Poster Gadis Kretek (Sumber gambar: Netflix)

Diadaptasi dari Novel, Cek Sinopsis Serial Gadis Kretek yang Siap Tayang Tahun Ini

10 August 2023   |   11:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Penggemar tulisan-tulisan Ratih Kumala sepertinya siap semringah. Sebab, salah satu novelnya Gadis Kretek yang terbit pada 2012 berhasil diangkat dalam bentuk serial dengan judul sama. Karya arahan sutradara Kamila Andini dan Ifa Isfansyah ini pun menjadi series Indonesia orisinal pertama garapan Netflix.

Diproduksi oleh BASE Entertainment bersama showrunner Shanty Harmayn dan Tanya Yuson, drama ini bakal tayang di Netflix pada 2 November 2023. Ratih Kumala, penulis novel Gadis Kretek, ikut serta dalam penulisan serial  ini dan bekerja sama dengan Kanya K. Priyanti, serta Ambaridzki Ramadhantyo sebagai penulis naskah dan adegan cerita.

Baca juga: Dian Sastrowardoyo & Putri Marino Dikabarkan Main Bareng di Series 'Gadis Kretek'
 

Secara garis besar, serial ini bakal menceritakan tentang kisah asmara dengan latar belakang masa kejayaan industri kretek di Tanah Air. Oleh karena itu Gadis Kretek juga menyuguhkan beberapa unsur sejarah terutama saat penjajahan sebagai pelengkap cerita.

Adapun, dalam novelnya kisah ini mengambil latar Kota M, Kudus, Jakarta, dari periode penjajahan Belanda hingga kemerdekaan. Gadis Kretek akan membawa pembaca berkenalan dengan perkembangan industri tembakau di Indonesia yang sarat dengan aroma dan cinta.


Sinopsis Gadis Kretek 

Hampir sama dengan novelnya, Gadis Kretek akan bercerita mengenai pergerakan awal industri kretek di Indonesia. Kisahnya berawal dari tokoh Pak Raja (diperankan oleh Ario Bayu) yang sedang sakit keras dan sekarat. Soeraja adalah pendiri Pabrik Kretek terkenal bernama Djagad Raja. 

Dalam menanti ajal, dia justru selalu memanggil satu nama perempuan yang bukan istrinya bernama Jeng Yah (Dian Sastrowardoyo) alih-alih sang istri.Tiga anaknya, pewaris Kretek Djagad Raja pun gundah menghadapi sikap bapaknya. 

Seemantara itu, sang ibu terbakar cemburu akibat permintaan terakhir suaminya yang ingin bertemu Jeng Yah. Berpacu dengan maut Lebas (Arya Saloka), Karim (Dimas Aditya), dan Tegar (Winky Wiryawan) pergi ke pelosok Jawa untuk mencari Jeng Yah untuk mewujudkan permintaan ayahnya.

Uniknya, selama perjalanan tersebut mereka seolah sedang napak tilas bisnis dan rahasia keluarga. Lebas, Karim dan Tegar bertemu dengan buruh bathil (pelinting) tua dan menguak tabir asal-usul Kretek Djagad Raja hingga kondang menjadi rokok kretek nomor 1 di Indonesia.

Tak hanya itu, ketiganya pun mengetahui kisah cinta ayah mereka dengan Jeng Yah, seorang pemilik jenama Kretek Gadis, merek rokok kretek lokal Kota M yang terkenal pada zamannya. Dalam perjalanan tersebut, Gadis Kretek juga akan membawa penonton kepada kisah cinta dan kehidupan tokoh lain, termasuk antara Lebas dan Arum (Putri Marino).

Dalam novelnya, cerita kedua tokoh tersebut hanya sedikit tergambar, tapi  dalam serialnya kali ini  sepertinya bakal lebih banyak divisualisasikan di depan kamera. Kendati begitu, sejauh ini belum ada trailer Gadis Kretek selain poster yang diunggah Netflix pada 14 Juli 2022.

Selain aktor berbakat di muka, Gadis Kretek juga diramaikan oleh sederet aktor ternama lain seperti Tissa Biani, Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana.

Baca juga: 6 Rekomendasi Film Indonesia Hasil Adaptasi Novel Populer

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cek Harga & Cara Beli Tiket GIIAS 2023 Secara Online

BERIKUTNYA

Jadwal Lengkap GIIAS 2023 & Cara Test Drive Mobil atau Motor di ICE

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: