Ilustrasi pelihara hewan kesayangan (Sumber gambar: Freepik)

Manfaat Punya Hewan Peliharaan, Hapus Kebiasaan Mager hingga Pengaruhi Mood

19 October 2022   |   19:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Bukan buat lucu-lucuan saja, hewan peliharaan ternyata punya banyak manfaat bagi pemiliknya. Hewan peliharaan tidak hanya menjadi teman sehari-hari, tetapi juga dapat membantu memperbaiki kesehatan tubuh, dan beragam manfaat lainnya sehingga  hobi ini menjadi kian banyak digemari.

Bagi pemula, memelihara hewan peliharaan mungkin terdengar merepotkan dan terlalu memakan waktu. Namun, di balik usaha merawat dan memberi makan setiap hari sebenarnya ada timbal balik juga yang dirasakan oleh pemiliknya.

Terlebih lagi variasi hewan peliharaan kini sudah sangat banyak. Jika tidak ingin terlalu repot, ada beberapa rekomendasi hewan peliharaan yang perawatannya cenderung mudah. Jadi, tidak ada lagi alasan waktu untuk merawat hewan peliharaan.

Baca juga: Manfaat Merawat Hewan Peliharaan Sebagai Metode Edukasi Anak

Ketua Asosiasi Pet Shop Indonesia (Aspin) Ady Sasmita mengatakan memiliki hewan peliharaan punya banyak manfaat, baik dari sisi psikologis maupun kesehatan. Oleh karena itu, memelihara hewan sebenarnya bisa membuat seseorang tetap bahagia setiap saat.

“Menariknya, setiap kali stres lalu pulang ke rumah bertemu dengan hewan kesayangan, seseorang biasanya langsung senang lagi,” ujar Ady kepada Hypeabis.id.

Adanya hewan peliharaan di rumah membuat mood pemiliknya lebih terjaga. Jika mood sudah baik, pekerjaan atau aktivitas yang dilakukannya akan terasa lebih mudah dijalankan.

Hewan peliharaan dengan berbagai karakternya disebut selalu mampu menghadirkan kehangatan dan keceriaan bagi pemiliknya. Hal itu juga akan mencegah pemiliknya merasa kesepian.

Selain itu, hewan peliharaan juga bisa mengubah kebiasaan buruk, seperti malas gerak atau mager. Dengan berbagai teknologi dan kemudahan yang ada, seseorang cenderung malas bergerak ketika sudah sampai rumah.

Namun, ketika memiliki hewan peliharaan, seperti anjing, mau tidak mau pemiliknya pasti akan aktif bergerak. Sebab, hewan peliharaan mesti diajak main setiap hari. Khusus anjing, hewan ini juga bisa jadi teman untuk berolahraga keliling kompleks.

Lantas apa saja hewan yang mudah dirawat dan cocok buat pemula? Berikut rekomendasinya.
 

1. Kucing

Ady mengatakan kucing termasuk hewan yang populer di Indonesia. Perawatan hewan ini juga sangat mudah dilakukan sehingga tidak akan menyita waktu pemiliknya. Bentuknya yang lucu juga akan jadi hiburan tersendiri, terlebih sikapnya yang suka manja.

Kucing bisa dilepas di rumah dan dibiarkan berkeliling. Untuk makan, biasanya dilakukan dua kali sehari. Kucing juga hewan yang tahu di mana dia harus membuang kotorannya sehingga tidak terlalu merepotkan. Cukup sediakan tempat pasir dan biarkan kucing beradaptasi.


2. Anjing

Anjing juga salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara di Indonesia. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat anjing ialah soal makanan dan kebersihan kandangnya. Jangan sampai anjing jadi terkena penyakit gara-gara kandang jarang dibersihkan.

Baca juga: 9 Kiat Membawa Hewan Peliharaan Bepergian Jauh dengan Mobil

Anjing juga tipe hewan yang suka diajak bermain dan berolahraga. Hewan ini cocok bagi pemilik yang aktif dan suka berkegiatan di luar ruang.


3. Burung

Perawatan burung terbilang cukup mudah. Hewan ini bisa jadi pilihan buat pemula yang baru ingin memelihara binatang. Kamu hanya perlu memilih jenis burung yang disukai. Burung biasanya akan ditaruh di kandang dan tidak terlalu banyak membutuhkan interaksi dengan pemilik.

Namun, pastikan makanan dan minuman bagi burung selalu terpenuhi. Kemudian, setiap hari sebaiknya burung dijemur supaya dapat cahaya matahari.
 

4. Ikan Hias

Ikan hias juga termasuk hewan peliharaan yang mudah dirawat. Dari segi pakan, makanan ikan hias sudah banyak ditemui. Jadi, tidak perlu pusing untuk mencarinya lagi. Akuarium ikan hias juga tidak perlu dibersihkan sehari sekali. Pembersihan hanya diperlukan sesekali dalam seminggu saat mulai kotor.

Bagi yang tidak ingin hewan peliharaan yang bersuara, ikan bisa jadi pilihannya. Bentuk dan warnanya yang bervariasi juga membuat ikan hias bisa dijadikan sebagai elemen dekorasi rumah. Jadi, selain dipelihara, ikan hias juga bisa mengisi keindahan isi rumah.

Baca juga: 4 Cara Merawat Hewan Peliharaan di Rumah agar Terhindari dari Sakit & Stres

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Manfaat Merawat Hewan Peliharaan Sebagai Metode Edukasi Anak

BERIKUTNYA

Hobi Traveling & Nongkrong? Ini Rekomendasi 10 Bar Terbaik di Dunia yang Wajib Dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: