjaga Kadar Kolesterol

BERIKUTNYA

Resep Kue Dango ala Jepang, Kudapan Manis yang Disajikan saat Musim Semi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: