Kucing adalah salah satu jenis hewan yang kerap menjadi pilihan untuk dipelihara (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Cong h)

5 Pertimbangan Sebelum Memelihara Hewan di Dalam Rumah

27 July 2023   |   18:02 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Hewan peliharan menjadi teman bagi sebuah keluarga. Tidak heran, banyak keluarga memutuskan untuk memeliharanya. Ada banyak binatang yang kerap dipilih, seperti anjing, kucing, burung, ikan, dan sebagainya. Namun, sebelum memutuskan untuk memelihara mereka, sejumlah hal perlu menjadi perhatian demi kebaikan semua pihak.

Dirangkum dari berbagai sumber, hewan yang ada di dalam rumah kerap memiliki tingkah yang menyenangkan dan kerap menjadi hiburan selepas aktivitas bekerja seharian. Kemudian, memelihara binatang juga dapat melatih tanggung jawab. Di sisi lain, hewan juga merupakan makhluk hidup yang memiliki banyak keperluan dan perhatian.

Berbeda dengan yang tinggal di alam liar, hewan yang tinggal dan menjadi peliharaan kerap tidak memiliki kemampuan untuk mencari makan sendiri. Tidak hanya itu, bagaimana juga, hewan adalah makhluk hidup dan pada dasarnya adalah hewan liar. Jadi, sebelum memutuskan untuk melihara hewan di dalam rumah, berikut sejumlah hal yang harus diperhatikan versi Hypeabis.id dari berbagai sumber:

1. Persetujuan Semua Anggota Keluarga

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh Genhype ketika hendak memelihara seekor hewan adalah dengan melakukan diskusi dan meminta persetujuan semua warga yang ada di rumah. Jika semua keluarga setuju, kalian bisa memeliharanya.

Dengan persetujuan semua keluarga, maka tidak ada satu orang pun di dalam rumah yang akan merasa keberatan atau terganggu dengan penghuni baru tersebut. Saat berdiskusi, pastikan juga anggota keluarga tidak ada yang alergi atau memiliki dampak negatif seperti bulu binatang yang dapat mengganggu kesehatan atau sebagainya.

 

Ilustrasi kucing peliharaan (Sumber foto: Freepik)

Ilustrasi kucing peliharaan (Sumber foto: Freepik)


2. Jenis Hewan

Langkah kedua yang harus menjadi pertimbangan sebelum memelihara hewan adalah dengan menentukan jenis hewan yang akan dipelihara. Setiap binatang memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Kondisi tersebut juga akan berpengaruh terhadap banyak hal, seperti cara perawatan, penanganan, dan sebagainya. Jangan sampai, binatang peliharaan yang dirawat sakit, bahkan mati akibat salah penanganan.

3. Tempat Tinggal

Setelah mendapatkan persetujuan semua anggota keluarga dan mengetahui jenis hewan yang akan dipelihara, langkah selanjutnya adalah menentukan tempat tinggal hewan yang akan dipelihara. Jika memelihara kucing, genhype tentu perlu memutuskan untuk memberikannya kandang atau dilepas begitu saja di dalam rumah.

Saat memilih untuk melepaskannya di dalam rumah, perhatikan juga kotoran yang akan dihasilkan dan kemungkinan lain yang dapat timbul ketika memutuskan untuk melepaskan begitu saja di dalam tempat tinggal. 

Baca juga: Kisah Kucing British Shorthair yang Sukses Jadi Influencer dari Program Affiliate

Sementara itu, kalian perlu membeli kandang seperti apa jika hendak memelihara burung. Adapun, jenis akuarium dan hiasan yang bagaimana yang akan dibeli ketika akan memelihara ikan juga perlu dipertimbangkan.
 
1
2


SEBELUMNYA

Stray Kids Akan Berkolaborasi dengan Penyanyi Solo Asal Jepang dalam Lagu Social Path

BERIKUTNYA

Tren Estetika Medis Makin Moncer, Intip Jenis Prosedur Kecantikan yang Diminati Masyarakat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: